11 Makanan Khas Padang yang Mesti Kamu Coba

Sebelumnya kamu pasti sudah memabaca artikel tentang makanan Aceh dan juga Palembang. Untuk kali ini admin akan membahas makanan khas yang masih satu pulau dengan keduanya, yakni Padang.

Padang, Sumatera Barat mempunyai banyak kuliner yang lezat dan menggoda selera. Hampir semua masakanya identik menggunakan santan.

Salah satunya rendang. Daging yang diolah dengan santan dan berbagai rempah ini mempunyai citarasa yang nikmat.

Kuliner khas padang satu ini juga sudah terkenal hingga ke mancanegara. Selain rendang, Padang juga mempunyai kuliner lain yang akan membuat Anda ketagihan mencicipinya. Berikut ini makanan khas Padang yang akan menggugah selera makan Anda.

Makanan Khas Padang yang Akan Menggugah Selera Makan Anda

Selain santan, penggunaan rempah-rempah pada sebagian besar kuliner khas padang juga membuat kuliner khas padang digemari masyarakat luas. Ini dia daftar masakan khas padan yang istimewa dan lezat.

 Makanan Khas Padang: Rendang 

makanan khas padang yang terpopuler
Rendang Padang | http://www.crossnesia. com

Rendang merupakan Makanan khas padang yang kaya rempah dengan daging sebagai bahan utamanya. Dalam proses pembuatanya, rendang menggunakan santan kelapa dengan campuran bumbu khas seperti lengkuas, jahe, kunyit, cabai, bawang dan bumbu lainya.

Bumbu yang digunakan untuk membuat rendang mempunyai sifat antiseptik yang bermanfaat sebagai pengawet alami. bumbu rendang juga mempunyai aktivitas antimikroba yang kuat sehingga membuat rendang bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

Pada zaman dahulu, rendang hanya disajikan saat pada acara tertentu saja seperti upacara adat untuk menyambut tamu kehormatan.

Setelah itu rendang mulai disajikan saat upacara khitanan, pernikahan, barzanji dan hari besar islam seperti idhul fitri dan idhul adha.

Terdapat 2 jenis rendang yakni rendang basah atau kalio dan rendang kering. Rendang basah adalah rendang yang proses memasaknya cukup singkat sehingga santan belum meresap sempurna.

Daya tahanya juga hanya sekitar satu minggu. Sedangkan rendang kering dibutuhkan proses memasak cukup lama sampai santan mengering dan terserap sempurna.

Daya tahanya juga lama. Pada suhu ruangan rendang bisa bertahan 4 minggu sampai satu bulan. Jika dibekukan bahkan bisa bertahan sampai dengan 6bulan.

 Sate padang 

makanan khas padang selain rendang
Sate Padang | https://www.goodindonesianfood. com

Makanan khas padang ini sebenarnya merupakan perpaduan hidangan khas 3 daerah yakni padang, padang panjang dan padang pariaman.

Ciri khas sate ini yakni menggunakan daging serta lidah sapi sebagau bahan utamanya. Jeroan seperti usus, jantung dan paru juga seringkali digunakan.

Ciri khas lain yakni bumbunya yang terbuat dari racikan bawang merah dan putih, jahe, kunyit, serah dan bumbu pelengkap lainya dimasak bersama kaldu sapi kemudian dikentalkan dengan tepung beras.

 Kuliner Khas Padang: Dendeng balado 

makanan unik khas padang
Dendeng Balado khas Padang | https://oryzagrace. com

Dendeng balado merupakan makanan khas padang yang berupa irisan daging tipis kemudian digoreng garing dan disiram kuah berupa sambal.

Proses pembuatanya daging yang sudah diiris dibumbui cabai kemudian dijemur hingga kering. Lalu di goreng. Secara umum, ada 2 jenis dendeng balado yakni dendeng balado basah dan kering.

Dendeng balado basah mempunyai tekstur berkuah minyak, karena dimasak dengan cara di rebus bersama bumbu cabai sampai hanya menyisakan kuah minyaknya saja.

Sedangkan dendeng balado kering disajikan tanpa kuah. Hanya dengan bumbu cabai yang diletakkan diatasnya.

 Soto padang 

masakan padang
Soto Padang | http://c-dmaz.blogspot. com

Soto padang mempunyai penampilan yang tidak jauh berbeda dibanding soto dari daerah lain. Keunikan soto padang yakni pada daging dan tetelan yang digoreng sebelum diracik bersama kaldu, mie dan bahan-bahan lain.

Daging soto padang dipotong kecil-kecil terlebih dulu dan dibuat menjadi dendeng. Kemudian di goreng. Setelah di goreng, barulah daging siap diracik bersama bahan yang lain.

Komposisi soto padang agak sedkit berbeda dengan soto lainya yakni adanya perkedel kentang didalamnya. Semakin nikmat disantap bersama nasi hangat saat musim hujan.

