makanan khas purwokerto

Makanan Khas Purwokerto yang Enak dan Melegenda

Makanan Khas Purwokerto – Indonesia memang unik, mulai dari orang-orangnya hingga makanannya. Terbukti di setiap daerah selalu ada saja makanan khas masing-masing. Jika sebelumnya saya membahas makanan khas Magetan, pada kesempatan kali ini giliran Kota Purwokerto yang akan saya jelajahi.

Kota Purwokerto terkenal dengan nama Kota Satria, merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas. Lokasinya yang strategis membuat Purwokerto menjadi salah satu tujuan liburan akhir pekan oleh masyarakat yang tinggal di kota tetangga.

Misalnya orang-orang Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara; tak heran jika weekend tiba, kota ini begitu ramai diisi orang-orang yang melepas penat.

Kembali ke topik, seperti darah-daerah lain, Purwokerto juga menawarkan jajanan dan makanan khas yang siap menggoyang lidah Anda. Apa saja itu, yuk kita lihat satu persatu.

1. Makanan Khas Purwokerto: Mendoan

makanan khas purwokerto mendoan

Mungkin tidak asing lagi nama makanan yang satu ini. Ya, mendoan memang menjadi ikon makanan kota Purwokerto. Hampir semua orang bahkan yang tinggal jauh di sana mengenal makanan ini. Jika Anda berkunjung ke Purwokerto, wajib mencoba mendoan ini.

Mendoan terbuat dari bahan tempe yang dipotong tipis-tipis, kemudian diberi bumbu khusus lalu digoreng setengah matang. Sangat enak jika dimakan dalam keadaan masih hangat dan ditambah kecap cabe.

2. Soto Sokaraja

jajanan khas purwokerto

Sokaraja merupakan nama sebuah tempat di Purwokerto. Soto Sokaraja berbeda dengan dengan soto di daerah lain. Yang paling mencolok adalah kuahnya yang sangat kental. Sekali mencoba dijamin bakal ketagihan. Soto ini dimakan menggunakan ketupat yang diberi bumbu kaldu kental dan gurih.

Ada dua rasa yang bisa Anda pilih, yaitu rasa daging ayam dan daging sapi. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp.25.000 untuk satu porsi.

3. Getuk Sokaraja

makanan enak di purwokerto

Jika Anda berkunjung ke Purwokerto, di sepanjang jalan akan ditemui banyak sekali getuk yang dijual d toko-toko. Ya, getuk Sokaraja seakan sudah melegenda dikalangan pecinta kuliner nusantara. Warna cokelat, rasa manis dan tekstur empuk merupakan ciri khas dari makanan ini.

Demikian tadi makanan khas Purwokerto yang bisa Anda coba ketika liburan ke Purwokerto. Semoga bermanfaat