Manfaat Susu Kedelai

9 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Susu Kedelai – Kali ini kita akan membahas manfaat sari kacang kedelai (susu kedelai) bagi ibu hamil. Di negara kita Indonesia, sari kacang kedelai biasa disebut dengan susu kedelai. Sebenarnya tidaklah tepat jika menyebutnya dengan susu kedelai, sebab susu hanya bisa dihasilkan dari kelenjar susu mamalia seperti kambing dan sapi.

Untuk penyebutan yang lebih tepatnya adalah sari kacang kedelai. Namun karena memang lidah orang Indonesia sudah terbiasa dengan susu kedelai, maka kita ngikut saja menyebutnya dengan susu kedelai.

Susu kedelai merupakan sumber dari minyak nabati juga kaya akan protein nabati. Diantara khasiatnya adalah untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya mulai awal mengandung hingga persalinan nanti. Sebelum lebih jauh membahas manfaat susu kedelai, mari sedikit mempelajari asal dan kandungan yang terdapat pada kacang kedelai.

Sebelum tersebar ke berbagai negara, kacang kedelai pertama kali dibudidayakan di Amerika Serikat. Kacang kedelai awalnya dimanfaatkan hanya untuk sumber minyak nabati dan sumber protein nabati. Ketika masuk ke negara tetangga, khususnya Asia, kacang kedelai mulai diproduksi menjadi makanan lain, seperti tahu, tempe, susu kedelai dan lain sebagainya.

Beberapa kandungan yang terdapat pada kacang kedelai adalah sebagai berikut.

Kandungan Jumlah /gram
Energi 41 kkal /100g
Protein 3,5 gram /100g
Lemak 2,5 gram /100g
Karbohidrat 5 gram /100g
Kalsium 50 mg /100g
Fosfor 45 mg /100g
Zat Besi 1 mg /100g
Vitamin A 200 IU /100g
Vitamin B1 0,08 mg /100g
Vitamin C 2 mg /100g

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Nah, berikut manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan janinnya.


1. Membantu Meningkatkan Kecerdasan Pada Janin


manfaat susu kedelai untuk janin massaidi

Kandungan Asam folat yang terdapat pada susu kedelai telah diakui bahwa mampu membantu pertumbuhan janin dan juga perkembangan otaknya sehingga bisa meningkatkan kecerdasan si janin tersebut.

Asam folat selain bisa meningkatkan kecerdasan, juga sangat penting sekali bagi janin terutama ketika janin masih berumur 12 minggu atau tiga bulan (awal kehamilan) untuk perkembangan saraf janin dan pertumbuhannya.


2. Sebagai Sumber Energi


Karbohidrat yang terkandung pada susu kedelai mampu memberikan asupan gizi serta menambah energi pada ibu hamil. Tubuh ibu hamil biasanya akan terasa lebih cepat lelah dari pada sebelum hamil karena disebabkan bertambahnya beban serta adanya pergolakan hormon yang terjadi.

Mengkonsumsi susu kedelai mampu menambah energi pada tubuh si ibu agar terus semangat dalam beraktivitas, terutama ppada saat usia kehamilan semakin besar. Tidak sebatas hanya itu kegunaan kandungan karbohidrat yang ada pada susu kedelai juga bermanfaat untuk perkembangan janin ada di kandungan.


3. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin


Vitamin, mineral dan zat gizi yang terkandung pada susu kedelai sangat berfungsi dalam membantu proses perkembangan dan pertumbuhan janin. Kandungan nutrisi pada janin membantu menjaga fungsi mata, pertumbuhan dan keguguran pada janin serta protein dan bahan penyusunya bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan organ-organ janin.


4. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil


manfaat susu kedelai untuk ibu hamil
http://auliamilk.blogspot.co.id

Vitamin dan mineral pada susu kedelai mampu membantu menjaga kesehatan pada ibu hamil agar tetap sehat dan juga pada janinnya.

Baca juga: Cara Membuat Anak Perempuan dan Laki-laki yang Sudah Dibuktikan Oleh Banyak Pasangan


5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Ibu


manfaat susu kedelai untuk imun tubuh
http://cintaihidup.com

Viamin C pada susu kedelai juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu yang bisa menyebabkan si ibu jatuh sakit dan akan berdapak positif jika si ibu selalu dalam keadaan sehat dan bugar.


6. Merawat Organ Penting Pada Janin


manfaat susu kedelai untuk energi tubuh
http://squavit.info

Kandungan nutrisi pada susu kedelai juga mampu dalam membantu pertumbuhan dan menjaga fungsi dari organ penting pada ibu pada saat masa kehamilannya.


7. Membantu Memerangi Kolesterol Jahat


manfaat susu kedelai untuk kolesterol jahat
http://www.sehatdanfit.com

Lain halnya dengan mengkonsumsi susu sapi, dengan mengkonsumsi susu kedelai, lemak nabati yang terkandung di dalamnya mampu melawan kolesterol jahat. Lemak nabati juga bisa mengontrol kolestrol yang ada pada darah kita serta menjaga keseimbangan berat badan serta menjadi cadangan lemak bagi ibu hamil dan janinnya.


8. Membantu Proses Pemulihan Pada Ibu Setelah Persalinan


Protein yang tinggi dalam susu kedelai bisa membantu memperbaiki sel-sel yang rusak pada saat peroses persalinan baik persalinan dengan normal atau pun non normal.


9. Menjaga dan Memulihkan Kebugaran Tubuh


menjaga kebugaran tubuh
id.aliexpress.com

Kandungan Vitamin A, B, dan E yang ada pada susu kedelai sangat berguna untuk menjaga kesehatan si ibu, dan sebab itulah ketika setelah persalinan tidak ada salahnya jika si ibu tetap mengkonsumsi susu kedelai setiap hari.

Itulah beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Memang ya kebahagiaan pasutri itu akan terasa lengkap kalau sudah mendapat momongan.

Kesimpulan manfaat susu kedelai:

  • Membantu Meningkatkan Kecerdasan Pada Janin
  • Sebagai Sumber Energi
  • Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin
  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Ibu
  • Merawat Organ Penting Pada Janin
  • Membantu Memerangi Kolesterol Jahat
  • Membantu Proses Pemulihan Pada Ibu Setelah Persalinan
  • Menjaga dan Memulihkan Kebugaran Tubuh

Namun terkadang tidak semua asutri cepat mendapat momongan. Nah, bagi pasutri yang sulit mendapat momongan, silahkan mengkonsumsi madu penyubur kandungan. Sudah banyak yang berhasil mendapat momongan dengan mengkonsumsi madu penyubur kandungan. Sekarang giliran anda untuk membuktikannya.

Mari berdiskusi

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
error: Content is protected !!