Morfologi, Klasifikasi dan Jenis-jenis Ikan Mas

Sepertinya untuk beberapa hari ke depan saya akan banyak membahas tentang morfologi-morfologi ikan. Setelah kemarin membahas morfolgi ikan nila, hari ini kita akan belajar lagi tentang morfologi ikan mas.

Tidak hanya morfologinya saja, di dalam artikel ini kamu juga akan mempelajari klasifikasi dan habitat dari ikan mas. Sehingga diharapkan setelah membaca artikel ini, kamu tahu segala hal tentang ikan mas.

Selain itu, terdapat juga beberapa fakta unik tentang ikan mas. Penasaran?


Sekilas Ikan Mas di Indonesia


morfologi ikan mas
pixabay.com

Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang bernilai ekonomi tinggi dan sudah tersebar di seluruh Indonesia. Ikan mas mulai dipelihara di Indonesia sekitar tahun 1920-an yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

Di pulau Jawa sendiri, penyebaran ikan mas dimulai sekitar abad ke 20. Kemudian menyebar ke Bukittinggi (Sumatera Barat) pada tahun 1892. Terus meluas ke Tondano (Minahasa, Sulawesi Utara) pada tahun 1895.

Di Bali tepatnya Tabanan mulai dibudidayakan tahun 1903, Ende (Flores, NTT) pada tahun 1932 dan Sulawesi Selatan pada tahun 1935.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Morfologi Ikan yang Perlu Kamu Tahu


Morfologi Ikan Mas


morfologi ikan mas lengkap
www.ngapakers.com

Dalam bahasa latin, ikan mas disebut dengan Cyprinus carpio. Tubuh ikan mas dilengkapi dengan sirip punggung (dorsal) berukuran relatif panjang dengan bagian belakang berjari-jari keras dan sirip terakhir yaitu sirip ketiga dan keempat berbentuk gerigi.

Sirip perut dan sirip punggung letaknya berseberangan. Sirip pada dada terletak di belakang tutup insang (overculum). Sirip pada ikan karpen/mas ukurannya relatif lebih besar dan digolongkan ke dalam tipe sisik sikloid linea lateralis. Letaknya di pertengahan tubuh, melintang dari tutup insang hingga ujung pangkal ekor.

Gigi kerongkongan (Pharynreal teeth)pada ikan mas terdiri dari dari tiap baris yang berbentuk gigi geraham.

Ikan mas digolongkan kedalam ikan pemakan segala (omnivora). ketika makan, ikan mas memiliki kebiasaan mengaduk-ngaduk dasar kolam untuk mencari jasad-jasad organik.

Karena kebiasaan unik ini, ikan mas sering disebut sebagai bottom feeder (pemakan dasar). Di habitat aslinya, ikan mas hidup menepi sembari mengincar makanan berupa binatang-binatang kecil yang hidup dilapisan tepi danau atau sungai.

Ikan mas memiliki telur yang bersifat merekat/menempel atau adhesif. Dalam proses pemijahan biasanya ikan mas akan mencari tempat yang rimbun dengan tumbuhan air dan rerumputan yang menutupi permukaan perairan.

Ikan mas berkembang biak dengan cara ovivar yaitu perkembangbiakan seksual yang ditandai dengan pelepasan sel telur jantan dan betina, dimana spermatozoa di luar tubuh dan pembuahan terjadi di luar tubuh.


Fisiologi Ikan Mas


Ikan mas sangat menyukai tempat di perairan tawar yang dangkal dan tidak terlalu deras, misalnya di pinggiran sungai dan danau. Pertumbuhan ikan mas dapat berlangsung dengan baik pada ketinggian 150-600 mdpl dengan suhu 25-30 derajat celcius.

Walaupun termasuk ikan air tawar, ikan ini terkadang ditemukan di perairan payau dengan tingkat salinitas 25-30%.


Klasifikasi Ikan Mas


Klasifikasi pada makhluk hidup merupakan pengelompokan makhluk hidup berdasarkan sifat dan ciri-cirinya. Ikan mas mempunyai klasifikasi sebagai berikut:

  • Phyllum : Chordata
  • Subphyllum : Vertebrata
  • Superclass : Pisces
  • Class : Osteichthyes
  • Subclass : Actinopterygii
  • Ordo : Cypriniformes
  • Subordo : Cyprinoidea
  • Family : Cypridae
  • Subfamily : Cyprinidae
  • Genus : Cyprinus
  • Species : Cyprinus carpio

Jenis-jenis Ikan Mas


Secara umum jenis-jenis ikan mas dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu ikan mas konsumsi dan ikan mas hias

Ikan Mas Konsumsi

Ikan mas ini merupakan jenis-jenis ikan mas yang dikonsumsi oleh masyarakat dengan tujuan mendapatkan nilai gizi hewani. Ada 7 jenis ikan mas konsumsi, yakni:

1. Ikan Mas Punten

Jenis ini pertama kali dikembangkan di Desa Punten, Malang, Jawa Timur pada tahun 1933. Ciri-cirinya bertumbuh pendek tetapi punggungnya tinggi dan lebar. Sehingga bentuk tubuh ikan mas punten terlihat bulat pendek (big belly).

Ciri yang lain yaitu warna sisik hijau gelap, mata sedikit menonjl, gerakannya lambat dan jinak.

2. Ikan Mas Sinyonya / Putri Yogya

morfologi ikan mas yogya
alamtani.com

Tidak ada yang tahu pasti asal-usul dari mana nama ikan mas ini. Ada sebagian orang yang menyebut kalau iakn mas jenis ini mudah sekali bertelur sehingga disebut sinyonya.

Ciri tubuhnya yaitu panjang dan punggungnya lebih rendah dari ikan mas punten. Warna sisiknya kuning muda seperti jeruk sitrus. Ketika masih muda, mata ikan mas ini agak menonjol dan akan berubah sipit ketika sudah mulai tua.

Karakter dari ikan mas sinyonya lebih jinak bila dibandingkan dengan ikan mas punten dan memiliki kebiasaan berkumpul/berkoloni di permukaan air.

3. Ikan Mas Taiwan

Bentuk tubuh ikan mas taiwan memanjang dan punggungnya seperti busur sedikit membulat. Warna sisiknya berwarna hijau kekuningan hingga kuning kemerahan ditepi sirip dubur dan di bawah sirip ekor.

Ikan mas taiwan memiliki sifat yang responsif terhadap makanan. Sehingga akan saling berebut ketika diberi makan.

4. Ikan Mas Merah

morfologi ikan mas merah
www.bptpb-diy.com

Ikan mas ini memiliki sisik berwarna merah keemasan. Gerakannya sangat aktif dan paling suka mengaduk-aduk dasar kolam. Jika dibandingkan dengan ikan mas sinyonya, ikan mas merah memiliki tubuh yang lebih panjang. Punggungnya agak rendah dengan mata agak menonjol.

5. Ikan Mas Majalaya

morfologi ikan mas dan jenisnya
ikan mas majalaya | www.bibitikan.net

Ikan mas ini pertama kali dikembangkan di desa Mjalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ciri-cirinya, badannya pendek, punggung membungkuk dan lancip jika dibandigkan dengan ikan mas lainnya.

Ikan mas Majalaya sifatnya jinak dan suka sekali berenang di permukaan air. Warna sisiknya berwarna hijau keabuan dan bagian tepinya berwarna gelap. Pada bagian bawah insang dan bawah sirip ekor berwarna kekuningan.

Ikan mas jenis ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu laju pertumbuhannya relatif cepat, tahan terhadap hama/bakteri Aeoromonas hydrophila, rasa dagingnya lezat dan gurih dan tersebar di seluruh Indonesia.

