10 Makanan Khas Medan yang Terkenal

Bepergian ke Medan belum lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner daerah setempat di tengah-tengah kegiatan wisata ataupun perjalanan bisnis.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang hobi berlibur pasti sudah tahu Medan termasuk wilayah penyedia ragam masakan lezat dan oleh-oleh yang cukup beragam jenisnya.

Rencana perjalanan yang singkat tidak memungkinkan bagi Anda mencicipi seluruh olahan asal kota di provinsi Sumatra Utara tersebut sehingga perlu daftar menu makanan khas Medan yang menawarkan cita rasa nikmat untuk dicoba.

Makanan Khas Medan yang Wajib Dicicipi

Macam-macam olahan asal Medan memang menawarkan sensasi kenikmatan sendiri untuk menggugah selera penikmatnya.

Anda dapat menemukan segala jenis varian rasa lokal yang unik dengan mencari banyak informasi tentang menu-menu andalan dari kota tersebut sehingga bisa mempersiapkan rencana secara maksimal.

Masakan manis, pedas, asin, sampai inovasi oleh-oleh yang legit bisa Anda bawa pulang ke kampung halaman. Menu makanan khas Medan apa saja yang perlu dinikmati? Daftar berikut bisa menjadi referensi untuk Anda.

1.  Soto Medan berciri khas santan 

makanan khas medan
Makanan Soto khas Medan | http://indonesian-medan-food.blogspot. com

Soto merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di Indonesia, keberadaanya bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah termasuk Medan Sumatra Utara.

Namun, jangan berharap Anda akan menikmati rasa kuah yang sama seperti soto Jawa karena bumbu-bumbu yang digunakan tentu berbeda setiap wilayah.

Jika banyak daerah menawarkan soto berkuah bening, lain halnya dengan makanan khas Medan yang satu ini karena disajikan dengan kuah bersantan.

Warna soto Medan adalah kuning kehijauan karena dibuat dari beragam bahan & bumbu seperti rempah andalan berupa jintan, daging sampai, sampai udang.

Untuk mendapatkan rasa sajian terbaik, Anda bisa menikmatinya bersama rempeyek udang ataupun perkedel kentang.

2.  Mie bihun bebek 

makanan khas medan dan cara membuatnya
Bihun Bebek khas Medan | https://ksmtour.com

Kabar gembira bagi pecinta olahan serba bebek potong ketika berkunjung ke Medan, salah satu masakan lokal yang wajib dicicipi yaitu bihun bebek.

Menu sajian berkuah yang bisa dinikmati setelah puas menjelajahi keindahan setiap sudut kota, Anda juga dapat memilih menggunakan kuah herbal atau kaldu.

Jika penasaran ingin berkunjung ke warung yang menyediakan menu bihun bebek berkuah unik ini silahkan menelusuri jalan Kumango daerah Kesawan. Harga yang ditawarkan untuk setiap porsi kurang lebih sekitar 60rb rupiah.

3.  Olahan daging lembu 

makanan khas medan sumatera yang terkenal adalah
Bakso Lembu Medan | travelingyuk. com

Jika umumnya bakso dibuat dari bahan baku daging sapi ataupun ayam, berbeda dengan makanan khas Medan yang diolah dari daging lembu.

Masakan lokal favorit yang dimasak bersama tepung terigu & rempah-rempah menciptakan rasa baru yang unik. Salah satu penyedia menu tersebut memberikan kisaran harga 15 ribu rupiah saja per porsi.

Apabila Anda berniat menikmati kuliner murah ini silahkan mampir ke tempat makan yang ada di Medan Maimun. Adapun sajian tidak kalah menarik lainnya adalah bakso goreng renyah & sate kerang.

4.  Kari bihun khas Medan 

makanan khas medan halal
Kari Bihun khas Medan | www.royco.co.id

Saat Anda melintas di jalan Mengkubumi Medan, sebaiknya tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena ada satu kuliner bercita rasa lokal yang wajib dinikmati.

Kari merupakan masakan populer dengan kuah yang kental karena diracik dari bumbu rempah pilihan sehingga menghasilkan aroma sedap dan bercita rasa lezat.

Dengan budget kurang dari 30 ribu, Anda sudah bisa menikmati satu porsi makanan khas Medan berbahan dasar daging ini.

Jika merasa belum cukup mengenyangkan, pembeli bisa menyantap kari bihun bersama nasi yang juga di sediakan oleh pihak penjual.

