Jangan Salah Pilih! Inilah Pupuk Terbaik untuk Tanaman

Berkebun menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan. Apalagi setelah tanaman tumbuh subur dan menghasilkan bunga atau buah, rasanya ada kepuasan tersendiri ya? Tanaman dapat tumbuh subur jika nutrisinya terpenuhi, salah satunya lewat pupuk. Inilah daftar pupuk terbaik untuk tanaman:

Pupuk Terbaik untuk Tanaman Bunga

pupuk terbaik untuk tanaman

Bagi Anda yang memiliki tanaman bunga di rumah, maka Anda wajib tahu pupuk apa saja yang memiliki kualitas tinggi bagi tanaman bunga. Berikut rekomendasinya:

  • NPK 10-55-10

NPK 10-55-10 mengandung zat fosfat yang cukup tinggi. Perbandingan komposisi utamanya yaitu natrium sebanyak 10, fosfat 55, serta kalium sebanyak 10. Tingginya fosfat dapat membantu pertumbuhan bunga secara optimal. Tidak hanya sehat, namun juga terlihat segar.

Bentuk pupuk ini seperti butiran kristal dengan warna biru. Meskipun bentuknya kristal, namun pupuk ini sangat mudah larut bersama air. Cara pemberiannya yaitu dengan melarutkannya ke dalam air, kemudian semprotkan pada daun dan permukaan tanah.

  • Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga

Pupuk terbaik untuk tanaman selanjutnya yaitu AB mix. Pupuk ini mengandung 2 unsur penting, yaitu unsur hara bentuk mikro dan makro. Keduanya sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Pupuk ini sangat mudah dilarutkan dalam air, namun tetap harus berdasarkan dosis yang tepat.

Umumnya, pupuk ini digunakan untuk tanaman bunga jenis hidroponik atau menggunakan media air. Meskipun begitu, pupuk ini tetap bisa digunakan untuk tanaman bunga yang ditanam di tanah maupun media yang lain.

  • Neo Boost Flower

Pupuk Neo Boost Flower termasuk dalam kategori organik. Kandungan utamanya yaitu asam amino dan didukung oleh nutrisi dan vitamin lainnya. Dalam dunia pertanian, asam amino memang sudah terbukti mampu menyuburkan tanah sebagai media tanam.

Bisa Anda bayangkan, jika bunga-bunga kesayangan Anda tumbuh dari tanah yang berkualitas, hasilnya pun tentu ikut berkualitas. Salah satunya bunga tidak akan mudah rontok. Selain itu, pupuk ini dapat memproteksi tanaman dari ancaman berbagai hama.

Pupuk Daun Terbaik

pupuk untuk tanaman

Selain pupuk untuk bunga, ada juga pupuk daun. Istilah “pupuk daun” hanya sebagai identitas bahwa pupuk jenis ini digunakan dengan cara disemprotkan melalui permukaan daun. Beberapa rekomendasi pupuk daun untuk kesuburan tanaman adalah:

  • Pupuk Organik Cair NASA (POC NASA)

Jenis pupuk daun yang pertama yaitu POC dari NASA. Pupuk ini memiliki banyak manfaat bagi kesuburan tanaman. Kandungan nutrisinya sangat lengkap karena pupuk ini berasal dari komposisi bahan-bahan organik atau alami.

Selain itu, pupuk nasa ini dapat memperbaiki tanah yang mengalami kerusakan. Karena, 1 liter POC NASA mengandung unsur hara jenis mikro yang setara dengan 1 ton pupuk kandang biasa. Sehingga penggunaannya menjadi sangat efektif dan efisien.

  • NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk daun terbaik berikutnya adalah NPK Mutiara 16-6-16. Komposisinya yaitu terdiri dari Nitrogen sebesar 16%, Phosphate sebesar 16%, serta Kalium dengan kadar 16%. Selain itu, masih ada kandungan pendukung lainnya yakni Magnesium 0,5% dan Kalsium 6%.

Pupuk ini mampu membuat tanaman tetap produktif, tidak hanya sementara saja namun dalam jangka yang cukup panjang. Kandungan Kaliumnya bertugas untuk menyeimbangkan kadar air di dalam sel tanaman. Sehingga tanaman akan tetap “terhidrasi” dengan baik sepanjang waktu.

  • Hyponex 20-20-20

Hyponex 20-20-20 juga menjadi salah satu pupuk daun terbaik saat ini. Pupuk ini hadir dengan memberikan manfaat lengkap bagi tanaman. Kandungannya tersusun atas unsur hara mikro, berbagai vitamin, serta serat yang seimbang.

Pupuk ini berbentuk cair, jadi sangat mudah bercampur dengan air. Anda bisa menggunakan pupuk ini untuk berbagai tanaman seperti bunga anggrek, mawar, rumput, padi dan sebagainya. Dengan pemakaian yang tepat, maka tanaman Anda akan tumbuh sehat, subur, dan berkualitas.

Pupuk Kandang

Rekomendasi pupuk terbaik untuk tanaman yang terakhir yaitu pupuk kandang. Unsur hara yang terkandung sangat lengkap meliputi Nitrogen, Fosfor, Kalium, Magnesium, Besi, dan sebagainya. Ada 2 jenis pupuk kandang yaitu dingin (diurai dengan suhu dingin) dan pupuk panas (diurai dengan suhu panas).

Pupuk menjadi nutrisi pendukung yang paling penting terhadap tanaman. Semua pupuk diatas bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui toko-toko pertanian maupun marketplace online. Namun, tetap perhatikan dosisnya ya!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.