6. Ikan Mas Yamato

Di Indonesia, ikan mas jenis ini kurang populer di kalangan petani. Kebanyakan ditemukan dan dibudidayakan di Asia Timur, seperti China dan Jepang. Ciri tubuhnya memanjang, sisiknya berwarna hijau kecokelatan.

7. Ikan Mas Lokal

Sebenarnya ikan ini belum bisa digolongkan ke dalam jenis-jenis ikan mas. Walaupun demikian, ikan ini malah yang paling banyak ditemukan di lapangan dan paling banyak dikenali oleh petani Indonesia.

Ikan Mas Hias

Ikan mas hias dikelompokan menjadi 5:

1. Ikan Mas Kumpay

Ciri yang paling terlihat dari ikan mas kumpay adalah siripnya yang panjang dan berumbai sehingga terlihat indah saat bergerak. Bentuk tubuhnya memanjang dan warna sisiknya sangat bervariasi seperti kuning, putih, merah dan hijau gelap.

Ikan mas kumpay tergolong lambat dalam pertumbuhannya. Selain sebagai hiasan, ikan ini juga dimanfaatkan untuk ikan konsumsi.

2. Ikan Mas Kancra Domas

Bentuknya memanjang dan sisiknya berukuran kecil tak beraturan. Sifatnya mirip ikan mas taiwan, yaitu selalu aktif dan kurang jinak.

Warna sisiknya berbeda-beda ada yang biru, cokelat atu hijau. Sisik punggungnya berwarna gelap dan semakin kearah perut, warnanya makin terang keemasan.

3. Ikan Mas Kaca

morfologi ikan mas kaca
wikipedia.org

Ikan mas ini memiliki ciri khas sebagian tubuhnya yang tidak tertutup sisik. Bagian ini sepintas nampak bening mirip dengan kaca.

4. Ikan Mas Fancy

Ikan mas in memiliki bentuk tubuh yang panjang. Warna sisiknya bervariasi seperti kuning, merah dan putih. Di tubuhnya ada totol-totol berwarna hitam. Disebut ikan mas fancy (indah) karen jenis ini memiliki warna tubuh yang bermacam-macam.

5. Ikan Mas Koi

morfologi ikan mas
www.brilio.net

Ikan mas koi berasal dari negara Jepang dan mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1980. Bentuknya bulat memanjang dengan warna sisiknya yang beragam, ada yang putih, kuning, merah menyala, hitam atau kombinasi.


Fakta-Fakta Unik Ikan Mas


fakta unik ikan mas koi
www.youtube.com
  1. Ikan mas memiliki pencernaan yang sangat sederhana dan susah untuk mencerna protein
  2. Ikan mas koki dapat merubah warna tubuh sesuai tempat tinggalnya.
  3. Ikan mas bisa menghasilkan pigemen cahaya. Jika berada di tempat gelap, maka ikan mas akan terlihat lebih cerah pada pagi harinya. Jika secara terus menerus berada di tepat gelap, maka warna ikan mas akan hilang.
  4. Panjang tubuh ikan mas koki bisa mencapai 58,42 cm dan berat mencapai 4,5 kg.
  5. Ikan mas koki terpanjang di dunia berada di Belanda, yaitu sepanjang 47,7cm.
  6. Ikan mas koki bisa bertahan hidup hingga 20 tahun.
  7. Ikan mas koki tertua mencapai umur 49 tahun.
  8. Ikan mas koki sanggup bertahan hidup di kolam yang permukanya beku, selama masih ada oxygen.
  9. Ikan mas koki dilarang penggunaanya untuk hadiah karnaval di Italia.
  10. Sedangkan di Roma, ikan mas koki dilarang dipelihara di dalam toples. Menurut mereka mengurung ikan di tempat sempit adalah sebuah tindakan kejam.

Demikian artikel tentang morfologi ikan mas. Kamu lebih suka ikan mas dijadikan hiasan atau untuk dikonsumsi? tulis di komentar ya.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on WhatsappShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest