10 Makanan Khas Lombok Terenak yang Mesti Kamu Lahap

Lombok merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal akan pariwisata alamnya. Pantai-pantai berpasir putih di wilayah ini merupakan favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Akan tetapi, wisata alam bukanlah satu-satunya hal menarik yang dapat Anda temukan di pulau ini.

Makanan khas Lombok yang menjunjung citarasa khas pulau ini juga patut Anda cicipi jika ingin mendapatkan pengalaman berlibur di Lombok yang otentik. Mari kita simak apa saja pengalaman kuliner yang ditawarkan pulau menawan ini.

10 Makanan Khas Lombok yang Harus Anda Cicipi

Lombok menawarkan keragaman kuliner yang mencerminkan selera lidah penduduknya. Makanan khas Lombok cenderung memiliki rasa rempah-rempah nusantara yang kuat. Penduduk dari pulau ini juga sangat menyukai masakan pedas.

Apabila Anda menyukai makanan dengan karakteristik tersebut, tentunya Anda akan sangat menikmati kuliner dari wilayah ini. Berikut ini merupakan beberapa makanan asli daerah Lombok yang patut Anda cicipi.

  Kuliner Khas Lombok: Ayam Taliwang 

makanan khas lombok
Ayam Taliwang | https://www.idntimes. com

Tentunya Anda pernah mendengar jenis masakan yang satu ini. Ayam Taliwang sudah cukup dikenal di seluruh penjuru nusantara, seperti di Pulau Bali. Karena memang rasanya yang enak dan dagingnya empuk.

Masakan ini berasal dari sebuah kampung bernama Karang Taliwang yang terletak di Kota Mataram. Rasa rempah dalam Ayam Taliwang sangatlah kuat hingga ia cocok sekali disantap dengan sepiring nasi sebagai lauk.

Anda dapat mencium dan merasakan kencur, cabai, dan bawang yang dibalurkan ke ayam pada saat di bakar. Ayam Taliwang sering kali disajikan dengan beberuk terong dan plecing kangkung.

 Sate Bulayak 

makanan khas lombok timur
Sate Bulayak | http://beritahati. com

Sate merupakan hidangan yang dapat ditemukan di berbagai wilayah seantero Indonesia. Akan tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan makanan khas Lombok ini digemari khalayak luas.

Sate bulayak menyajikan citarasa yang beragam dalam setiap gigitannya. Rasa asin, manis, dan pedas berbaur secara harmonis dalam sate yang berbahan dasar daging dan jeroan sapi ini.

Sate ini disebut dengan nama sate bulayak karena disajikan dengan bulayak atau lontong kecil yang dibalut dengan daun enau atau aren.

Sate ini disajikan dengan bumbu saus kacang yang pedas dan sangat kuat rempah-rempahnya. Memakannya dengan bulayak yang gurih sungguhlah nikmat.

 Nasi Balap Puyung 

kuliner khas lombok
Nasi Balap Puyung | https://www.flickr.com/photos/[email protected]/33233477660/in/photostream/

Nasi balap Puyung merupakan makanan khas Lombok lain yang telah mulai dikenal oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Makanan ini berasal dari sebuah kampung yang bernama Kampung Puyung di wilayah Lombok Tengah. Komposisi dari masakan ini adalah seporsi nasi putih hangat yang disajikan dengan suwiran ayam pedas, sambal, dan kedelai goreng.

Beberapa penjual menambahkan oseng buncis dan kentang pada sajian ini. Meskipun komposisinya sangat sederhana, Anda tidak bisa menyangkal bahwa nasi balap memiliki citarasa yang sangat kaya dan cocok untuk mengisi perut di pagi hari.

 Kelak Sebie 

jajanan khas lombok
Kelaq Sebie khas Lombok | https://beritagar. id

Apabila Anda suka mengonsumsi sayuran dan menyukai rasa pedas, kelak sebie merupakan makanan khas Lombok yang patut Anda cicipi.

Bahan utama dari masakan sayur ini adalah sebie atau dalam bahasa Sasak berarti cabe hijau. Anda akan menikmati sekali citarasa yang ditawarkan.

Rasanya pedas menggelegar karena cabe yang menjadi bahan dasarnya diimbangi dengan rempah-rempah yang rasanya menonjol seperti terasi, bawang putih, dan santan kental.

Seringkali, kelak sebie ditambahkan bahan lauk seperti ikan tongkol dan terong untuk meningkatkan citarasanya.

 Sate Rembiga 

makanan khas lombok yang enak
Sate Rembiga | https://backpackerjakarta. com

Sate rembiga merupakan bentuk hidangan sate yang juga cukup populer seperti halnya sate bulayak. Sate ini memiliki rasa pedas dan manis, membuatnya cocok menjadi hidangan lauk.

