Resep Kue 8 Jam Khas Palembang untuk Lebaran

Resep Kue 8 Jam – Membicarakan kue dari kota Palembang memang tidak pernah ada matinya. Berbagai makanan bisa ditemukan disini, baik makanan ringan, camilan, hingga makanan berat ada. Kota yang identik dengan Jembatan Ampera ini memang menyediakan berbagai panganan.

Selain pempek nyatanya ada makanan yang paling terkenal dan tidak bisa ditemukan di kota lainnya, kue ini tidak bisa anda beli sembarangan.

Biasanya disediakan baik sehari-hari maupun hanya ketika acara besar dan hari raya saja. Salah satu makanan khas Palembang yang paling terkenal yakni kue legit bernama kue 8 jam. Dimana bolu khas ini memang dibuat dengan berbagai keunikannya.

Kue 8 jam merupakan kue legit yang dibuat dan berasal asli dari kota Palembang. Dengan rasa yang manis dan juga legit siapapun pasti akan ketagihan. Nama kue sendiri diambil dari proses membuat kue yang memakan waktu hingga 8 jam untuk memanggangnya.

Namun panjangnya proses yang dilakukan tidak mengkhianati hasil dan rasa di akhir kue. Maka dari itu, kue ini hanya ada ketika hari atau perayaan besar dan penting saja.

Konon jaman dahulu, kue 8 jam ini merupakan hidangan para Kerajaan dan Kesultanan Palembang. Mereka yang termasuk bangsawan saja yang bisa mengkonsumsi makanan ini. Tidak bisa sembarangan orang menyantap makanannya.

Namun saat ini, kue 8 jam bisa dinikmati siapapun dan dibuat oleh siapapun.


Kue 8 Jam: Makanan Khas Palembang yang Sulit Dicari


Resep Kue 8 jam palembang
http://www.damniloveindonesia.com

Karena panganan ini termasuk yang rumit dalam pembuatannya, banyak masyarakat Palembang yang enggan untuk membuat kue ini untuk dijual sehari-hari atau dinikmati sehari-hari. Selain itu resep yang dimiliki menjadi tidak turun karena jarangnya dibuat.

Banyak anak muda di Palembang cukup jarang mengkonsumsi makanan ini karena sulit ditemukan kecuali di hari besar.

Untuk penyajiannya anda cukup memotong tipis kue ini, karena rasanya yang sangat manis ketika mengonsumsinya. Banyak masyarakat yang memang menyediakan kue 8 jam ini yang sudah dipotong kecil dan tinggal memakan dalam satu kali suapan.

Lebih nikmat jika anda mengonsumsinya bersamaan dengan kopi ataupun teh pahit.

Baca gan: Makanan Khas Magetan Ter-lezat yang Bikin Kamu Ngiler


Resep Kue 8 Jam Khas Palembang


kue 8 jam palembang
ejiebelula.files.wordpress.com

Bahan-bahan kue 8 jam khas Palembang

  • 1 Kaleng susu kental manis
  • 750 gram gula pasir
  • 20 butir telur ayam
  • 4 sendok makan mentega cair

Cara membuat kue 8 jam khas Palembang


cara membuat Resep Kue 8 Jam

 

  • Campur gula pasir dan telur, kocok hingga menyatu. Kemudian tambahkan susu kental manis lalu aduk hingga rata
  • Siapkan mentega yang dicairkan kemudian aduk hingga kembali merata
  • Siapkan loyang segiempat lalu olesi minyak dipermukaannya dan tuangkan adonan. Setelah itu tutup dengan kain bersih dan ikat menggunakan tali
  • Terakhir kukus adonan selama delapan jam lamanya dan matang, keluarkan kue dan dinginkan. Kemudian sajikan

Syarat pembuatan lainnya ketika anda membuat kue 8 jam yang pertama adalah waktu delapan jam bukanlah waktu yang pendek untuk memasak. Cobalah untuk mengakali dengan menggunakan kompor gas yang memang gasnya memiliki isi penuh. Jika tidak banyak masyarakat Palembang yang menggunakan tungku dengan bahan utama yakni kayu.

Sehingga kue ini lebih terasa nikmat akibat asapan dari kayu. Selain itu juga kue ini harus diperhatikan setiap waktunya agar tidak terlalu gosong ataupun terpantau dengan baik. Namun terkait sulitnya kue ini tetap saja masih banyak wisatawan yang mencari kue 8 jam ini. Karena rasanya yang membuat ketagihan dan juga kue yang sulit didapatkan di cari di kota lain.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai kue 8 jam khas Palembang. Tapi, memang tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa pempek adalah makanan khas kota palembang yang paling nikmat dan harus dicoba sebelum mencoba panganan asli palembang lainnya.

Nah, bagi anda yang berada di luar Kota Palembang, tidak perlu lagi bingung mencari toko pempek yang rasanya enak & asli, karena kini anda dapat memesannya secara online dari rumah di Pempek Online, dan mereka akan mengantar pempeknya langsung ke rumah anda.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest