Kapan Masa Subur Pria? Ketahui Tanda-Tandanya

MASA SUBUR PRIA – Tidak hanya wanita saja yang memiliki masa subur, tapi pria pun juga memilikinya. Oleh karena itu proses kehamilan tidak hanya dipengaruhi kondisi kesuburan wanita. Tetapi juga dari prianya. Sehingga bisa membuat proses kehamilan lebih cepat.

Di masyarakat, masalah kesuburan selalu identik dengan wanita. Padahal pria juga memilikinya. Tetapi masa subur pria, tidak bisa dihitung dengan sistem kalender seperti wanita.

Kesuburan ini ditentukan dengan kualitas sp*rmanya. Oleh karena itu, kita akan membahasnya dengan lebih jelas disini. Supaya anda paham tentang kesuburan pada pria dan akhirnya bisa membuat kehamilan lebih cepat.


Indikasi Yang Menentukan Kesuburan Pria


ciri ciri lelaki subur dan sehat
greenworldglobal.web.id

Ada beberapa indikasi yang menentukan kesuburan dari seorang pria. Hal ini bisa dilihat dari sp*rma yang dihasilkan setiap harinya. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan.

  • Kuantitas

Kuantitas ini dihitung dari jumlah sp*rma yang keluar dalam satu kali ejakulasi. Normalnya satu kali ejakulasi, bisa menghasilkan 15 juta sel sp*rma per militernya. Semakin banyak jumlah sp*rma yang keluar maka semakin besar bisa membuahi sel telur milik pasangan.

Kalau jumlahnya lebih kecil, tentunya akan lebih kecil kesempatan membuahi. Untuk menghitungnya memang tidak bisa dicek dengan kasat mata. Ada tes tersendiri.

  • Struktur

Bentuk sp*rma terdiri dari bagian kepala yang oval dan ekor yang panjang. Struktur dari sp*rma ini, juga berpengaruh dengan kualitas sp*rma yang keluar. Anda memang tak bisa melihat bentuk sp*rma, tanpa bantuan mikroskop.

Yang anda lihat hanya berupa cairan kental saja. Struktur sp*rma yang normal, akan membantu pergerakan menuju sel telur semakin mudah dan cepat. Akhirnya proses pembuahan juga mudah terjadi kehamilan.

  • Pergerakan

Sp*rma-sp*rma yang keluar, akan terus bergerak menuju ke indung telur dan membuahi sel telur, dari jutaan sp*rma, hanya akan satu sperma saja yang berhasil membuahi sel telur. Pergerakan sp*rma yang gesit sangat mempengaruhi kesuburan seorang pria.

Ada sp*rma yang gerakannya cepat dan ada yang lambat. Kalau terlalu lambat, maka sp*rma akan mati terlebih dahulu sebelum sampai ke sel telur dan akhirnya tidak terjadi pembuahan. Setelah keluar, sp*rma harus melewati leher rahim, rahim dan saluran tuba untuk bisa bertemu dengan sel telur.


Hal Yang Mempengaruhi Kesuburan Pria


faktor yang mempengaruhi kesuburan pria
cloudfront.net

Masa subur pria dipengaruhi oleh berbagai hal, tentunya sedikit berbeda dengan kesuburan pada wanita. Kesuburan memang sangat berhubungan dengan kualitas dan kuantitas sp*rma, tapi juga ada hal lain yang mempengaruhinya. Inilah hal yang bisa mempengaruhi kesuburan pria.

  • Gaya Hidup

Gaya hidup sangat berpengaruh dengan kesuburan pria. Orang yang memiliki gaya hidup sehat tentunya kualitas sp*rmanya bagus. Berbeda dengan orang yang sering merokok, konsumsi alkohol, bergadang, stres dan lainnya.

Ini akan membuat kualitas sp*rma semakin rusak dan berkurang. Akhirnya tidak bisa membuahi sel telur dengan baik. Bisa dilihat dari orang yang gaya hidupnya sehat, memiliki tubuh dan stamina yang lebih sehat.

  • Usia

Tingkat kesuburan dipengaruhi oleh usia seseorang. Semakin tua akan semakin berkurang juga tingkat kesuburannya. Banyak orang yang menunda untuk memiliki anak, padahal semakin tua akan semakin sulit untuk memiliki anak. Untuk pria, menjelang umur 40 tahun masa kesuburannya akan mulai berkurang.