Masakan ini berbahan dasar daging sapi yang empuk dan nikmat di lidah. Bumbu yang digunakan dalam proses memasaknya cukup sederhana, seperti cabe dan bawang.

Akan tetapi, bumbu tersebut dibalur dan didiamkan pada daging sate hingga meresap ke dalamnya. Anda dapat menemukan sate rembiga yang lezat di beberapa wilayah di Lombok.

 Beberuk Terong 

oleh oleh khas loimbok
Beberuk Terong | layalli.wordpress. com

Apakah Anda bosan dengan makanan yang terbuat dari daging dengan kandungan lemak dan protein hewani yang tinggi? Terdapat makanan khas Lombok yang terbuat dari sayuran dengan rasa yang tidak kalah dengan masakan dari daging, salah satunya adalah beberuk terong.

Hidangan pelengkap ini mencampurkan irisan terong dan kacang panjang segar dengan sambal tomat yang terasa pedas.

Ketika Anda melahapnya, lidah Anda akan terasa segar kembali. Beberuk terong biasa disajikan dengan lauk-lauk berbahan dasar daging untuk mengurangi rasa jenuh.

 Plecing Kangkung 

makanan khas lombok yang murah
Plecing Kangkung | bestindonesiafoods. com

Plecing kangkung juga merupakan makanan khas Lombok berbahan dasar sayuran yang seringkali disajikan dengan lauk-lauk berat seperti sate dan ayam taliwang.

Masakan ini memadupadankan kangkung yang direbus dalam waktu singkat dengan sambal tomat yang sedap. Tekstur kangkung yang masih renyah menambah kenikmatan Anda dalam memakan hidangan ini.

Sambal tomat dalam masakan ini tidak hanya terasa pedas, namun juga segar karena asam yang ditambahkan untuk meningkatkan citarasanya. Anda dapat memakannya dengan nasi dan lauk maupun menikmatinya sebagai makanan utama.

 Kelepon Kecerit 

cemilan khas lombok
Kelepon Kecerit | https://www.sumber. com

Kelepon seringkali kita temukan di berbagai pelosok pulau Jawa. Suku Sasak di Lombok juga mempunyai kelepon versi mereka sendiri yang disebut kelepon kecerit.

Makanan ini terbuat dari adonan tepung beras yang diberi pewarna alami hijau. Adonan dibentuk bulat dan di dalamnya diberi isian gula merah.

Setelah dikukus gula merah akan mencair dan akan “kecerit” saat digigit. Berbeda dengan kelepon di daerah lain, kelepon kecerit tidak sepenuhnya dibalur dengan parutan kelapa. Anda dapat menemukannya di pasar-pasar tradisional di Lombok.

 Jajanan Khas Lombok: Jaje Reket 

makanan lebaran khas lombok
Jaje raket | www.kata.co. id/

Jaje reket merupakan salah satu makanan khas Lombok yang termasuk dalam kategori jajanan pasar. Makanan ini terbuat dari ketan putih atau ketan hitam yang dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus.

Ketan dimasak dengan dibubuhi bumbu ragi sebelumnya agar terasa lebih legit di lidah. Salah satu cara penyajian yang dikenal masyarakat adalah membakar jaje reket sebelum disantap.

Jaje reket yang sudah dibakar disebut sebagai timbung oleh masyarakat Lombok. Metode masak membakar menimbulkan citarasa yang khas terhadap jaje reket. Anda dapat membelinya untuk buah tangan bagi keluarga di rumah.

 Goro-goro 

cemilan enak khas lombok
Goro Goro | sasambotour. com

Goro-goro juga merupakan makanan khas Lombok yang masuk dalam kelompok kudapan ringan. Anda biasanya dapat menemukan goro-goro dengan mudah saat bulan puasa dan lebaran.

Camilan ini dibuat dari tepung beras dan santan sehingga tercipta rasa gurih. Awalnya tepung beras dikukus sebelum dicampurkan santan.

Sebelum digoreng, kapur sirih akan ditambahkan untuk membuat teksturnya lebih renyah. Bentuk goro-goro sangatlah indah seperti bunga. Anda dapat membelinya di toko camilan untuk dibawa sebagai oleh-oleh bagi orang-orang terkasih.

Makanan khas Lombok sangatlah beragam, mulai dari makanan berat berbahan dasar daging, sayuran yang segar dan renyah, hingga camilan yang kaya rasa. Apabila Anda mengunjungi tempat ini, tidak ada salahnya melakukan eksplorasi terhadap khazanah kuliner setempat. Anda tidak akan merasa kecewa!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.