Menghadapi Ujian Al-Azhar – 2

auditorium-572776_1920

Merasakan kuliah di Al-Azhar University adalah salah satu kenikmatan yang sangat saya syukuri. Banyak hal yang bisa di ambil dan pelajaran yang saya dapat. Sedikit banyak membuka mata saya akan betapa ciptaan Allah itu tiada catat dan kurang sedikit pun, semua diciptakan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Dalam tulisan yang lalu saya sudah menerangkan tentang langkah-langkah dalam mempersiapkan ujian di Al-Azhar. Ujian ini menurut para pelajar di al-Azhar adalah hal yang hampir sakral. Ada banyak strategi untuk menaklukkan ujian ini, salah satunya yang sudah saya ulas kemarin dan sekarang, insyaAllah setelah ini juga.

studying-951818_1280

 

Kalau ulasan kemarin fokus pada persiapan menghadapi ujian, kali ini lebih kepada saat tengah menghadapi ujian. Apa-apa saja yang harus dipersiapkan ketika ujian, bagaimana sikap keseharian kita dan memanfaatkan waktu yang di punya sebaik mungkin.

Pelaksanaan Ujian

road-sign-361513_1280

Pelaksanaan ujian tentu hal yang berbeda dengan persiapannya. Dalam melaksanakan ujian banyak hal-hal yang diluar perkiraan kita, namanya juga kehidupan nyata, pasti selalu menyimpan banyak kejutan. Berbeda dengan persiapan yang sifatnya masih dalam alam pikiran.

Saya akan menuliskan 3 hal yang harus diperhatikan dalam pelaksaan ujian. 3 hal ini menurut pengalaman saya penting untuk dipersiapkan, apa saja 3 hal itu? silahkan membaca.

Kelengkapan Atribut Ujian

Setiap universitas pasti mempunyai ciri khas sendiri dalam pelaksanaan ujian. Nah, Al-Azhar pun begitu, ada beberapa benda yang harus dibawa ketika ujian, yang mana jika tidak membawa benda-benda tersebut biasanya dilarang mengikuti ujian, apabila tidak ikut ujian maka otomatis pelajaran itu nilainya nol, karena Al-Azhar tidak menerapkan sistem remedial, jadi sekali jeblok ya sudah tidak bisa diotak-atik lagi.buffer-1143485_1280

Beberapa benda yang harus dibawa adalah paspor, kartu pelajar dan peralatan tulis menulis milik pribadi. Benda-benda ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena apabila terlupa akan sangat mengganggu ketenangan jiwa. Terkadang orang yang tadinya sudah siap untu ujian kemudian lupa membawa barang tersebut langsung panik setengah mati.

kid-310575_1280

Bagaimana tidak panik, letak rumah sangat jauh dari kampus, bis umum juga tidak setiap saat tersedia, apalagi dengan waktu yang mepet sudah hampir masuk ruang ujian. Memang sekilas terlihat sepele, hanya benda kecil, tapi ternyata dampak yang ditimbulkan besar apabila tidak diperhatikan dengan baik.

Manajemen Waktu

Mengatur waktu itu penting untuk memenej kehidupan pribadi kita. Pengalaman saya menghadapi ujian di Al-Azhar sedikit banyak meyadarkan kepada saya pentingnya mempunyai manajemen waktu yang baik.

alarm-clock-590383_1920
jam

Memenej waktu dengan baik dapat menghindarkan kita melakukan sesuatu tidak pada tempatnya, menghindarkan dari melakukan sesuatu yang sia-sia. Ini menjadi lebih penting lagi ketika dalam keadaan ujian. Harus cermat memilih waktu untuk seabreg kegiatan kita agar tidak mengganggu ujian yang dijalani.

Ketika memasuki masa ujian biasanya saya mengalokasikan waktu-waktu khusus untuk belajar. Waktu ysng telah di tentukan ini tidak boleh ada kegiatan lain selain belajar. Setiap orang tentu mempunyai waktu yang paling baik untuk belajar. Ada yang bejalajar malam, ada yang malam langsung tidur dan belajar dini hari, ada yang senang ketika sore sambil duduk-duduk di masjid

Semua tergantung pribadi masing-masing, semakin kenal dengan diri, maka insyaAllah akan semakin bagus dalam memenej waktu.

Meminimalisir Potensi Gangguan

blogger-336371_1920
multimedia

Biasanya semakin tinggi posisi kita semakin tinggi ujian atau cobaannya. Umumnya, orang yang sedang ujian berada dalam kondisi terbaiknya dalam hubungan dengan Rabbya, nah biasanya godaanya juuga banyak, misal, ketika sedang konsentrasi belajar, ada notif pesan, ada ping bbm atau ada panggilan telepon yang merusak konsentrasi dan mengalihkan perhatian.

Contoh lain, ada pertandingan bola yang sayang untuk dilewatkan, atau ada ajakan keluar jalan-jalan. Itu semua adalah bentuk gangguan yang apabila tidak dibatasi akan sangat merusak pola belajar yang sudah kita bangun.

sosial media
sosial media

Jadi saya biasanya ketika ujian tiba menonaktifkan smartphone, menyimpan laptop dan menyimpan benda-benda yang berbau multimedia, demi terciptanya suasana kondusif ketika belajar.

Itulah 3 hal yang ingin saya bagi mengenai apa-apa yang harus diperhatikan ketika menghadapi ujian. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Menghadapi Ujian Al-Azhar – 2

  1. tips yang sangat bermanfaat 🙂

    terimakasih bro admin,,

    semangat terus belajarnya….

    • sama-sama bro hamka 🙂

Mari berdiskusi

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: