11 Makanan Khas Surabaya Rekomendasi Para Koki

Surabaya termasuk dalam kota besar di Jawa Timur, sebagai wilayah yang menjadi Ibukota provinsi tersebut tentu cukup populer sebagai tujuan liburan.

Hal itu turut mempopulerkan masakan-masakan khas kota yang diberi ikon ikan & buaya ini. Ketika Anda berkunjung ke Surabaya, sambangilah beberapa tempat makanan yang menjadi favorit banyak orang karena kelezatan dan jenis olahannya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas Surabaya sebagian besar merupakan produk lokal yang tumbuh subur di bumi nusantara.

Daftar Makanan Khas Surabaya Terbaru & Favorit

Mencicipi kuliner salah satu kota di Jawa Timur ini tidak cukup hanya sehari saja karena olahan lokalnya sangat beragam.

Jika Anda ingin mencicipi masakan dari berbagai sudut kota maka rencanakan tinggal sementara selama minimal satu minggu di Surabaya.

Pilihan tempat kuliner tersedia dari mulai kaki lima sampai bintang lima alias restoran ternama, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan budget yang ada di kantong.

Masakan apa yang sebaiknya dicoba selama berada di Kota Surabaya? simak listnya di poin-poin berikut.

1.  Sate klopo Surabaya 

makanan khas surabaya
phinemo. com

Sate adalah jenis masakan yang terbuat dari potongan daging yang disusun memanjang dengan tusuk yang terbuat dari bambu.

Sementara klopo berarti kelapa jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Seperti yang tersebut dalam namanya, sajian ini diolah dari bahan daging sapi pilihan yang dilumuri parutan buah kelapa dan dimasak dengan cara dibakar.

Salah satu tempat makan yang menawarkan menu makanan khas Surabaya sate klopo buka mulai sore hari jam 5 dengan harga per porsinya kurang dari 20 ribu rupiah.

2.  Lontong balap lezat 

Makanan khas surabaya yang enak disantap malam hari
magazine.job-like. com

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan masakan yang menyajikan lontong seperti misalnya gado-gado, ketoprak, sampai pecel yang biasa di temukan pada makanan Jawa.

Tetapi, Kota Surabaya menghadirkan kuliner berbeda yang diberi nama lontong balap sudah cukup lama tercipta.

Salah satu kedai makanan yang membuat olahan ini sudah mulai melayani pelanggan sejak 1958 silam. Resep turun temurun adalah kunci untuk menjaga rasanya tetap sama walaupun sudah berganti generasi.

3.  Tahu tek 

cemilan khas surabaya
id.tastemade.com

Varian makanan khas Surabaya ini juga sering disebut dengan tahu telor. Nama tek sendiri dikatakan berasal dari suara alat pemotong tahu yang berbunyi tek.

Isiannya bermacam-macam yaitu potongan tahu, lontong, kecambah dan kentang yang ditaburi seledri hampir mirip dengan ketoprak.

Perbedaanya adalah tambahan petis dalam komposisi sambalnya. Satu porsi ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Tahu tek bisa sedikit mengganjal perut yang lapar setelah menjelajah Kota Surabaya.

4.  Tahu campur  

makanan khas surabaya dan pembuatannya
www.foody. id

Anda termasuk penggemar olahan tahu? Surabaya bisa menjadi tempat kuliner yang tepat karena menawarkan beberapa masakan berbahan tahu yang enak dan berbeda.

Tahu campur adalah salah satunya, dalam satu porsi ada tahu goreng, perkedel singkong, toge, selada, dan daging sapi yang diberi bumbu petis.

Seperti halnya makanan khas Surabaya lainnya, Anda tidak perlu khawatir mengenai harga setiap porsinya karena sangat terjangkau.

5.  Rujak cingur Jawa Timur 

jajanan khas surabaya
http://life-style.cepamagz. com

Anda bisa mulai mencari informasi tentang tempat makan yang menyediakan rujak cingur terlezat. Meskipun penjual masakan yang satu ini cukup banyak dijumpai di Surabaya tetapi hanya beberapa spot saja yang memberikan rasa terbaik sehingga ramai dikunjungi.

Bahkan salah satu warung makan memaksa penikmat rujak cingur mengantri ketika memesan. Harganya bervariasi tergantung isian pelengkap yang ditambahkan dalam sajian yang ada.

6.  Rawon setan  

makanan khas Surabaya pedas
www.qraved. com

Meskipun terdengar seram dari namanya, tetapi makanan khas Surabaya ini sangat direkomendasikan untuk para pengunjung kota tersebut. Kuah rawon umumnya berwarna hitam kecoklatan karena dibuat dari beragam rempah lokal yang sedap.

