12 Makanan Khas Indonesia dari Sabang Sampai Merauke

Karunia Tuhan kepada bumi pertiwi ini memang luar biasa dan patut disyukuri. Terdiri dari banyak sekali suku dan daerah membuat negara ini kaya akan segala sesuatu.

Salah satunya yakni mengenai cita rasa masakannya. Ada banyak sekali makanan khas Indonesia yang sangat lezat. Kelezatannya bisa dilihat dari bumbunya, bahan yang bervariasi serta proses pengolahannya yang unik.

Tak ayal berbagai sajian khas tersebut kini tidak hanya terkenal di negeri sendiri melainkan sampai juga ke mancanegara.

Beberapa Masakan Khas Indonesia yang Wajib Anda Cicipi

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain berwisata kuliner ke berbagai tempat. Apalagi ada banyak sekali makanan khas Indonesia yang mudah ditemukan.

Mencoba dan menikmatinya secara langsung tentu tidak hanya menimbulkan efek kenyang tetapi juga merasakan kenikmatan cita rasanya yang tiada tara.

Lalu apa saja sih masakan tersebut? Daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasinya di bawah ini.

1.  Rendang 

makanan khas indonesia enak
www.pegipegi. com

Bila Anda sedang mencari olahan daging yang lezat maka cobalah memakan masakan rendang. Memadukan olahan daging disertai bumbu yang kaya akan rempah-rempah membuatnya sangat lezat di lidah.

Proses pembuatannya yang profesional membuat tekstur daging yang disertai santan tersebut sangat halus dan mudah di makan.

Meskipun olahan khas ini berasal dari Padang, Sumatera Barat, Anda juga kini dapat menemukan di berbagai tempat lain karena memang sudah tersebar hampir seluruh wilayah Nusantara.

2.  Mie Bangka 

kuliner khas indonesia
theresiasesillia.wordpress .com

Sesuai dari namanya, mie yang satu ini berasal dari pulau Bangka. Cita rasa yang ditawarkan jelas berbeda dan lain daripada yang lain.

Perpaduan mie kuning di taburi dengan kuah yang telah disertai aneka bumbu tentu membuat sensasi rasanya jelas melezatkan.

Apalagi ada berbagai pilihan isian yang dapat Anda tambahkan di dalamnya. Mulai dari ayam, ikan, bakso, kepiting dan lain-lain. Mengonsumsi makanan khas Indonesia ini jelas akan menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda.

3.  Ayam Betutu 

makanan khas indonesia dan pembuatannya
www.unileverfoodsolutions.com. my

Pulau Bali tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya saja yang begitu menakjubkan. Wisata kuliner khasnya pun dikenal enak dan mantap di mulut.

Salah satunya yang wajib dicoba yakni ayam betutu. Pengolahan daging ayam yang dibiarkan tetap utuh akan diberi sentuhan berbagai macam bumbu yang siap membuatnya semakin menggiurkan.

Memakannya bersama anggota keluarga akan semakin menambah keseruan liburan Anda.

4.  Soto Rawon Surabaya 

resep masakan indonesia
http://www.pengusahasukses. com

Masakan berkuah sepertinya memang menjadi ciri khas kenikmatan makanan khas Indonesia. Begitu pula apa yang disajikan di dalam soto rawon Surabaya.

Berbeda dari yang lainnya, sajian kuah yang di hidangkan menghadirkan kluwek sebagai pengganti kecap. Namun, justru di situlah letak kenikmatannya dan apalagi kuah segar tersebut akan berisi berbagai potongan daging rawon yang siap disantap.

Masakan nikmat ini dapat Anda jumpai dengan mudah di Surabaya tetapi tidak memungkinkan juga kini sudah banyak cabangnya di kota lain.

5.  Bandeng Presto 

makanan khas indonesia badeng presto
http://duniamesin. com

Menikmati berbagai olahan ikan memang sangat sedap dan baik untuk kesehatan. Tetapi adanya duri di dalamnya sering kali membuat jengkel dan mengurangi kenikmatan ketika menyantapnya.

Hal demikian tidak akan Anda rasakan ketika mengonsumsi bandeng presto.

Pengolahannya yang ditempatkan di wadah dengan tekanan tinggi membuat duri yang ada di dalamnya tidak lagi tajam sehingga aman untuk dikonsumsi.

Sandingkan makanan khas Indonesia tersebut dengan sambal terasi agar terasa lebih nikmat.