  • Radiasi Dan Suhu

Supaya tetap dalam keadaan subur, testis harus berada di suhu 1 sampai 2 derajat celcius. Jika terlalu dingin, akan membuat kesuburannya mulai berkurang. Oleh karena itu sangat dilarang untuk memakai celana yang terlalu ketat atau berendam air hangat terus menerus.

Karena bisa meningkatkan suhu testis terlalu tinggi. Itu akan mempengaruhi dengan produksi sp*rma yang dihasilkan setiap kali ejakulasi. Paparan radiasi terus menerus, ternyata bisa mempengaruhi kesuburan pria.

Paparan radiasi dari alat elektronik atau bahan kimia. Jadi buat yang bekerja yang berhubungan dengan paparan radiasi. Lebih baik untuk menjaga stamina tubuhnya dengan baik.

  • Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Kelamin

Penyebab kesuburan pria berkurang bisa karena adanya penyakit kelamin menular. Seperti gonore, klamidia dan lainnya. Ini akan berpengaruh dengan sp*rma yang dihasilkan dan mempengaruhi proses pembuahan. Untuk penyakit klamidia membuat rasa sakit dibagian skrotum dan pembengkakan.


Ciri-Ciri Pria Yang Mengalami Kemandulan


Penyebab pria mandul

Kita memang tidak bisa melihat ciri fisik pria subur, karena masalah kesuburan tidak hanya bisa dilihat dari fisiknya. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kesuburan seorang pria. Tapi dari beberapa penelitian, bisa terlihat ciri-ciri pria yang mengalami kemandulan.

  • Tumbuh Rambut Sedikit

Hal ini memang tidak bisa menjadi ciri utama pria yang mandul. Harus dibarengi dengan ciri yang lainnya. Kesuburan dipengaruhi oleh produksi hormon testosteron.

Hormon ini juga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Dari rambut kepala. Buku kaki,kumis, bulu dada dan lainnya. Jika tingkat kesuburan berkurang,maka produksi hormon kesuburan ini juga berkurang.

Akhirnya pertumbuhan rambut di tubuh anda semakin sedikit. Tapi ingat, hal ini bukan menjadi faktor utama. Tapi banyak pria yang pertumbuhan rambutnya sedikit tetap subur.

  • Hasrat S*ksual Berkurang

Pria yang mandul atau tidak subur, hasrat s*ksualnya berkurang, merasa kurang bergairah, karena hal ini dipengaruhi oleh homornal di dalam tubuhnya. Ketika hormon testosten tinggi, maka hasrat s*ksualnya juga meningkat.

  • Fungsi S*ksual Terganggu

Ketika terjadi gangguan pada fungsi s*ksual akan sangat mempengaruhi kesuburan seorang pria. Kesulitan dalam mempertahankan dan melakukan ereksi akan berpengaruh dengan kesuburannya.

Selain itu juga dipengaruhi oleh gangguan lain. Seperti cairan mani keluarnya sedikit, bentuknya yang abnormal, jumlah sp*rma banyak tapi tak bisa membuahi sel telur dan masih banyak lainnya.

  • Timbul Rasa Sakit Pada Bagian Testikel

Kalau anda sering mengalami sakit dibagian testikel, harus lebih waspada. Hal ini bisa dikarenakan varises dibagian organ kemaluan pria. Membuat pembuluh darah bengkak dan akhirnya menghambat jalannya sperma.

Hal ini juga bisa membuat produksi sp*rma menurun. Kalau anda mengalami hal ini, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Masih banyak sekali, ciri-ciri kemandulan bagi pria. Tapi yang paling penting, harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Sehingga diketahui penyebab pastinya. Semua ciri-ciri itu tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Anda bisa mandul permanen, tapi juga bisa hanya karena suatu hal saja dan bisa disembuhkan. Oleh karena itu sebagai seorang pria, harus bisa menjaga kesuburan sp*rmanya dengan baik.

Rajinlah berolahraga, konsumsi makanan yang sehat, minum vitamin dan hindari pola hidup yang tidak sehat. Dengan begitu anda bisa menjaga kesuburan sp*rma dengan baik.

Kecelakaan atau cedera tertentu, juga mempengaruhi kesuburan sperma anda.

Mulai sekarang cobalah untuk menjaga kesehatan tubuh dengan rutin, kalau terjadi sesuatu segera lakukan pemeriksaan sedini mungkin. Sehingga anda dan pasangan sama-sama memiliki kesuburan yang bagus. Itulah beberapa informasi tentang masa subur pria. Semoga bermanfaat.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest