10 Makanan Khas Jawa Timur Yang Murah, Enak dan Yummy

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia dengan luas wilayah 47.992 km persegi. Provinsi ini juga menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik seperti gunung Bromo, dan lain-lain.

Selain itu, kuliner Jawa Timur juga tidak kalah lezat dibanding makanan khas daerah lain, seperti di Bali, Surabaya dan Malang misalnya. Jika Anda sedang berada di Provinsi Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Jawa Timur yang enak dan lezat.

10 Makanan Khas Jawa Timur yang Enak dan Lezat

 Rujak cingur 

makanan khas jawa timur
pegipegi. com

Rujak cingur merupakan makanan khas Jawa Timur yang cukup terkenal. Rujak cingur terdiri dari bahan buah-buahan seperti timun, mangga muda, bengkoang, nanas dan kedondong.

Kemudian bahan sayuran seperti kangkung, kecambah, dan kacang panjang. Ditambah dengan bahan pelengkap seperti lontong, tempe dan tahu goreng serta cingur.

Semua bahan kemudian dipotong kecil-kecil dan disiram dengan bumbu yang terbuat dari kacang goreng, petis udang, gula, garam, cabai, dan irisan pisang klutuk.

Dalam penyajiannya, rujak cingur biasanya terbagi menjadi 2 yakni rujak cingur biasa dan rujak cingur matengan. Rujak cingur biasa komposisinya seperti diatas.

Sementara rujak cingur matengan terdiri dari bahan-bahan yang matang saja seperti lontong, tempe dan tahu goreng serta sayur rebus.

 Pecel semanggi 

makanan khas jawa timur murah
dailywuz. com

Pecel semanggi merupakan makanan khas Jawa Tmur sejenis pecel yang berbahan dasar daun semanggi. Makanan ini terbuat dari bahan seperti semanggi, kangkung dan kecambah.

Semua bahan kemudian direbus dan disiram menggunakan bumbu. Bumbu yang digunakan terbuat dari ketela, gula merah, kacang dan sebagainya.

Sebagai pelengkap ditambahkan kerupuk puli atau kerupuk beras. Pecel semanggi biasanya disajikan menggunakan pincuk dari daun pisang. Pecel semanggi mempunyai citarasa manis. Bumbunya juga bertekstur lembut.

 Lontong balap 

makanan khas jawa timur dan asalnya
https://resepkoki.id

Makanan khas Jawa Timur ini terdiri dari lontong, lentho, tahu goreng dan bawang goreng kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari bahan khusus sehingga menghasilkan citarasa yang khas.

Proses pembuatanya yakni lontong dipotong-potong kemudian diatasnya diberi irisan tahu goreng, tauge dan lentho. Lentho merupakan makanan dengan bentuk bulat dengan isian kacang.

Kemudian semuanya disiram dengan kuah khusus. Tak lupa sambal dan bawang goreng. Lontong balap semakin terasa nikmat jika dimakan bersama sate kerang dan kerupuk.

 Lontong kupang Sidoarjo 

makanan khas jawa timur dan cara pembuatnnya
https://travelingyuk. com

Kupang disini merujuk pada sejenis kerang putih atau kupang dengan nama biologi corbulla faba. Sepiring lontong kupang biasanya terdiri dari lontong, kupang, lentho, sate kerang dan kupang.

Untuk proses pengolahanya, kupang dikupas kemudian dicuci. Setelah itu diolah bersama bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam, gula jawa dan petis.

Kuahnya yang gurih berpadu dengan petis udang membuat olahan ini terasa lezat. Lontong kupang lebih nikmat disajikan bersama segelas air kelapa. Selain segar, air kelapa juga bergungsi sebagai penawar alergi jika Anda mempunyai alergi makanan laut.

 Masakan Khas Jawa Timur: Soto lamongan 

makanan khas jawa timur lamongan
http://hanamirakitchen.blogspot. com

Sajian satu ini berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Soto lamongan berbeda dari soto lainya. Ciri khas soto ini adalah serbuk kerupuk udangnya atau disebut poya.

Jika poya dicampur dengan kuahnya akan menghasilkan citarasa yang khas dan gurih. Soto lamongan disajikan bersama nasi dan bahan pelengkap lain seperti suwiran daging ayam,daun bawang, kol, tomat, mie bihun dan irisan telur ayam.

Kemudian disiram dengan kuah soto dan terakhir beri taburan poya dan bawang goreng. Makanan khas Jawa Timur ini mempunyai citarasa yang khas dengan kuah bening dengan rasa ayam yang sangat terasa.

