7 Ide Usaha Kreatif Bagi Mahasiswa Paling Potensial

USAHA KREATIF – Anak muda terutama mahasiswa dituntut untuk kreatif dan juga inovatif.

Sebab mahasiswa Indonesia ini sangat dituntut perannya dalam pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia.

Dengan banyaknya mahasiswa yang menggeluti bisnis atau usaha maka perekonomian bangsa Indonesia ini akan semakin maju.

Jika mengandalkan lowongan kerja yang dibuka oleh pemerintah tentunya jumlahnya tidak akan sepadan dengan jumlah penduduk yang ada di Indonesia.

Dengan menggeluti usaha tersebut mahasiswa juga bisa mengurangi jumlah pengangguran.

Banyaknya pengangguran ini tidak boleh dianggap remeh karena bisa meningkatkan angka kriminalitas. Mereka yang berbuat kriminalitas disebabkan oleh angka kesejahteraan yang kurang.

Selain itu kebutuhan dan harga bahan pokok yang semakin meningkat juga akan membuat banyak yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang.

Bagi mahasiswa yang sedang melirik bisnis atau usaha, ada beberapa ide usaha kreatif yang inspiratif dan paling potensial berikut ini:

7 Ide Usaha Kreatif Kekinian

Snack Kekinian

usaha kreatif anak muda
realfood.tesco.com

Usaha kreatif yang bisa dicoba pertama adalah snack kekinian. Hampir semua orang sangat menyukai snack dikarenakan menjadi teman sehari-hari yang cocok untuk berbagai macam suasana mulai dari ngobrol, menunggu dosen, mengerjakan tugas, atau bisa juga untuk suguhan para tamu.

Mengingat peluangnya yang sangat potensial tersebut membuat bisnis ini banyak di lirik. Tentu saja untuk membuat bisnis ini bisa laris manis dan sukses dibutuhkan perencanaan yang matang.

Salah satu caranya adalah melihat seperti apa permintaan pasar seperti saat ini. Snack kekinian yang unik juga membuat orang lain menjadi penasaran untuk mencobanya.

Jika selama ini snack hanya terbuat dari bahan dasar tempe dan singkong saja. Maka mahasiswa bisa mulai membuat snack dari bahan lainnya seperti tepung, keripik lobak, keripik jengkol, kulit ikan, keripik cabai, stick buncis, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan rasa yang enak dan kemasan unik mahasiswa bisa mendapatkan omzet atau income yang cukup besar dari bisnis yang digelutinya tersebut.

Puding 3 Dimensi

usaha kreatif di indonesia
boredpanda.com

Usaha selanjutnya adalah membuat puding 3 dimensi. Umumnya puding ini hanya dijadikan sebagai makanan penutup saja dengan cup mini dan tidak dibentuk sama sekali.

Kini semakin berjalannya waktu puding ini mengalami perubahan bentuk dan perubahan fungsi.

Penggunaan puding saat ini lebih luas seperti dijadikan sebagai kue ulang tahun, sajian saat ulang tahun disertai dengan art yang unik, dan masih banyak lagi lainnya.

Peluang bisnis puding 3 dimensi ini masih terbuka dengan lebar karena masih belum banyak yang menggelutinya sehingga jumlah pesaing belum terlalu banyak.

Sayangnya tidak semua mahasiswa bisa menggeluti bisnis ini. Untuk menampilkan 3D atau 3 dimensi dalam puding dengan baik dibutuhkan kemampuan seni yang cukup tinggi.

Semakin indah dan bagus puding tersebut maka teknik pembuatannya akan semakin lama dan juga rumit.

Selain itu perpaduan warna juga harus tepat supaya bisa menghasilkan puding dengan nilai estetika yang tinggi.

Product Home Living Limited Edition

usaha kreatif dan inovatif
jollychic.com

Produk home living memang tidak ada matinya hal itu dikarenakan banyak orang yang sangat memperhatikan keindahan rumahnya.

Untuk mempercantik rumahnya mereka menggunakan produk home living seperti almari, tempat tisu, sarung bantal, bed cover, dan lain sebagainya.

Jenis produk home living yang luas membuat mahasiswa bebas menentukan produk home living apa yang ingin dijual.

Untuk mampu bersaing dengan kompetitor buatlah produk home living yang unik dan juga limited edition.

Maksudnya limited edition adalah sekali produksi mahasiswa hanya membuat beberapa buah saja, setelah habis barulah membuat produk dengan desain atau bentuk yang berbeda.

Masyarakat menyukai produk limited edition dikarenakan produk tersebut tidak pasaran dan tidak akan ditemukan pada rumah orang lain.

