8 Makanan Khas Sunda Dengan Banyak Pilihan Rasa

Sebagai salah satu provinsi yang terkenal akan masakannya yang lezat, Jawa Barat bisa dibilang sebagai ratunya kuliner. Bagaimana tidak, ragam makanan khas sunda berikut ini sudah menjadi identitas tersendiri yang bisa menarik banyak orang untuk mencobanya.

Dengan cara pengolahan yang bermacam-macam, cita rasa masakan tersebut bisa mengalahkan masakan dari wilayah lain, seperti Bali, Malang, dan lain-lain. Belum lagi variasi rasanya mulai dari asam, asin, manis, hingga pedas.

Rasanya sangat layak untuk dicoba. Bagi Anda yang berencana akan mengunjungi kota di Jawa Barat, sudahkah Anda mencoba daftar makanan berikut ini?

8 Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Seperti yang sudah disinggung di atas, masakan khas sunda tidak hanya memiliki satu rasa saja. Banyak orang beranggapan jika sunda terkenal akan masakan manisnya, namun salah. Makanan khas Jawa Barat mempunyai varian rasa yang tidak akan membuat Anda bosan.

Karena variasi rasa itulah banyak penikmat kuliner rela jauh-jauh mendatangi Jawa Barat untuk sekadar mencicipi nikmatnya makanan berikut ini. Inilah daftar lengkapnya yang wajib Anda coba jika berkunjung kesana.

 Karedok 

masakan khas sunda
http://www.sukita. info

Makanan yang akan dibahas pertama kali adalah karedok. Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak asing lagi dengan makanan khas sunda yang satu ini. Banyak juga orang yang menyangka jika karedok merupakan makanan asli betawi.

Nyatanya hal tersebut salah. Karedok merupakan makanan dari sunda yang berbentuk menyerupai gado-gado. Dengan sajian beragam sayuran seperti timun, kacang-kacangan, terong hijau, tauge, basil, kubis, serta jenis lainnya dipadukan dengan saus kacang tanah dan cabai bisa menggoyang lidah Anda.

Tingkat kepedasannyapun bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Yang membuatnya berbeda dari gado-gado adalah kondisi sayuran yang dipakai.

Karedok menggunakan sayuran mentah yang pastinya segar. Makanan yang mudah dibuat ini biasanya disajikan dengan tahu, tempe, kerupuk, dan tentu saja nasi putih panas. Terdengar menarik bukan?

 Sayur Asem 

makanan pedas khas sunda
http://emaksuper. com

Sayur yang satu ini memang sering kita temukan di wilayah lain selain Jawa Barat, seperti misalnya di Jawa Tengah ataupun Jawa Timur.

Sayur ini juga berasal dari Suku Sunda. Dinamakan sayur asem karena sayur ini menggunakan buah asam Jawa sebagai perasa asam di kuah sayurnya. Sayur asem terbuat dari macam-macam sayuran yang mudah ditemukan.

Sayuran itu biasanya kacang panjang, melinjo, labu siam, jagung, belimbing sayur, nangka muda, dan tidak lupa buah asam Jawa. Makanan khas sunda ini akan semakin nikmat apabila disandingkan dengan nasi hangat dan beberapa lauk tambahan seperti ayam goreng dan sambal.

 Nasi Timbel 

cara membuat nasi timbal khas sunda
www.dailywuz. com

Nasi timbel merupakan hidangan yang awalnya dibuat untuk petani yang sedang istirahat. Makanan tersebut disajikan di atas daun pisang.

Namun sekarang ini nasi timbel bukan hanya menjadi makanan untuk petani, namun juga menjadi favorit banyak orang. Penyajianyapun tidak hanya menggunakan daun pisang, namun juga memakai piring seperti makanan lain. Cita rasanya yang unik menjadi daya tariknya tersendiri.

Nasi ini bahkan memiliki banyak versi yang sama nikmatnya. Ditambah dengan berbagai macam lauk pauk seperti pepes ikan, ayam goreng, atau ikan goreng, serta sambal yang pedas semakin membuat nasi ini terasa enak.

 Pepes 

oleh-oleh khas sunda
100resepmasakan. com

Pepes atau pais (dalam bahasa sunda) merupakan makanan yang dibungkus dengan memakai daun pisang. Tidak sekedar dibalut daun pisang, namun pepes tersebut juga dibakar atau dikukus. Isinyapun bermacam-macam, bisa ayam, tahu, ikan, daging sapi, jamur, teri, ikan asing, telur asin, dan lain-lain.

Diolah dengan bumbu-bumbu tradisional yang dihaluskan, makanan khas sunda ini menjadi primadona bagi banyak kalangan. Anda akan mudah menemukan rumah makan yang menjual pepes di wilayah Jawa Barat.

Dipadukan dengan nasi putih hangat serta sayur asem, maka Anda akan menemukan cita rasa asin, pedas, dan asam disaat yang bersamaan.

 Tumis Genjer Oncom 

Jajajan kahs sunda
cookpad. com

Sesuai dengan namanya, tumis ini menggunakan bahan utama yaitu oncom dan genjer. Oncom sendiri merupakan olahan kedelai. Sedangkan genjer atay paku rawan merupakan sayuran yang memiliki tekstur lunak namun renyah saat dikunyah.

Rasa sayuran tersebut juga manis dan pedas. Banyak yang salah sangka jika genjer merupakan sayuran yang dapat memabukkan. Hal itu tidaklah benar. Genjer memiliki kandungan gizi tersendiri seperti misalnya seratnya yang tinggi. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan keracunan atau terluka saat memakan tumis genjer oncom.

 Nasi Liwet 

makanan khas sunda yang pas di dimakan saat hujan
http://blog.omiyago. com

Selain nasi timbel, masih ada nasi lain yang menjadi makanan khas sunda favorit orang sana, yaitu nasi liwet. Nasi ini mempunyai dua versi yaitu nasi liwet solo dan nasi liwet sunda. Yang membedakannya adalah bahan yang dicampurkan ke dalamnya.

Di nasi liwet solo, terdapat santan yang dimasak dan disajikan dengan labu siam. Berbeda dengan nasi liwet sunda. Nasi liwet sunda tidak menggunakan santan saat proses pemasakan. Rasa dari nasi liwet itu sendiri gurih walaupun tidak dicampur santan.

Rasa gurih tersebut berasal dari rempah-rempah yang ditambahkan. Rempah tersebut antara lain jambal roti, daun salam, bawang putih, serta daun kemangi. Orang-orang sunda umumnya memakan nasi tersebut bersama sayur asem dan berbagai macam gorengan.

 Lotek 

makanan sunda yang pedas
http://beritabanten.tiwebpro .com

Lotek merupakan makanan yang juga populer di wilayah Jawa lainnya. Namun lotek versi sunda lebih mirip dengan pecel dari Jawa Tengah. Lotek adalah makanan yang berasal dari sayuran.

Hampir sama seperti gado-gado, isinya antara lain tauge, kembang kol serta kangkung. Sayuran tersebut akan dicacah halus lalu disiram menggunakan kuah sambal kacang.

Di dalamnya juga berisi kentang rebus yang telah ditumbuk kalus lalu dikecur yang membuat cita rasanya beda dari gado-gado. Jika Anda berkunjung ke Jawa Barat, cobalah makan lotek dan dicampur dengan lontong dan kerupuk udang. Akan membuat ketagihan!

 Nasi Tutug Oncom 

makanan khas sunda
budaya-indonesia.org

Makanan khas sunda terakhir yang wajib Anda coba adalah nasi tutuk oncom. Nama lain dari makanan ini adalah sangu tutug oncom atau T.O.

Nasi ini berasal dari nasi yang dicampur dengan oncom. Oncomnya bisa goreng maupun bakar. Akan lebih nikmat jika nasi ini dimakan selagi hangat.

Masakan dari Jawa Barat ini sudah banyak dijual di kota-kota besar lain seperti Jakarta atau Surabaya. Nasi tutug oncom sebenarnya merupakan makanan asli kota Tasikmalaya.

Dinamakan tutuk karena proses yang harus dilalui yaitu diaduk dan ditumbuk. Tutuk sendiri merupakan bahasa sunda yang berarti menumbuk. Cita rasanya akan semakin enak jika ditambahkan tahu goreng, tempe goreng, lalapan, serta sambal terasi.

Itulah kedelapan masakan khas sunda yang wajib Anda coba. Jika membicarakan kuliner khas Indonesia pasti tidak ada habisnya. Kedelapan daftar tersebut merupakan sebagian kecil dari segala jenis masakan khas Jawa Barat yang memiliki rasa yang lezat. Karena kelezatannya tak heran jika kuliner tersebut merupakan yang paling sering diburu orang. Dengan reputasinya yang tak perlu diragukan lagi, masihkah Anda ragu untuk mencobanya?

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.