 Rawon 

makanan khas jawa timur dan resepnya
https://nunikutami. com

Rawon merupakan salah satu makanan yang menjadi icon kuliner Jawa Timur. Sajian ini berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam. Warna hitam dihasilkan dari kluwak yang dimasak dengan bumbu khusus yang akan menggugah selera makan Anda.

Daging yang digunakan biasanya daging sapi yang direbus dan dipotong kecil-kecil. Sementara bumbunya antara lain barang merah, bawang putih, lengkuas kluwak, kunir dan lain-lain.

Bumbu tersebut ditumis, setelah harum dicampurkan dengan kaldu dan potongan daging yang direbus. Rawon biasanya dihidangkan bersama nasi hangat dan tauge. Ditambahkan juga daun bawang, jeruk nipis dan sambal untuk penambah cita rasa.

 Sego tempong 

makanan khas jawa timur yang murah dan enak
https://travelingyuk. com

Nama sego tempong diambil dari kata tempong yang artinya tampar. Dinamakan demikian memang karena makanan ini mempunyai sambal yang pedas seakan menampar mulut yang memakannya.

Makanan khas Jawa Timur ini terdiri dari nasi, lauk pauk seperti tahu, tempe, ikan asin dan perkedel jagung. Tak lupa sayuran sebagai lalapan yang terdiri dari bayam rebus, terong rebus, mentimun, terong rebus dan kemangi. Serta sambal tempong yang menjadi ciri khas dari kuliner ini.

Citarasa sego tempong terletak pada sambalnya yang masih segar. Bagi yang tidak begitu suka pedas, jangan khawatir karena sambal ini langsung dibuat sebelum disajikan jadi Anda bisa memilih tingkat kepedasanya sendiri.

 Rujak soto  

makanan khas jawa timur rekomended

Rujak soto merupakan makanan khas Jawa Timur yakni kabupaten Banyuwangi. Seperti namanya, rujak soto merupakan perpaduan dari rujak dan soto. Rujak yang digunakan adalah rujak di Jawa timur pada umumnya yang terdiri dari tahu, tempe dan rebusan berbagai sayuran.

Kemudian disiram kuah soto dan babat rebus. Rasanya segar dan khas. Bumbu pisang kluthuk dan petis udang merupakan pelengkap rujak soto.

Untuk membuat citarasa rujak yang semakin nikmat memang dibutuhkan campuran bumbu pisang kluthuk dan petis udang. Rujak soto sangat pas dinikmati dengan minuman es temulawak khas Banyuwangi.

 Tahu campur 

tahu campur khas jawa timur
http://wap.mi.baca.co. id

Tahu campur merupakan makanan khas Jawa Timur khususnya kabupaten Lamongan. Makanan ini terdiri dari taoge panjang, selada kriting, tahu, daging, mie dan sebagainya. Tahu campur dihidangkan dengan kuah yang dicampur petis udang.

Keistimewaan makanan ini adalah prekedel singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu tertentu kemudian digoreng. Perpaduan kuah dan petis udang juga memberikan rasa yang khas.

Kuah tahu campur terbuat dari kaldu daging dan bumbu khas dengan aroma daging yang sangat terasa. Penggunaan petisnya juga pas yang akan memberikan kelezatan tersendiri.

Selain daging, ada juga yang menambahkan tetelan, kikil, atau yang lainya. Prekedel singkongnya juga akan membuat Anda cukup kenyang meskipun tidak menggunakan nasi.

 Nasi krawu 

makanan jawa timur malam hari
https://www.mldspot. com

Nasi krawu merupakan makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari nasi dan berbagai menu pelengkap seperti daging suwir, serundeng dan sambal.

Kudapan ini biasanya disajikan diatas daun pisang. Salah satu keunikan dari nasi krawu adalah lauk pauknya. Daging suwir yang digunakan merupakan daging sapi yang dimasak bersama jeroan seperti usus, babad, dan hati lalu disuwir-suwir.

Sementara serundengnya dihidangkan dalam 2 pilihan yakni kuning dan merah dan 3 jenis rasa yakni gurih pedas dan manis. Nasi krawu merupakan makanan khas Jawa Timur terutama di daerah Gresik.

Nah, itu dia beberapa makanan khas Jawa timur yang populer. Jika Anda pecinta kuliner sejati, pasti tak akan melewatkan waktu untuk berburu kuliner khas Jawa Timur yang enak nan lezat ini kan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.