Sebagai contoh produk home living yang bisa dibuat mahasiswa adalah keset. Selama ini keset yang dijual hanya seperti itu-itu saja, maka peluang ini bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk membuat keset yang lebih unik dan menarik.

Tidak hanya itu saja, mahasiswa juga bisa membuat set sarung bantal, guling, maupun sprei dengan cetakan foto wajah disertai dengan motif unik.

Sketsa Wajah

usaha kreatif 2019
http://www.laduni.id

Contoh usaha kreatif mahasiswa selanjutnya yang bisa dipilih adalah jasa sketsa wajah.

Sketsa wajah ini memiliki fungsi yang luas yaitu untuk pajangan di dalam rumah, hadiah ulang tahun, kado pernikahan, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk membuat sketsa wajah ini tentu saja harus memiliki skill dan jiwa seni. Bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa jurusan seni rupa atau mahasiswa jurusan lainnya yang memiliki kemampuan menggambar yang baik.

Usaha Kreatif Karikatur Untuk Anak Muda

usaha kreatif
flickr.com

Selain sketsa, usaha kreatif yang cocok digeluti selanjutnya adalah karikatur. Karikatur ini juga memiliki nilai seni yang tinggi dan juga menampilkan kesan lucu namun tetap elegan.

Ciri khas karikatur adalah proporsi gambar di bagian kepala lebih besar dibandingkan dengan badan sehingga yang ditonjolkan pada karikatur ini adalah wajahnya.

Perbedaan karikatur dan sketsa adalah hampir semua karikatur ini didominasi dengan warna sehingga harga jasanya lebih tinggi dibandingkan dengan sketsa wajah.

Pembuatan karikatur ini juga melibatkan teknologi digital sehingga lebih modern dan canggih selain itu proses pembuatannya lebih rumit.

Kotak Rokok Unik

usaha kreatif yang menjanjikan
amos-lighter.weebly.com

Sampai saat ini rokok menjadi pro dan kontra. Pronya adalah perekonomian Indonesia ini sangat terbantu dengan pajak pabrik rokok dan penjualan rokok.

Sedangkan kontranya adalah rokok ini akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bahkan memicu penyakit ganas seperti kanker paru-paru.

Dampaknya adalah perokok pasif bisa terkena imbas dari perokok aktif, sehingga menimbulkan statement yang keliru di tengah masyarakat.

Statement tersebut adalah lebih baik merokok dan terkena dampaknya dibandingkan tidak merokok namun juga tetap terkena dampaknya.

Hal tersebutlah yang membuat angka perokok di Indonesia semakin meningkat.
Saat ini perokok aktif tidak hanya dari pria saja namun sudah ada beberapa wanita yang akrab dengan rokok ini.

Melihat peluang tersebut mahasiswa yang ingin menambah penghasilan dan pemasukan bisa menggeluti usaha atau bisnis kreatif kotak rokok unik.

Memang saat ini pemerintah telah mengganti bungkus rokok dengan gambar-gambar mengerikan tujuannya supaya masyarakat sadar bahwa rokok itu sangat tidak baik untuk kesehatan.

Dengan gambar mengerikan pada kemasan bungkus rokok tersebut, nafsu untuk merokok menjadi menurun bahkan tidak ada samasekali.

Namun dengan adanya kotak tersebut, rokok bisa disimpan di dalamnya sehingga gambar-gambar mengerikan pada bungkus rokok yang dibeli tidak akan terlihat lagi.

Flip Cover Tablet

usaha kreatif rumahan
Amazon.com

Smartphone dan tablet menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari bahkan anak-anak pun sudah terbiasa menggunakan tablet tersebut.

Angka penjualan tablet pun semakin meningkat setiap tahunnya. Dengan perubahan gaya hidup yang seperti ini maka menggeluti bisnis kreatif berupa flip cover untuk tablet sangat menarik dan potensial.

Salah satu flip cover unik yang bisa dibuat oleh mahasiswa adalah motif batik. Motif batik ini juga bisa membuat kecintaan masyarakat terhadap batik semakin meningkat.

Terlebih lagi batik ini menjadi ciri khas bagi Indonesia. Jangan sampai batik tersebut hilang dan di klaim oleh bangsa lain.

Menggeluti bisnis harus memiliki mental dan tekad yang kuat. Selain itu perencanaan juga harus matang dan memiliki tujuan yang jelas.

Tanpa itu semua apapun usaha kreatif yang digeluti tidak akan bisa berjalan seperti yang diharapkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.