Cara Menentukan dan Menghitung Masa Subur Wanita Serta Tanda-tandanya

Masa Subur Wanita – Kita tidak bisa memprediksi kapan waktu kehamilan terjadi. Ada yang satu minggu setelah nikah, satu bulan bahkan ada yang bertahun-tahun. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kehamilan. Entah dari faktor luar atau faktor dalam.

Kehamilan merupakan bertemunya spe*ma dan sel telur di indung telur wanita. Tanpa adanya pertemuan tersebut, tidak akan pernah terjadi kehamilan. Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya kehamilan adalah masa subur wanita.

Pada waktu itu kemungkinan terjadi pembuahan lebih besar. Sehingga proses kehamilan cepat terjadi. Masa subur ini juga dipengaruhi oleh siklus menstruasi wanita. Oleh karena itu kita akan membahasnya semua dibawah ini.

Pengaruh Siklus Menstruasi Dengan Masa Subur Wanita

bagaimana cara menghitung masa subur wanita?
hellosehat.com

Setiap wanita memiliki masa subur yang berbeda-beda. Karena masa subur dipengaruhi oleh siklus menstruasinya. Ada yang menstruasi teratur dan tidak. Siklus menstruasi merupakan rentang dari hari pertama menstruasi sampai ke hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Sekitar 21 sampai 35 hari.

Untuk siklus menstruasi normal, rata-rata 28 hari. Diantara jangka waktu itu, ada yang namanya masa subur. Masa dimana sel telur dalam keadaan matang atau siap untuk bertemu dengan sp*rma.

Kalau tidak dibuahi, maka sel telur akan meluruh bersama dengan dinding rahim dan akhirnya muncul menstruasi rutin setiap bulannya. Setiap bulan wanita, akan melepaskan satu sel telur di indung telurnya.

Kapan Terjadinya Masa Subur Wanita?

masa subur wanita
hellosehat.com

Lalu kapan masa subur wanita terjadi? Kita pahami terlebih dahulu, apa arti dari masa subur. Masa subur disebut juga dengan masa ovulasi. Ketika ovarium melepaskan sel telur dan sel telur siap untuk dibuahi. Hitungannya sekitar 12 hari sampai 14 hari, sebelum menstruasi bulan selanjutnya di mulai.

Tapi ingat masa subur bisa berbeda-beda, untuk semua wanita. Kalau siklus menstruasi anda 28 hari, berarti masa suburnya sekitar hari ke 10 sampai hari ke 17 setelah terjadinya hari menstruasi pertama. Tapi kalau siklus anda tidak normal, hitungannya berbeda.

Lima hari sebelum masa ovulasi terjadi dan hari pertama masa ovulasi, merupakan masa paling subur bagi wanita. Ketika melakukan hubungan suami istri di waktu ini, kemungkinan terjadi pembuahan atau kehamilan semakin besar.

Masa subur sel telur hanya bisa bertahan satu hari dan untuk sp*rma pria bertahan 5 hari. Jadi ketika keduanya sedang dalam masa subur, akan membuat kemungkinan hamil semakin besar. Untuk menghitung masa subur dengan lebih jelas, anda bisa memakai kalkulator hitungan masa subur, sehingga hasilnya lebih akurat.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Untuk menghitung masa subur wanita, bisa memakai hitungan kalkulator masa subur. Anda bisa menghitungnya sendiri di rumah dan tak perlu alat yang rumit. Cara ini lebih dikenal dengan perhitungan kalender. Anda harus menghitung kapan hari pertama haid dan kapan berakhir, untuk beberapa bulan. Supaya tahu siklus haidnya.

Apakah siklus haid teratur atau tidak. Caranya anda harus menghitung siklus menstruasi anda terlebih dahulu. Minimal hitungannya selama 8 bulan berturut-turut. Supaya terlihat jelas siklusnya.

Catat hari pertama anda mengalami menstruasi di bulan pertama. Lalu berapa hari selesainya. Apakah hanya 3 hari atau 7 hari. Normalnya sekitar 3-10 hari. Lalu catat lagi di bulan berikutnya.

Kalau sudah tahu panjang siklus menstruasi, barulah anda memperkirakan masa suburnya. Rumus yang digunakan sangat mudah. Kalau siklus menstruasinya teratur 28 hari terus menerus setiap bulannya, ini lebih mudah untuk diperkirakan.

