👍 10 Makanan Khas Maluku yang Terkenal Hingga Mancanegara

Indonesia merupakan negara dengan sejuta keindahan, suku dan budaya. Semua wilayah di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing yang membedakan daerah satu dengan daerah yang lain.

Salah satu daerah Indonesia yang mempunyai ciri khas yaitu Maluku. Kota yang menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya ini merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan pulau-pulaunya yang indah dan makanan khasnya yang berbahan dasar ikan.

Hal ini di karenakan wilayah Maluku yang kelilingi oleh hamparan lautan.

Makanan Khas Dari Maluku

Maluku memang terkenal dengan sagu sebagai makanan pokoknya yang dipadukan dengan ikan. Makanan khas Maluku tersebut mempunyai cita rasa tersendiri dan pastinya belum tentu ditemukan di wilayah lain di Indonesia. Misalnya di Pulau Bali dan Jawa.

Adapun makanan yang menjadi ciri khas Kota Maluku yang wajib Anda coba antara lain:

 Ikan Kuah Pala Banda 

makanan khas maluku
http://www.aktual. com

Ikan Kuah Pala Banda merupakan makanan asli dari Kepulauan Banda, Maluku. Makanan ini dahulu disajikan untuk tamu-tamu penting yang berkunjung ke Maluku dan menjadi sajian utama.

Ikan ini dibumbui dengan berbagai jenis rempah yang bisa menggugah selera dan bisa memberi rasa segar saat memakannya. Ditambah lagi bumbu pala yang bisa menambah kuah ikan semakin nikmat dan lezat.

 Makanan Khas Maluku: Gohu Ikan 

makanan khas maluku mudah dibuat
https://akurat. co

Gohu ikan merupakan makanan yang sejenis dengan makanan khas Jepang yaitu sashimi. Bahkan masyarakat lebih mengenal Gohu ikan sebagai sashimi Ternate.

Ikan yang digunakan merupakan ikan tuna yang terkenal dengan kandungan gizinya yang tinggi.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Daging ikan tuna dipotong kecil-kecil. Pastikan ikan yang digunakan merupakan daging tuna segar.

Kemudian jeruk nipis, daun kemangi, minyak kelapa, garam, dan cabe rawit yang diiris kecil campurkan dengan ikan tuna tadi.

Aduk hingga semua bumbu bercampur jadi satu. Supaya lebih nikmat tambahkan kacang tanah goreng yang sudah ditumbuk kasar.

 Masakan Khas Maluku: Papeda  

jajanan khas maluku utara
gregoriawinn.wordpress. com

Makanan khas Maluku lainnya adalah Papeda. Makanan tersebut berbahan dasar dari sagu. Papeda sebetulnya merupakan bubur sagu karena dibuat dari tepung sagu yang dilarutkan dengan air panas.

Saat mencampurnya, tepung sagu harus sambil diaduk supaya papeda memiliki tekstur yang lembut dan mengental.

Papeda sendiri disajikan dengan ikan kuah pala Banda atau ikan kuah kuning. Untuk menikmati papeda tidak perlu menggunakan sendok.

Anda langsung makan dengan menggunakan tangan. Untuk mengambilnya harus menggunakan sumpit supaya lebih mudah karena tekstur papeda yang lengket.

Bagi yang ingin diet, papeda sangat cocok dan dinilai lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih.

 Sagu Woku Komo-Komo 

makanan khas maluku utara
www.gulalives. co

Sagu woku komo-komo merupakan makanan khas Maluku yang sangat unik. Anda pasti sudah menyadari kalau makanan ini berbahan dasar sagu.

Di samping itu, serai, jahe, bawang putih, dan jeroan ikan menjadi bahan pelengkap makanan ini. Sebagi pembungkus, makanan ini menggunakan daun woku.

Di Maluku sendiri, daun woku merupakan daun yang digunakan untuk membungkus berbagai jenis makanan.

Dipastikan menyesal jika tidak mencobanya karena makanan ini mempunyai cita rasa yang legit dan sangat cocok dinikmati dengan papeda atau nasi.

 Nasi Lapola 

makanan berat khas maluku
https://www.youtube.com/watch?v=LixVDfqlzBY

Makanan selanjutnya adalah nasi lapola. Makanan ini menjadi sesuatu yang menarik karena ternyata masyarakat Maluku ada yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas Maluku ini adalah beras putih, kacang tolo, jeruk nipis, cabai, dan kelapa muda parut.

Untuk memasaknya harus menggunakan api kecil agar nasi masak dengan sempurna. Nasi dimasak hingga setengah matang setelah itu tambahkan kelapa parut yang sudah dicampurkan bumbu-bumbu tadi.

Kemudian kukus hingga matang. Masyarakat Maluku menikmati kudapan tersebut dengan lalap mentah atau olahan ikan teri atau tongkol.

 Sambal Colo-Colo 

makanan pedas maluku
id.tastemade. com

Sambal colo-colo adalah makanan pelengkap atau pendamping layaknya sambal-sambal pada umumnya. Tidak lengkap rasanya makan tanpa sambal.

Semua percaya kalau sambal merupakan pelengkap makan yang semakin bisa menggugah selera. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah tomat muda, jeruk nipis, cabe rawit, bawang merah, dan garam.

Cara membuatnya sangat mudah. Cukup dengan mencampur semua bahan tadi kemudian tambahkan sedikit air hangat.

Untuk tambahan, beri sedikit kecap manis supaya ada rasa manis pada sambal. Bisa ditambahkan dengan kemangi. Sambal colo-colo bisa dinikmati dengan ikan goreng, ikan bakar, dan ubi rebus.

 Bubur Sagu Ubi 

oleh-oleh khas maluku
resepmasakanindonesiaku. info

Makanan khas Maluku yang bisa menjadi hidangan wajib untuk dicoba yaitu bubur sagu ubi. Kalau Anda mengenal kolak maka seperti itulah bubur sagu ubi.

Perbedaannya terletak pada sagu yang menjadi bahan tambahan untuk membuat bubur tersebut. Aroma wangi dari daun pandan dan rasa manis dari gula pasir dan gula merah pasti sulit untuk ditolak dari bubur ini.

Sebagai kuah, ditabahkan santan kental yang menambah cita rasa gurih bubur sagu ubi ini. Di tambah dengan taburan kacang kenari yang membuat lidah semakin ingin menyantapnya.

 Sagu Gula 

kuliner khas maluku pinggir jalan
travel.kompas.com

Menjadikan sagu sebagai makanan pokok membuat masyarakat Maluku berpikir kreatif untuk membuat olahan berbahan dasar sagu.

Salah satu olahan dan menjadi makanan khas Maluku adalah sagu gula. Kuliner ini layaknya kue. Bentuk dari sagu ini mirip dengan kue pancong dari Jakarta dan diberi topping gula merah yang sudah dicairkan.

Kudapan ini biasanya disantap sebagai teman minum kopi saat sore hari.

 Kohu-Kohu 

urap khas maluku
sportourism. id

Kohu-kohu merupakan makanan khas Maluku yang mirip dengan urap. Yang membedakan kohu-kohu dengan urap terletak pada adanya suwiran ikan cakalang sebagai bahan tambahan dan menambah cita rasa.

Bukan hanya ikan, kohu-kohu biasanya juga menambahkan ubi jalar yang direbus, pisang, talas, dan singkong.

Sedangkan bahan utamanya adalah sayuran berupa tauge, timun, kemangi, dan kacang panjang. Semua sayuran tersebut dicampur dengan bumbu seperti perasan air jeruk nipis, bawang putih, bawang merah, cabai, dan tentunya suwiran ikan cakalang yang sudah dicampur dengan kelapa parut.

Sungguh perpaduan yang sangat sempurna dan sulit untuk menolak cita rasa yang ditawarkan.

 Ikan Komu Asar 

makanan laut khas maluku
inisayadanhidupsaya.wordpress. com

Ikan komu asar adalah makanan khas Maluku yang wajib dicoba jika berkunjung ke sana. Asar sendiri berarti asap. Jadi ikan diolah dengan cara di asap.

Ikan yang digunakan bisa dari berbagai jenis ikan diantaranya tuna, tongkol, cakalang, dan komu. Sebelum di asar, ikan sudah diberi bumbu khas dari Maluku.

Sangat gampang untuk mendapatkan ikan komu asar di Maluku karena banyak toko oleh-oleh atau tempat makan yang menyediakannya sebagai hidangan.

Ikan komu asar juga sudah dipatenkan menjadi makanan asli dari Maluku. Jadi masukkan ikan komu asar ke dalam daftar makanan yang wajib dicoba.

Masih ada banyak sekali makanan khas Maluku yang wajib dicoba. Sebagai masyarakat Indonesia sebaiknya ikut melestarikan budaya Indonesia salah satu caranya adalah dengan makan-makanan khas dari wilayah Indonesia. Jangan hanya makan dari negara barat saja.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.