7 Trend Desain Rumah Minimalis yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Rumah minimalis semakin digemari. Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan rumah jenis ini salah satunya adalah mudah untuk membersihkan dan mendesainnya karena ruangan yang tidak terlalu luas.

Tidak hanya itu saja, rumah jenis minimalis ini sangat fleksibel dimana bisa dibangun di lahan yang luas maupun di lahan yang minim.

Saat ini semakin banyak desain atau model minimalis yang bisa dipilih, dimana semua model tersebut bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Semua model rumah jenis minimalis tersebut tidak akan habis dimakan usia sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini adalah beberapa desain rumah minimalis yang tidak akan dimakan oleh zaman seperti berikut ini:

Rumah Minimalis Tipe 60

rumah minimalis
https://www.designrumah.co.id

Salah satu desain yang bisa Anda pilih adalah tipe 60. Yang dimaksud dengan rumah tipe 60 adalah rumah satu lantai dengan tiga kamar atau rumah dua lantai dengan empat kamar.

Cara untuk mendesain rumah dengan gaya ini adalah dengan menggunakan palet warna cerah sedikit mungkin.

Jika menggunakan palet warna cerah yang terlalu banyak akan membuat desain rumah ini terasa aneh.

Untuk palet warna harus kontras dengan warna dinding atau tembok rumah tersebut. Palet ini berguna untuk membuat rumah minimalis terkesan tidak monoton dan membosankan.

Rumah Minimalis Gaya Eropa Modern

rumah minimalis gaya eropa

Model rumah khusus minimalis 2018 yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah mengusung gaya eropa modern.

Meskipun luasnya hanyalah minimalis, berkat gaya Eropa modern ini rumah akan tetap terlihat unik namun mewah.

Untuk mendesain rumah jenis minimalis dengan gaya ini ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan supaya benar-benar mirip.

Yang pertama adalah sebaiknya Anda menggunakan rumah tipe 60 karena rumah dengan gaya Eropa kebanyakan terdiri dari dua lantai.

Yang menonjol dari rumah yang mengusung gaya atau konsep Eropa minimalis ini adalah cerobong asap dikarenakan dipengaruhi oleh musim yang ada di benua Eropa itu sendiri yaitu salju.

Saat musim salju tiba cuaca akan benar-benar dingin di bawah 0 derajat celcius.

Namun untuk di Indonesia Anda perlu menggunakan desain cerobong asap yang berbeda dengan rumah Eropa pada umumnya tujuannya supaya debu tidak masuk ke dalam rumah.

Khusus bagian atap khas Eropa berbeda dengan rumah pada umumnya yaitu sangat miring dan tinggi.

Untuk rumah pada umumnya atapnya memiliki kemiringan yang sedang sedangkan rumah dengan gaya Eropa ini sangat miring.

Jangan lupa bahwa rumah dengan gaya Eropa ini harus ada pilarnya atau ada tiangnya.

Pilar atau tiang ini ada di bagian luar rumah atau di teras rumah, bahkan di dalam rumah dengan gaya Eropa ini juga ada pilarnya.

Yang terakhir adalah jendelanya. Memang untuk gaya Eropa modern selalu identik dengan jendela besar sehingga Anda harus tahu bagaimana cara pendesainan yang tepat supaya proporsional dengan bangunan rumah Anda.

Rumah Minimalis Minimalis Geometris

model rumah minimalis
dekoruma.com

Bagi Anda yang bosan dengan desain rumah yang begitu-begitu saja, Anda bisa menggunakan desain minimalis satu ini.

Rumah ini akan menampilkan kesan futuristik apalagi jika dilihat dari bagian luarnya.

Banyak masyarakat yang saat ini melirik desain atau gaya rumah dengan gaya ini dimana menjadi terobosan terbaru yang konvensional.

Sayangnya untuk mendesain rumah jenis minimalis dengan gaya ini memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit selain itu tidak semua orang bisa mendesain rumah dengan gaya ini.

Ciri khas yang menonjol dari rumah dengan gaya ini adalah bangunan seperti terlihat maju ke depan dan menampilkan kesan miring.

Biasanya bagian depan didominasi dengan full kaca dan sangat mirip dengan bentuk trapesium.

Rumah Minimalis Klasik Modern

rumah minimalis 2 lantai
http://sobatinteriorrumah.blogspot.com

Untuk membuat rumah jenis minimalis yang Anda miliki terlihat elegan dan mewah, gaya rumah minimalis sederhana klasik namun modern ini bisa Anda pilih. Gaya ini cocok diaplikasikan untuk rumah minimalis dengan dua lantai.

Untuk bisa mendesain rumah dengan tipe ini adalah Anda bisa meletakkan dua sampai empat pilar di depan rumah Anda, selain itu pada bagian atas berikanlah balkon.

Supaya memperkuat nilai klasik pada rumah tersebut Anda bisa menambahkan ukuran pada atap bagian atas selain itu juga berikan pada bagian pilar supaya kesan klasik semakin kental.

Sentuhan Batu Alam

contoh rumah minimalis sederhana

Untuk membuat rumah yang minimalis terlihat elegan Anda bisa menggunakan sentuhan batu alam pada bagian depan.

Batu alam tidak hanya cocok untuk hiasan taman saja, namun juga cocok diaplikasikan untuk desain rumah.

Anda bisa meletakkan beberapa ornamen-ornamen batu alam tersebut di dinding, luar teras, lantai teras, sampai bagian pagar.

Sedangkan desain atau tren rumah jenis minimalis dengan batu alam yang saat ini banyak digemari adalah menggunakan batu alam yang permukaannya bisa dilakukan finishing beralur dan juga membuat warnanya seragam.

Batu alam yang di finishing tersebut sudah dipoles atau dibakar dengan mesin sehingga warnanya akan menjadi senada.

Keunggulan menggunakan material batu alam untuk desain rumah adalah tingkat ketahanan dan keawetannya tinggi dibandingkan dengan menggunakan material kayu.

Full Height Window

Model rumah minimalis 2018 yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah Full Height Window.

Desain ini sedang menjadi tren dan banyak digemari. Yang menjadi ciri khas dari rumah dengan desain ini adalah material kaca yang ukurannya sangat besar dan luas.

Dengan material kaca tersebut membuat desain ini terlihat lebih megah dan luas. Rumah dengan full height window ini juga cocok dijadikan Anda sebagai tempat untuk melihat sunrise maupun sunset dari dalam rumah.

Sinar matahari pagi yang masuk ke dalam rumah juga akan menghindarkannya dari rasa pengap maupun lembap yang mana membuat tidak nyaman, membuat cat rumah ditumbuhi dengan lumut dan cat tidak awet kemudian mengelupas.

Selain itu rumah yang sering terkena sinar matahari jauh lebih sehat, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berjemur menikmati sinar matahari pagi.

Rumah Minimalis Monokrom

rumah minimalis 2018 modern
mediamaya.net

Desain rumah yang bisa menjadi pilihan yang terakhir adalah monokrom. Warna monokrom ini mengadopsi tren rumah jenis minimalis yang sudah populer sejak tahun 2016 yang mana didominasi dengan warna yang simpel.

Akhirnya tren tersebut berlanjut ke rumah minimalis selanjutnya. Untuk warna monokrom ini tidak hanya pada catnya saja namun juga digunakan pada interior rumah seperti kusen dan jendela.

Untuk lebih menawan dan elegan ditambahkan batu alam yang memiliki warna gelap baik yang sudah di finishing atau belum.

Tren dan model rumah jenis minimalis ini akan terus berkembang dan tidak akan pernah tergerus oleh zaman.

Jika mampu memilih desain interior maupun eksterior dengan tepat rumah jenis minimalis ini tidak akan kehilangan keindahannya.

Dengan beberapa inspirasi model dan desain rumah minimalis yang telah disebutkan di atas, semoga Anda bisa menemukan desain rumah yang sesuai dengan keinginan Anda.

Kumpulan Inspirasi, Gambar dan Desain Rumah Minimalis

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.