9 Makanan Khas Jawa yang Nikmat dan Kaya Rasa

Negara Indonesia tidak hanya kaya akan budaya dan bahasa saja, ada beragam makanan khas yang siap dinikmati kelezatannya di setiap daerah.

Kuliner sambil menjelajah kota memang sangat menyenangkan untuk mengenal rasa-rasa baru yang dihasilkan oleh rempah-rempah asli Indonesia. Biasanya kegiatan mencicipi makanan daerah adalah satu hal yang tidak boleh dilewatkan termasuk beragam olahan & cemilan Suku Jawa.

Meskipun tergabung dalam satu suku, bukan berarti makanan satu dan lainnya sama rasanya dengan makanan sejenis dari daerah lain. Itulah salah satu karya unik dari bumbu rempah yang sangat beragam. Apa saja makanan khas Jawa yang wajib dicoba?

Makanan Khas Jawa Nikmat & Kaya Rasa

Sebagai wilayah yang dihuni banyak penduduk, Jawa mempunyai segudang masakan khas nusantara yang legendaris tersebar di berbagai provinsi.

Anda akan disuguhi makanan dengan cita rasa lengkap dari mulai manis, pedas, dan asin yang merupakan salah satu ciri khas dari makanan Jawa.

Lalu, kuliner khas Jawa apa yang wajib dimasukkan dalam agenda jalan-jalan? Semua makanan legendaris dari berbagai kota dijelaskan lengkap pada poin di bawah.

1.  Jajanan lumpia Semarang 

makanan khas jawa

Ketika berkunjung ke Ibukota Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk mencicipi lumpia hangat yang banyak dijual di Semarang.

Untuk menemukan makanan khas Jawa yang satu ini tidaklah sulit, Anda bisa langsung menuju pusat lumpia yang berada di pandanaran, pemuda, dan jalan-jalan di Kota Semarang lainnya.

Salah satu solusi mencari penjual lumpia yang menawarkan harga hemat dengan kualitas produk yang tahan lama untuk dibawa sebagai oleh-oleh, lihat beberapa review netizen di dunia maya sebagai referensi. Isian makanan ini beraneka ragam seperti sayuran, daging ayam, udang, dan telur.

2.  Mendoan tipis & lebar 

makanan khas jawa pedas
http://resephariini. com

Tempe adalah salah satu bahan makanan yang populer di Jawa, berbagai makanan sukses menarik banyak penggemar terbuat dari makanan fermentasi kedelai tersebut.

Jika Anda ingin menemukan cemilan kenyang yang berbahan dasar tempe, silahkan berkunjung ke Purwokerto yang merupakan daerah bagian provinsi Jawa Tengah. Nama cemilan legendaris Purwokerto yang cukup populer yaitu mendoan.

Penyajiannya cukup mudah yaitu membubuhi tempe yang sudah diiris tipis dengan tepung, kemudian goreng di minyak panas sampai kering. Jenis makanan khas Jawa asala Banyumas ini lebih nikmat dikonsumsi saat hangat dengan sambal.

3.  Enting-enting 

jajanan khas jawa tengah
rumah-cantika.blogspot. com

Enting gepuk adalah jajanan asli Salatiga yang bercita rasa unik, termasuk dalam cemilan tradisional yang sudah lama diperkenalkan.

Bahan yang digunakan yaitu kacang tanah yang ditumbuh halus lalu dipadatkan kembali menjadi satu kesatuan dengan perekat gula jawa yang manis.

Jika Anda menyambangi Salatiga silahkan mencoba jajanan daerah yang satu ini yang dibandrol dengan harga murah meriah dan cocok untuk oleh-oleh ketika pulang ke daerah.

4.  Rawon lezat & segar 

makanan khas jawa paling enak
satujam.com

Bagi Anda yang menyukai makanan berkuah, jangan lewatkan menyantap hidangan rawon ketika berada di Jawa Timur tepatnya Pasuruan. Berbeda dengan soto yang menyajikan kuah berwarna terang, rawon identik dengan kuah berwarna gelap.

Kelezatan makanan khas Jawa yang satu ini memang tiada duanya karena dibuat dari daging sapi berpadu dengan kuah yang kaya akan rempah pilihan. Bahan tambahan lainnya berupa kecambah, sambal, bawang yang sudah digoreng, dan kerupuk.

5.  Rujak Cingur 

rujak cingur jawa
id.tastemade. com

Beragam rujak di tiap daerah memang hampir sama komposisinya yaitu sayuran, lontong, tempe, dan tahu yang disiram sambal. Makanan khas Jawa Timur ini sedikit berbeda dari rujak yang ada di daerah lainnya karena sambal kacangnya ditambahkan petis.

Adapula penjual rujak cingur yang memberikan tambahan parutan pisang muda & kulitnya. Jika Anda menyukai olahan bersambal selain rujak, silahkan mencicipi nasi pecel asli dari daerah paling timur Suku Jawa ini.

meskipun nasi pecel cukup umum, tetapi racikan masakannya tetap saja berbeda antara satu wilayah dengan yang lainnya.

Pecel khas Madiun dapat dicoba karena keistimewaan sambal kacangnya yang super lezat dan cocok untuk dinikmati pagi, siang, ataupun sore hari.

6.  Gudeg & krecek Jogja 

Makanan khas jawa dan pembuatannya
www.goodindonesianfood. com

Salah satu kota tidak pernah sepi wisatawan adalah Jogjakarta yang merupakan daerah yang diistimewakan.

Ketika Anda mengunjungi Jogja akan terasa suasana tenang dengan penduduk sekitar yang ramah seperti kampung halaman sendiri. Sebagian besar orang sudah mengenal makanan khasnya yaitu gudeg dan krecek.

Gudeg merupakan olahan yang dibuat dari buah nangka yang masih muda yang dibumbui dengan racikan yang pas. Tersedia gudeg kering, basah, ataupun Manggar sehingga pembeli bisa memilih varian mana yang cocok untuk dibawa pulang.

Sementara krecek adalah sambal pelengkap gudeg yang berbentuk seperti kerupuk ketika belum dimasak.

7.  Cemilan yangko dan bakpia 

Jajanan khas jawa tengah
http://katalogkuliner. com

Jika Anda berjalan-jalan di sepanjang Malioboro akan banyak makanan khas Jawa yang bisa dinikmati termasuk jajanannya. Yangko mempunyai bentuk kotak yang belum berubah sama sekali, rasanya manis plus gurih dengan tekstur kenyal & lembut.

Sebagian besar toko oleh-oleh di Yogyakarta menjual jajanan berciri khas taburan tepung ini. Sementara itu, bakpia pathok bisa disebut paling populer dikalangan pengunjung karena dapat dibeli untuk buah tangan.

Anda bisa memilih bakpia kering yang tahan lama jika perjalanan pulang membutuhkan waktu sampai sehari. Sekarang varian rasa bakpia tidak hanya coklat & kacang hijau saja, rasa barunya beragam seperti ubi, durian, susu,dll.

8.  Gado-gado Jawa 

kuliner khas jawa
www.taste.com.au

Gado-gado populer dikalangan masyarakat Jawa bahkan sampai mancanegara dan menjadi kuliner favorit untuk disantap karena sangat enak rasanya.

Anda yang tidak menyukai aneka sayuran akan diajak memakan aneka daun-daun hijau yang ada di dalam makanan gado-gado dengan rasa yang lebih nikmat.

Jika dilihat sekilas, makanan khas Jawa ini menyerupai pecel ataupun ketoprak dari jenis sambalmya yaitu sambal kacang.

Salah satu daerah yang menyediakan gado-gado istimewa yaitu Jawa Timur. Jenis sayur yang digunakan beragam seperti ketimun, toge, kangkung, dll. Ciri lainnya adalah tambahan potongan tempe & tahu yang sudah dipotong dadu berukuran kecil.

9.  Urap-urap 

Kuliner jawa yang pas dimakan saat santai
Youtube. com

Olahan suku Jawa lainnya yang tidak kalah istimewa yaitu urap-urap, yang dikenal juga dengan sebutan kluban.

Meskipun diracik dari bahan-bahan sayuran hijau yang umum seperti kacang panjang, daun ketela pohon, daun papaya, mlandingan, dan sayur lainnya rasanya sangat menggoda lidah terutama jika dihidangkan dengan nasi hangat.

Ciri utama makanan khas Jawa urap-urap yaitu sambalnya yang dibuat dari parutan buah kelapa yang dicampur bumbu-bumbu khusus.

Itulah beberapa contoh makanan khas Jawa dari masing-masing daerah. Apabila Anda berniat untuk mencicipi semua makanan sampai cemilan di tiap daerah yang ada di Jawa, maka butuh waktu yang panjang karena berjumlah sangat banyak.

Dengan melihat kuliner masakannya saja, Indonesia bisa dibilang salah satu negara dengan destinasi liburan yang menarik untuk dikunjungi. Rasa olahan seperti apa yang ingin anda nikmati? Pedas, manis, asam, atau gurih bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di negeri ini. Kunjungi juga kuliner di Bali.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.