Rawon adalah sebuah hidangan yang paling populer karena sensasi rasa potongan daging yang disiram kuah dan ditambah beberapa sayuran segar.

Meskipun banyak tempat makan menghidangkan menu rawon, ternyata hanya ada satu tempat yang sangat difavoritkan.

7.  Sate Lisidu Kota Surabaya 

makanan surabaya cocok untuk oleh-oleh
http://www.familygoers. com

Umumnya sate memang dibuat dari daging, baik ayam maupun sapi. Sate lisidu menggunakan daging ayam yang dipotong kecil & pipih kemudian disiram dengan racikan bumbu kacang.

Keunikannya adalah pemesan sate dapat memanggang sendiri di meja masing-masing. Sebuah kegiatan yang cukup menarik untuk dilakukan bersama teman atau keluarga dalam hal menyantap masakan nusantara.

8.  Nasi campur daging empal 

makanan khas surabaya yang bikin kenyang
caramembuat-anekajuice. blogspot.com

Makanan khas Surabaya selanjutnya yang bisa dicicipi adalah nasi campur yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Nasi campur akan dihidangkan dalam keadaan hangat dengan paduan daging empal, sup, dan telur sehingga cocok untuk mengisi perut yang masih kosong.

Anda sudah bisa membelinya pada pagi hari mulai jam lima di beberapa warung makan salah satunya yang berlokasi si Pasar Wetan Surabaya.

Salah satu sarapan murah meriah untuk para backpacker dan pelancong sebelum memulai aktivitas jalan-jalan.

9.  Makanan Khas Surabaya: Pecel Semanggi  

makanan buat sarapan di Surabaya
dailywuz. com

Kuliner Kota Pahlawan berikutnya yaitu pecel semanggi yang bercita rasa lokal tiada duanya. Bahannya tentu saja menggunakan tumbuhan semanggi yang direbus.

Semanggi merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di daerah Surabaya sehingga masyarakat sekitar mencoba memanfaatkannya dengan membuat resep kuliner masakan khas Surabaya.

Jika diperhatikan sekilas memang terlihat sama dengan pecel-pecel pada umumnya, perbedaannya bisa dirasakan ketika Anda mulai menyantap pecel semanggi.

Sambal pecel diracik dengan beberapa bumbu dapur yang mudah ditemui di Indonesia, keistimewaannya yaitu pemesan bisa menentukan level manis dari sajian tersebut.

10.  Lapis kukus 

kue khas surabaya
Credit: http://www.laurangelia.com

Setelah puas mencicipi beragam olahan yang ada di Surabaya, sebelum menuju stasiun, bandara, atau terminal Anda perlu membeli buah tangan untuk orang di rumah.

Lapis kukus sudah diinovasi menjadi beberapa varian rasa walaupun sama-sama berbahan baku singkong. Setiap tempat oleh-oleh menawarkan harga yang beragam biasanya tergantung rasa-rasa yang dipilih seperti kokopandan, keju, brownies, dan masih ada juga rasa original.

Namun, sebaiknya menanyakan terlebih dahulu ke penjual jika ingin dibawa pulang karena akan sangat disayangkan jika basi karena jarak tempuh ke kampung halaman yang jauh.

Lokasi yang bisa disambangi untuk mendapat makanan khas Surabaya untuk oleh-oleh ini salah satunya yaitu di jalan raya Mulyosari.

11.  Sambal khas Surabaya 

Salah satu oleh-oleh uniknya Kota Surabaya yaitu sambal yang diproduksi oleh produsen tertentu. Meskipun setiap orang bisa meracik sambal sendiri di rumah, tetapi rasa pedas yang pas dan spesial sering membuat orang rumah berpesan kepada Anda untuk membawakannya.

Makanan khas Surabaya yang diproduksi per kaleng ini mempunyai banyak varian seperti sambal bajak, udang, sampai bawang.

Itulah list makanan khas Surabaya yang bisa dinikmati dari mulai sajian yang mengenyangkan perut sampai cemilan untuk oleh-oleh liburan.

Anda bisa menikmati beberapa objek wisatanya tanpa harus khawatir bosan terhadap makanannya karena tersedia banyak masakan lezat yang nikmat dan ramah kantong.

Untuk mendapatkan tempat makan terbaik silahkan membaca ulasan-ulasan traveller yang sudah mencicipi banyak kuliner khususnya masakan asli Surabaya.

Jika anda sudah selesai di kota Surabaya, sempatkan diri untuk mampir ke Malang atau ke Bali. Karena di sana anda akan menemukan kuliner yang tak kalah nikmatnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.