Mencicipi 9 Makanan Khas Solo yang Maknyus Nan Murah

Solo adalah bagian dari wilayah provinsi Jawa Tengah yang favorit untuk dikunjungi. Salah satu kabar gembira untuk para traveller yang ingin berkunjung ke Solo yaitu wisata kulinernya murah meriah, mengenyangkan, dan cocok di lidah.

Beraneka ragam cemilan & menu masakan akan membuat pengunjung dari luar kota betah berlama-lama di wilayah yang mempunyai sungai besar bernama Bengawan Solo ini.

Sajian makanan khas Solo seperti apa yang ingin disantap? Mulai dari jenis nasi, masakan berkuah, cemilan manis, sampai jajanan tradisional wajib dicoba.

Makanan Khas Solo yang Wajib Menggugah Selera

Datang ke Kota Solo jangan kuatir tidak menemukan makanan yang cocok dan enak, beragam olahan asli penduduk setempat sangat bervariasi untuk dinikmati selama masa liburan.

Agar wisata kuliner berjalan lancar, Anda disarankan untuk membuat list tempat makan yang menyediakan menu makanan khas Solo terbaik untuk dikunjungi.

Daftar jenis kuliner tersebut dapat membantu Anda dalam merencanakan budget, waktu, sampai akomodasi untuk menyambangi setiap spot warung makannya.

Makanan lezat apa saja yang wajib dicoba selama di Kota Solo? Daftarnya ada di bawah ini.

1.  Selat Solo 

makanan khas solo
https://blog.kulina. id

Menurut info sajian Selat Solo spesial pernah disajikan dalam rangka menyambut raja Arab Saudi yaitu Raja Salman saat bertamu ke Indonesia.

Olahan masakannya terdiri dari telur, daging irisan, dan beragam sayur mayur yang umum seperti wortel, buncis, dan kentang.

Setelah semua komponen masuk dalam mangkuk, kemudian diberi sentuhan akhir yaitu kuah semur. Makanan khas Solo ini bisa ditemukan dengan mudah, jika Anda berada di sekitar stasiun Solo Balapan bisa berkunjung ke tempat makan penyedia menu Selat Solo yang cukup tersohor.

2.  Nasi liwet hangat 

makanan khas solo malam hari
https://blog.kulina. id

Kuliner nasi liwet Kota Solo mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang terutama traveller yang sering menyambangi kota asal bapak Presiden Joko Widodo ini.

dibandingkan dengan masakan asal Solo lainnya, bisa dibilang nasi liwet lebih dikenal karena penyajian dan cita rasanya yang enak.

Dari segi penampilan makanan, Anda sudah pasti mengetahui jika varian olahan nasi ini adalah salah satu hidangan tradisional karena alasnya menggunakan daun pisang.

Nasi bercita rasa gurih ditambah kumut atau santan kental, daging ayam, opor, dan sayur jipang.

3.  Masakan Timlo 

masakan khas solo
www.inibaru. id/

Ternyata nama timlo tidak hanya dipakai oleh grup lawak saja, makanan khas Solo juga ada yang diberi sebutan serupa.

Isian dalam satu porsinya cukup lengkap yaitu hati ampela, daging ayam, sosis daging sapi khusus, dan telur pindang.

Adapun salah satu bahannya mirip martabak dengan bungkus kulit lumpia. Isiannya tentu berbeda yaitu dada ayam yang sudah disuwir-suwir.

Satu porsi lengkap memang ditawarkan dengan harga yang sedikit berbeda tiap warung makan tetapi umumnya masih dibawah kisaran 20 ribu saja.

Kuliner ini dapat dijadikan sebagai sarapan karena beberapa penjual sudah buka sejak pukul enam pagi.

4.  Menyantap tahu kupat 

makanan khas solo dan pmbuatannya
merahputih. com

Ketupat merupakan salah satu menu yang selalu dihidangkan saat hari raya oleh masyarakat, tetapi untuk menyantap hidangan ketupat bisa kapan saja karena beberapa penjual melayani menu-menu ketupat setiap hari.

Salah satu varian makanan khas Solo yang berbahan dasa ketupat yaitu tahu kupat dengan kreasi bumbu kecap spesial menjamin rasa lezatnya.

Bahan-bahan campuran lainnya yaitu tahu goreng, kecambah, mie basah, dan kacang goreng yang ditaburkan di atasnya.

Paket lengkapnya bisa dinikmati bersama kerupuk & telur dadar. Selain harganya yang terjangkau, satu porsinya cukup mengisi perut sebagai hidangan sarapan.

5.  Tengkleng pincuk 

makanan khas solo oleh-oleh
ensiklopediaindonesia. com

Pincuk adalah wadah masakan yang dibuat dari daun pisang sehingga terlihat unik, sementara tengkleng merupakan salah satu jenis masakan yang mungkin sudah Anda kenal.

Masakan tengkleng dibuat dari tulang-tulang dengan sedikit daging, tambahan komposisi umumnya berupa jeroan mata, kuping, pipi kambing.

Ciri utama makanan khas Solo tengkleng adalah bumbunya yang sedap tercampur di kuah kental seperti gulai, sensasi rasanya pedas dari rawit merah, asin, dan gurih.

Anda juga dapat menyambangi tempat tengkleng di Kota Solo yang mempunyai menu sajian lengkap kepala kambing beserta tulang-tulangnya. Cocok dimakan bersama keluarga atau teman.

6.  Sate buntel asal Solo 

makanan khas solo jawa tengah
www.piknikdong. com

Ingin menikmati sajian sate yang berbeda? Silahkan berkunjung ke Kota Solo dan nikmati sate buntel yang unik tampilan serta rasanya dari olahan sejenis pada umumnya.

Jika biasanya sate dibuat dari irisan daging kambing atau ayam, sate buntel adalah olahan daging kambing yang sudah dicincang.

Kata buntel jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia yaitu bungkus, nama ini dipilih karena tampilan sate yang dibungkus lemak sebelum masuk ke proses pembakaran.

Lokasi tempat makan masakan kambing favorit warga bisa Anda dapatkan dari info teman ataupun ulasan online.

7.  Soto gading 

ciri khas makanan khas solo
http://doyanliburan.blogspot. com

Menu soto ini menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya yang dipadukan dengan kuah kaldu kental dijamin menggugah selera makan Anda.

Tenyata, kepopuleran soto gading sudah merambah ke luar kota, beberapa orang penting negeri ini pernah mencoba kelezatan makanan khas Solo yang satu ini.

Untuk menghilangkan rasa lapar para pengunjungnya, tempat makan penyedia soto gading meyediakan menu pelengkap seperti perkedel, tahu empal, sate uritan, ragam rejoan, dan masih banyak lainnya.

8.  Jajanan Serabi 

jajanan khas solo serabi
resepmasakan. org

Cemilan tradisional bercita rasa gurih semacam pancake yaitu serabi bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang berburu kuliner di Solo. Jajanan ini juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh buat teman atau pun keluarga anda di rumah.

Adonannya adalah tepung beras, garam, gula, daun pandan, dan santan sehingga tidak heran jika rasanya gurih dan legit.

Meskipun hampir sama dengan surabi yang ada di berbagai daerah lain yang punya tekstur lembut plus kenyal, ada satu perbedaan yaitu lebih tipis bentuknya.

Karena dibuat secara tradisional tanpa tambahan bahan pengawet makanan, jajanan berwarna putih ini hanya bisa bertahan maksimal 24 jam.

9.  Cabuk rambak 

kuliner di solo cabuk rambak
sarklewer. com

Ketika berjalan-jalan menyusuri indahnya Kota Solo, jangan lewatkan menikmati jajanan cabuk rambak yang sudah cukup susah ditemukan ini.

Cabuk rampak diolah dari bahan baku ketupat beras yang kemudian dibubuhi bumbu wijen, kelapa parut, dan kemiri.

Biasanya dimakan dengan beberapa potongan kerupuk nasi alias karak. Walaupun setiap porsi makananĀ  ini tidak dapat menghilangkan seluruh rasa lapar Anda, tetapi bisa menjadi cemilan pengganjal perut untuk sementara.

Makanan khas Solo yang masuk dalam daftar di atas bisa menjadi referensi untuk Anda yang sedang bersiap berkunjung ke Solo Jawa Tengah.

Untuk mencicipi setiap olahan ataupun jajanan asli daerah Solo tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang karena kebanyakan masakan masih sangat terjangkau harga per porsinya.

Jika masih ingin eksplor lebih banyak jajanan untuk ngemil di Solo, Anda dapat mengambil banyak info dari review orang-orang yang sudah berwisata kuliner di kota tersebut.

Biasanya akan disebutkan pula tempat makan yang direkomendasikan untuk dikunjungi beserta lokasinya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.