Tapi kalau tidak teratur. Siklus menstruasi terpendek dikurangi 18 dan siklus terpanjang di kurangi 11. Jadi misalnya siklus terpendek 27 hari. Maka 27 dikurangi 18. Hasilnya 9.

Dan siklus terpanjang 30 hari dikurangi 11 maka hasilnya 19. Maka masa subur anda, sekitar hari ke 9 sampai 19 setiap bulannya. Jika anda melakukan hubungan suami istri di waktu itu, kemungkinan besar terjadi kehamilan besar.

Tanda-Tanda Sedang Masa Subur

tanda tanda masa subur wanita
sehatafiat.com/

Selain memakai kalkulator masa subur wanita, anda juga bisa melihat tanda-tanda tubuh sedang mengalami masa subur. Ketika anda sedang mengalami masa subur, otomatis tubuh akan menunjukkannya.

Sehingga lebih mudah untuk menghitungnya. Berikut ini beberapa tanda-tanda tubuh sedang dalam masa ovulasi.

  • Suhu Tubuh Basal Naik

Pada saat masa ovulasi, suhu tubuh basal anda akan sedikit naik. Suhu tubuh basal merupakan suhu tubuh ketika bangun tidur di pagi hari, sebelum anda bangun dari tempat tidur. Jadi di pagi hari, sebelum berdiri dari tempat tidur, cobalah untuk menghitung suhu tubuh anda terlebih dahulu.

Normal suhu tubuh basal sekitar 35,5 – 36,6 derajat celcius. Jika terjadi kenaikan, suhu tubuhnya akan bertambah sekitar 0,4 – 0,8 derajat celcius. Suhu tubuh ini akan berpengaruh dengan kadar hormon anda.

Pada saat indung telur melepaskan telur, maka hormon yang meningkat akan mempengaruhi suhu tubuh anda. Untuk hasil yang akurat, gunakan termometer basal tubuh.

  • Adanya Le*dir Di Va*ina

Cara menghitung masa subur wanita, juga bisa melihat tanda-tanda dari tubuh anda. Ketika masa ovulasi terjadi, di sekitar va*ina akan lebih banyak lendirnya. Le*dir kental yang berwarna putih, seperti sedang keputihan.

Ada yang basah di sekitar va*ina. Le*dir ini diciptakan oleh kadar hormon yang semakin tinggi menjelang menstruasi. Sebelum terjadinya ovulasi dan selama terjadinya ovulasi, tekstur, warna dan jumlah le*dirnya akan berbeda.

Sehingga lebih mudah untuk tahu kapan masa subur anda. Teksturnya elastis, licin dan transparan. Kalau mendekati ovulasi akan lebih lengket dan warnanya keruh.

Ada banyak tanda lain yang bisa anda ketahui. Tanda yang lebih bisa dirasakan oleh tubuh, antara lain:

  • Nyeri dibagian payudara
  • Terasa nyeri di bagian pinggul
  • Keputihan semakin meningkat
  • Perut kembung
  • Gairah s*ks yang meningkat
  • Merasa lebih seksi
  • Aroma tubuh yang semakin wangi dan lainnya

Dengan mengetahui perhitungan yang jelas, akan membuat anda tahu kapan waktunya untuk berhubungan s*ks dengan pasangan. Banyak wanita yang salah memprediksi masa suburnya. Jadi tidak bisa mengalami kehamilan terus menerus.

Ketika tubuh tidak subur, kemungkinan kecil terjadi kehamilan semakin sulit. Dengan mengetahui masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil. Anda bisa mengalami kehamilan dengan lebih cepat. Sel telur yang dibuahi di waktu yang tepat, akan membuat proses pembuahan terjadi lebih cepat, karena sel telur memang sudah siap untuk dibuahi.

Selain mengetahui masa subur wanita, pahami cara lain untuk cepat hamil. Misalnya menjaga pola hidup yang sehat, konsumsi sayuran dan olahraga teratur. Selain itu jangan lupa untuk konsumsi vitamin secara rutin.

Jangan perbanyak konsumsi minuman beralkohol dan merokok, karena akan mempengaruhi hormon kesuburan anda.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on WhatsappShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest