9 Makanan Khas Malang Paling Rekomended Buat Para Pelancong

MAKANAN KHAS MALANG – Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat menarik yang ada di setiap daerahnya seperti di Pulau Bali, Pulau Batam, Pulau Nusa Tenggara Barat, Pulau Jawa, dan lain sebagainya.

Ada salah satu Kota di Pulau Jawa yang memiliki daya tarik karena di dalamnya terdapat cukup banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kota Malang ini letaknya berada di Provinsi Jawa Timur, dan hampir berdekatan dengan Kota Surabaya dan juga Kota Sidoarjo.

Kota Malang merupakan Kota yang cukup besar di Pulau Jawa karena memiliki luas wilayah sekitar 252.10 km kubik. Malang termasuk daerah berdataran tinggi, sehingga cuacanya cukup dingindan sejuk.

Berkunjung ke Malang tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba makanan khas yang ada di sana.

Nah, pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi kepada anda rekomedasi makanan khas Malang yang enak dan tentu saja ramah kantong. Berikut ini ulasannya.


Aneka Makanan Khas Malang


Kota Malang terletak di daerah dataran tinggi yang memiliki udara yang cukup sejuk. Dengan adanya udara yang sejuk dan juga pemandangannya yang sangat indah, memang tidak akan lengkap rasanya jika tidak menikmati aneka kuliner khas Malang.

 1. Cwie Mie  

Makanan khas malang enak

Makanan yang pertama yaitu Cwie Mie. Mie ini merupakan mie khas Malang yang terbuat dari selada dan daging ayam yang dihaluskan.

Selain itu penyajiannya juga menggunakan bawang goreng sehingga rasanya jauh lebih nikmat dan juga lezat. Berbeda dengan bumbu ayam yang biasanya di jual di pasaran, Cwie Mie dibumbui dengan bumbu yang polos dan juga sedikit asin.

Memang sangat cocok disantap sambil menikmati udara sejuk Kota Malang.

 2. Rawon  

Rawon malang

Makanan yang kedua yaitu Rawon. Rawon merupakan makanan khas Malang yaitu sup daging sapi yang memiliki kuah yang berwarna hitam.

Warna hitam yang ada di makanan Rawon ini berasal dari kluwek yaitu bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk membuat rawon.

 3. Orem-Orem  

Jajanan Malang Gurih

Makanan yang ketiga yaitu orem-orem. Makanan ini adalah ketupat yang ditambah dengan tauge, kemudian tempe, ayam, dan juga kentang lalu disiram dengan kuah santan yang sangat kental. Makanan ini menjadi salah satu makanan favorit yang ada di Kota Malang.

 4. Bakso Malang  

Bakso Malang enak

Makanan yang keempat yaitu bakso Malang. Bakso Malang mungkin bisa Anda jumpai dimana saja bahkan di beberapa kota pun juga sudah banyak yang menjual bakso Malang ini, namun di Malang sendiri tentu memiliki cita rasa yang berbeda. Apalagi adanya bakso Malang yang sudah sangat terkenal bahkan dari tahun 1977 yaitu Bakso President.

 5. Menjes Tempe  

Tempe menjes malang

Makanan yang kelima yaitu menjes tempe. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari ampas tahu yang kemudian difermentasikan sama dengan pembuatan tempe.

Jika dilihat dari bentuknya, mungkin Anda yang baru melihatnya sama seperti tempe pada umumnya, akan tetapi jika Anda menikmatinya maka teksturnya jauh lebih lembut dibandingkan dengan tempe.


Makanan Khas Malang Tempo Dulu


Di atas merupakan beberapa contoh sebagian dari makanan khas Malang yang menarik untuk Anda coba jika Anda sedang berkunjung ke Kota Malang.

Selain itu di Malang juga masih memiliki beberapa makanan khas Malang tempo dulu yang kini masih cukup terkenal di Kota Malang. Berikut ini beberapa contohnya :

 1. Toko Oen  

Toko Oen Malang

Toko Oen ini merupakan toko yang menjual es krim yang cukup terkenal, bahkan sudah sangat terkenal dari sejak zaman dahulu yaitu sekitar tahun 1930.

Namun kini di Toko Oen ini juga menyediakan makanan lainnya seperti sandwich, bakmi, sate, nasi goreng, dan lain sebagainya.

 2. Bakso Bakar  

Makanan enak di malang

Bakso bakar ini juga merupakan makanan yang sudah sejak zaman dahulu sudah sangat terkenal. Dengan udara yang dingin di Kota Malang maka sangat cocok sambil menikmati bakso bakar yang lezat ini.

 3. Es Puter  

Es Puter Malang
http://brianardianto.blogspot.com

Es puter Malang juga terkenal sejak zaman dahulu. Es ini berisi es krim, serutan kelapa muda, agar-agar, dan mutiara.

 4. Bakpao Telo  

Bakpao Telo Malang

Bakpao ini adalah bakpao yang terbuat dari ubi dan sudah menjadi makanan khas sejak zaman dahulu dan harganya hanya sekitar Rp 3.000,- saja.

Itulah beberapa penjelasan tentang aneka makanan khas Malang mulai dari makanan-makanan tradisional nya, kemudian makanan tempo dulu yang masih terkenal, lalu minuman khas Malang dan lain sebagainya yang tidak boleh sampai Anda lewatkan jika Anda sedang mengunjungi Kota Malang ini.

Bahkan di Kota Malang ini juga terdapat salah satu makanan yang sedang cukup terkenal di Kota Malang yaitu adanya Malang Strudel. Makanan khas Malang Strudel ini merupakan kue lapis yang di dalamnya berisi buah-buahan yang sangat lezat.

Makanan ini merupakan makanan yang dimiliki oleh artis Teuku Wisnu, bahkan dengan kehadiran Malang Strudel ini membuat Kota Malang menjadi semakin terkenal dan banyak didatangi oleh wisatawan-wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini.

Jadi, tunggu apalagi, Yuk ke Kota Malang dan selamat mencoba makanan khas Malang nya yang lezat-lezat! Oh ya, kami juga merekomendasikan tempat katering Malang jika kamu membutuhkan jasa katering di Malang yang murah.