samurai jepang

Pecinta Samurai Masuk! Inilah 14 Jenis Pedang Samurai Jepang yang Wajib Anda Tahu

Samurai Jepang – Sering nonton film kolosal Jepang? Apa yang paling mencolok darinya? Yup…Pedang panjang yang dipakai si pendekar ketika berkelahi. Kebanyakan orang menyebutnya pedang Samurai.

Tapi, tahukan kamu bahwa yang dimaksud Samurai itu adalah orang yang ahli pedang pada jaman militer Jepang dulu. Namun tak apalah, karena kita sudah terbiasa menyebutnya dengan pedang Samurai.

Pedang Samurai yang sering kita lihat itu memiliki banyak jenis yang dibedakan berdasarkan panjang dan tipe bilahnya sesuai dengan fungsinya.

Bilah ini diukur dengan satuan “Shaku”, yang mana setiap satu Shaku panjangnya 30 cm. Berdasarkan histori yang ada, jenis pedang Samurai memgalami banyak modifikasi dan bertransformasi menjadi beberapa jenis pedang Samurai lainnya.

Penasaran apa saja jenis pedang Samurai? Baca sampai habis…


1. Samurai Jepang : Nagamaki


samurai jepang
katanaforsale.com

Jenis yang pertama adalah Pedang Samurai Nagamaki. Ciri dari Samurai Nagamaki adalah panjang gagang dan mata pedangnya yang hampir sama. Panjangnya bisa mencapai dua meter. Jenis ini jika dipakai untuk bertarung bisa menjadi sejata mematikan terkhusus saat melakukan serangan balik.

Penamaan Nagamaki didasarkan pada motif gagangnya yang dibungkus kulit atau sutra yang saling silang. Dulunya pedang ini berasal dari nodachi atau odachi, yaitu salah satu pedang abad 14 dari Jepang.

2. Samurai Jepang: Nodachi atau Odachi


Nodachi atau Odachi
katanaforsale.com

Ukuran Samurai Nodachi sangat panjang sehingga sangat sulit jika dipakai dalam pertempuran jarak dekat. Biasanya jenis ini dipakai untuk membelah pasukan berkuda.

Jenis ini termasuk langka karena dalam pembuatannya diperlukan teknik khsusus dan tidak semua orang bisa membuatnya.


3. Samurai Jepang: Katana


Katana
nocookie.net/

Jenis ini merupakan yang paling terkenal di dunia. Dengan samurai ini, lawan bisa dengan cepat tumbang, apalagi jika si pemegang samurai sudah lihai. Jaman dulu, Samurai Katana dipakai oleh Samurai(pendekar) untuk menunjukan status sosialnya.

Bentuk Katana sedikit berbeda dengan jenis lain, yaitu pada bagian ujungya atau mata pedangnya mengarah ke atas. Hal ini bertujuan agar para Samurai mudah melakukan aktivitas, misalnya sumpah darah.


4. Samurai Jepang: Ninjato


Pedang jepang
katanaforsale.com

Sesuai namannya, Pedang Samurai Ninjato dipakai oleh para Ninja atau Shinobi. Perbedaan yang paling mencolok dari Katana adalah desain mata pedangnya yang tidak melengkung.

Perbedaan lain yaitu ukurannya yang tidak terlalu panjang. Ini bertujuan untuk memudahkan para ninja agar bisa bergerak bebas. Pedang Ninjato juga bisa  disembunyikan di dalam baju.


5. Samurai Jepang: Tachi


Samurai Jepang
moddb.com

Pedang Tachi bentuknya seperti Pedang Katana, hanya saja pada bagian gagangnya lebih melengkung. Cara membawa pedang ini yaitu dengan mengarahkan mata pedangnya ke bawah.

Biasanya Pedang Tachi dipakai oleh paskan berkuda, dimana pedang ini secara cepat bisa diambil dari tempatnya untuk menyerang musuh.


6. Samurai Jepang: Wakizashi


Wakizashi
http://www.samuraiswordskatana.com

Panjang pedang Wakizashi berkisar antara 30-60 cm dan bentuknya sangat mirip dengan Katana, hanya saja ukurannya yang lebih pendek.

Dalam pertempuran, pedang ini bisa menjadi sejata mematikan sebagai senjata cadangan. Karena bisa dengan cepat dan tepat memotong lawan.


7. Samurai Jepang: Kodachi


kodachi
deviantart.net

Sama halnya dengan Pedang Wakizashi, jenis ini memiliki panjang kurang lebih 30-60 cm. Sangat baik jika dipakai dalam pertarungan jarak dekat, dan juga saat bertahan.

Pada zaman Edo dulu, banyak rakyat biasa yang memiliki jenis pedang ini. Masuk akal memang, karena zaman dulu hanya seorang Samurai sajalah yang boleh membawa pedang jenis lain seperti Katana.


8. Samurai Jepang: Tanto


Tanto
pinimg.com

Mungkin ini terlihat seperti pisau yang dirancang khusus sebagai senjata. Tanto bisa menjadi senjata cadangan yang secara tiba-tiba digunakan untuk menusuk lawan.

Dulu senjata ini banyak dibawa oleh perempuan Jepang golongan bangsawan. Mereka menyembunyikan Tanto dibalik Obi (ikat pinggang Kimono) untuk meindungi diri dari bahaya.


9. Samurai Jepang: Naginata


Naginata
ytimg.com

Berikutnya aadalah Naginata. Ini adalah jenis senjata tombak yang pegangannya terbuat dari kayu dan mata pisau mirip Katana  dengan lengukan diujungnya. Panjang Nagitana berkisar antara 30-60 cm. Senjata ini biasa digunakan dalam pertarungan jarak menengah.


10. Samurai Jepang: Bokken


Bokken
www.katana-samurai-sword.com

Pedang Bokken digunakan untuk latihan, maka dari itu pedang ini terbuat dari kayu. Bentuknya mirip Katana. Bokkeen banyak ditemukan di dojo-dojo.


11. Samurai Jepang: Shinai


shinai
ebay.com

Hampir mirip dengan Bokken, Pedang Shinai hanya dipakai buat latihan Kendo. Bahan yang digunakan adalah beberap bilah bambu yang diikat menajdi satu.


12. Samurai Jepang: Yari


Samurai jepang Yari
indiedb.com

Yari adalah senjata jenis tombak, namun berbeda dengan Naginata dimana ujung tombaknya dibuat lurus. Yari dipakai sebagai penahan laju musuh saat perang dan juga sebagai senjata efektif untuk menusuk lawan dari depan.


13. Samurai Jepang: Tsurugi


samurai jepang tsurugi
devianart.com

Jenis ini mirip dengan dengan jenis pedang pada umumnya. Bentuknya lurus dan berat jika dibandingkan dengan jenis pedang Samurai lain. Tsurugi sangat cocok dipakai untuk menghadang musuh yang memnggunakan tameng.


14. Samurai Jepang: Chokuto


samurai jepang Chokuto
www.superiorswords.com

Hampir mirip dengan pedang Katana, bentuk pedang ini tidak melengkung. Sebelum orang Jepang menemukan teknik melengkungkan pedang, jenis inilah yang banyak dipakai oleh orang-orang Jepang. Jenis ini termasuk jenis pedang yang sulit digunakan.

Demikian ulasan mengenai jenis pedang Samurai jepang. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

 

****Ingin sedekah ilmu? Silahkan share artikel ini sebanyak-banyaknya*****


 

Mari berdiskusi

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
error: Content is protected !!