5.  Rujak Kolam 

makanan khas medan terkenal
Rujak Kolam khas Medan | travelingyuk. com

Rujak memang makanan yang diburu oleh pecinta kuliner pedas dan asam, buah-buahan yang digunakan untuk membuat sajian ini tidak semuanya bercita rasa manis.

Ciri khasnya yaitu siraman sambal di atasnya. Di kota Medan banyak street food yang dapat dikunjungi wisatawan untuk mendapatkan salad asal Indonesia yang segar sekaligus pedas ini.

Nama rujak kolam sendiri terinspirasi dari pelopornya yang membuka stand dekat kolam di wilayah Medan Deli.

6.  Masakan saksang 

makanan khas medan batak
Saksang Medan | https://www.borukaro.com

Apabila Anda belum pernah eksplor kota Medan secara langsung maupun lewat dunia maya, kuliner saksang adalah jenis masakan yang masih asing.

Makanan khas Medan yang satu ini lebih cocok dinikmati oleh kaum non-muslim karena berbahan baku daging anjing, babi, dan kerbau.

Daging dari hewan-hewan tersebut akan dicincang kasar kemudian dicampur dengan racikan bumbu rempah plus santan.

Salah satu hal yang membedakan olahan saksang dengan masakan lokal lainnya yaitu campuran darah hewan sebagai salah satu komponennya.

7.  Bika ambon 

makanan khas medan bika ambon
Jajanan Bika Ambon | https://resepkoki. id

Meskipun namanya bika ambon, kue ini berasal dari Kota Medan. Jika Anda berniat mengakhiri perjalanan dengan berburu makanan khas Medan terutama bika ambon jangan kuatir kehabisan karena setiap sudut kota terdapat toko yang menyediakan panganan yang satu ini.

Salah satu spot yang bisa dituju adalah jalan Mojopahit yang cukup dikenal oleh para pelancong, Anda hanya perlu memilih varian rasanya yaitu original, moka, pandan, ataupun pandan keju dari toko yang menawarkan produk yang bertekstur lembut, halal, dan rasanya lezat.

8.  Teri Medan 

akanan khas medan apa
Teri khas Meda | Tokopedia. com

Masih belum menemukan buah tangan untuk dibawa pulang dari Kota Medan? Teri medan bisa menjadi opsi terbaik karena dapat bertahan lebih lama.

Makanan khas Medan berbahan dasar ikan teri ini dipasarkan oleh pedagang pasar tradisional yang berpusat di Pasar Sentral.

Apabila Anda penasaran dengan beragam jenis teri seperti ikan teri nasi & teri tauge datanglah ke pasar tersebut. Adapun kemasan produk olahan yang lebih praktis yaitu teri bajak asli kota Medan.

9.  Manisan buah jambu 

makanan khas medan buat oleh oleh
Manisan Jambu | http://resepmasakannusantaraoriginal.blogspot. com

Selama berada di ibukota provinsi Sumatra Utara, Anda bisa mengunjungi pedagang yang menawarkan manisan buah yang segar ketika dikonsumsi.

Salah satu buah yang sering digunakan untuk manisan adalah jambu. Makanan khas Medan berupa manisan jambu biji ini dapat dipilih menjadi jajanan oleh-oleh yang spesial.

Agar dapat bertahan maksimal selama tiga hari ke depan, pembeli disarankan memilih manisan dengan bentuk masih utuh. Toko manisa terkenal di Medan bisa anda ketahui lokasinya melalui dunia maya hanya dalam hitungan detik.

10.  Sirup markisa 

masakan khas medan enak
Sirup Markisa via Youtube.com

Selain masakan dan jajanan khas, Medan juga mempunyai jenis minuman yang bisa dicoba yaitu sirup yang berasal dari buah markisa.

Sensasi rasanya yang manis & segar membuat banyak orang beramai-ramai membelinya untuk dibawa pulang. Banyak merk yang dijual di pasaran, Anda harus bijak dalam memilih produk yang berkualitas baik.

Beberapa jenis makanan khas Medan mulai dari masakan, buah tangan, sampai minuman sudah dibahas melalui poin-poin di atas.

Kini, Anda hanya perlu menyeleksinya untuk masuk dalam daftar tempat yang akan disambangi saat berwisata kuliner nanti.

Dengan mengumpulkan informasi lengkap lainnya seperti harga makanan, warung makan terbaik, sampai biaya transportasi akan muncul besaran budget yang perlu disiapkan sehingga Anda bisa mulai menabung terlebih dahulu agar rencana liburan tidak terganggu dengan kebutuhan lainnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.