 Dendeng batokok 

makanan khas minangkabau
Dendeng Batokok | https://rasamasa. com

Dendeng batokok merupakan makanan khas padang yang terbuat dari daging yang dipukuli hingga tipis Batokok dalam bahasa minang artinya dipukul.

 Karupuak sanjai 

oleh oleh khas padang
Kerupuk Sanjai | https://www.makanajib. com

Karupuak sanjai merupakan makanan khas padang sejenis kerupuk berbahan dasar singkong yang diparut tipis kemudian dijemur sampai kering dan digoreng serta diberi bumbu.

Karupuak sanjai terbagi atas 3 jenis yakni tawar berwarna putih dan tanpa bumbu, asin berwarna kuning serta merah berbumbu pedas atau dikenal dengan keripik balado.

Proses membuat karupuak sanjai memang bisa dibilang mudah. Keripik yang berwarna kuning dengan rasa asin dibuat dengan cara merendam potongan keripik singkong pada campuran kunyit, bawang putih dan garam sebelum di goreng.

Sementara keripik pedas diberi bumbu yang terbuat dari campuran cabai, bawang merah dan putih serta gula pasir. Dinamakan karupuak sanjai karena cemilan ini berasal dari nama jalan di bagian utara kota Bukittinggi yakni jalan sanjai.

 Gulai banak 

makanan khas padang
Gulai Banak | http://www.wisataku. id

Gulai banak merupakan makanan khas padang yang memanfaatkan otak sapi sebagai bahan utamanya. Awalnya otak sapi mentah dicuci dengan air bersih kemudian direbus atau dikukus, kulit arinya dibuang kemudian dipotong-potong sebelum akhirnya dimasak.

Bumbu gulai yang dipakai sama dengan gula minang pada umumnya, yakni menggunakan santan, kunyit, cabai merah, serta bumbu dan rempah lainya yang membuat kuahnya berwarna oranye dan kental.

Bedanya dengan gulai biasa, gulai banak menggunakan asam kandis dan daun mangkokan yang dirajang halus. Penggunaan keduanya dimaksudkan untuk mengurangi bau amis otak sapi.

Perpaduan otak yang lembut dengan bumbu gulai yang gurih menghasilkan citarasa khas dan istimewa.

 Gulai paku 

makanan khas padang yang pedas
Gulai Paku | https://merahputih. com

Gulai paku merupakan makanan khas padang berupa gulai dengan bahan dasar daun paku atau pakis yang masih muda.

Gulai paku biasanya disantap bersama ketupat. Kuah gulai paku terbuat dari campuran udang rebus dan santan yang menghasilkan citarasa nikmat dan gurih.

 Kalio daging 

masakan ala padang
Kalio Ati Ampela | https://www.dapurocha. com

Sajian khas padang satu ini sekilas bentuknya mirip dengan rendang daging. Memang, kalio merupakan sebutan memasak rendang setengah jadi.

Dagingnya sangat empuk saat digigit karena proses memasaknya berlangsung lama. Selain itu, bumbu juga meresap sampai kedalam.

 Cancang khas minangkabau 

makanan berlemak khas padang
Cancang Sapi khas Padang | youtube

Cancang merupakan makanan khas padang yang terbuat dari daging sapi. Daging sapi kemudian dipotong kecil-kecil atau dicincang lalu dijadikan gulai.

Daging yang dijadikan bahan utama biasanya bagian yang mengandung banyak lemak. Karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering makan cincang daging padang karena bisa meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Selain daging sapi, cancang juga bisa menggunakan daging kambing sebagai bahan utama. Bumbu yang beraroma wangi dan khas dari hidangan satu ini akan membuat selera makan Anda meningkat.

Kuliner khas padang satu ini memang mempunyai rasa yang nikmat dan istimewa, sehingga seringkali dijadikan sajian utama pada momen besar.

 Gulai tunjang 

kuliner khas padang
Gulai Tunjang khas Padang | https://www.kaskus.co. id

Gulai tunjang atau kikil ini juga merupakan kuliner khas padang yang tidak kalah lezatnya. Kikil haruslah dimasak dengan lama dan menggunakan api kecil untuk membuat teksturnya menjadi empuk dan lembut.

Selain memakai santan kental, gulai tunjang juga menggunakan bumbu yang komplit. Proses perebusan yang lama akan membuat santan berminyak dan berwarna kemerahan karena penggunaan cabe merah dalam bumbu.

Sedangkan bumbu lainya seperti kunyit dan rempah-rempah akan membuat kuah menjadi kekuningan dengan rasa pedas yang menggugah selera.

Itu dia beberapa makanan khas padang yang sayang untuk Anda lewatkan jika berkuncung ke kota Padang atau restoran padang. Manakah yang menjadi favorit Anda?

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.