6.  Gado-gado 

jajanan khas indonesia
https://realfood.tesco.com

Makanan yang lezat tidak harus melulu berbahan dasar daging dan ikan. Memberikan berbagai isian sayur-sayuran juga tak kalah enaknya.

Menerapkan konsep salad membuat makanan khas Indonesia ini menyehatkan ketika dikonsumsi. Apalagi kesegaran setiap isian yang ada akan dipadukan dengan olahan sambal yang nikmat.

Biasanya gado-gado akan sangat pas bila dicampur dengan racikan sambal kacang. Anda juga dapat menambahkan telur rebus di atasnya agar semakin bervariasi.

7.  Bika Ambon 

makanan khas indonesia timur
resepkoki. id

Bila Anda bosan dengan sajian masakan yang terlalu berat. Makanan ringan seperti bika ambon pun siap menemani waktu luang Anda.

Proses pembuatannya yang menggunakan bahan-bahan berkualitas membuat rasa yang ditawarkan begitu enak di mulut.

Belum lagi mengenai aromanya yang begitu wangi tentunya siap menggugah selera makan Anda. Sebenarnya aroma tersebut merupakan efek penggunaan daun pandan wangi di saat pembuatannya.

8.  Sate 

makanan khas indonesia terenak
http://www.sataysate.com/

Bisa dibilang inilah makanan khas Indonesia yang paling favorit. Dikatakan demikian sebab hampir semua masyarakat menyukainya.

Apalagi ada berbagai variasi yang dapat dipilih, jadi bila Anda tidak suka daging kambing maka bisa memilih daging ayam sebagai penggantinya.

Banyaknya jenis tersebut semakin menambah variatif ketika ingin memilihnya. Kenikmatan olahannya akan semakin bertambah dengan menambahkannya dengan sambal, entah itu sambal kacang maupun sambal disertai kecap. Itu semua bergantung selera penikmat.

9.  Ayam Taliwang 

ayam taliwang khas makanan indonesia
indoasia-tourtravel. com

Ayam taliwang merupakan makanan khas Indonesia Timur yang sudah sangat terkenal baik dari orang lokal maupun turis mancanegara.

Pengolahan masakan berbahan dasar ayam sepertinya memang tidak ada habisnya. Pola pemasakan makanan ini ada dua pilihan yakni dengan cara digoreng ataupun dipanggang.

Jadi Anda dapat menentukan sesuai selera. Meskipun memiliki konsep pemasakan berbeda rasa yang ditawarkan tidak jauh beda dan sama-sama nikmat.

Sebab pengolahan bumbu tetap sama dan apalagi bumbu yang disediakan akan sangat pedas dan siap menambah nikmat suatu masakan.

10.  Nasi Goreng 

makanan favorit indonesia
http://cookingtheglobe. com

Dahulu nasi goreng dijadikan alternatif ketika nasi berlebih. Namun seiring berjalannya waktu, kini telah banyak berdiri restoran maupun rumah makan yang menyajikan menu khusus nasi goreng.

Rasanya yang sedap membuat banyak orang menyukainya. Penambahan bumbu rempah masakan khas Indonesia sangat terasa ketika mengonsumsinya.

Apalagi sudah banyak tambahan isian seperti hati ayam, telur, pete, daging dan masih banyak lagi sehingga membuatnya semakin disukai.

11.  Pempek 

pempek khas palembang
https://www.bookmundi.com

Sensasi kenyal dan lembut akan terasa ketika mencicipi makanan khas Palembang ini. Hal tersebut tidak mengherankan karena memang berbahan dasar dari aci disertai isian yang dapat berupa ikan maupun telur.

Selain itu yang membuatnya semakin nikmat ialah olahan sambal yang berbeda dari lainnya. Bumbu sebagai sambal tersebut biasanya menggunakan bahan dari gula yang dicampur cuka.

Jadi tetap akan terkesan pedas namun justru menyegarkan tenggorokan dan pastinya tetap lezat.

12.  Gudeg 

makanan asli indonesia
http://www.tasty-indonesian-food. com

Makanan khas Indonesia ini menggunakan sayur nangka muda sebagai bahan utamanya. Nantinya pengolahan bahan tersebut akan disajikan disertai santan dan gula merah sehingga rasa yang ditawarkan terbilang nikmat.

Kenikmatan gudeg akan semakin terasa apabila Anda menambahkan beberapa tambahan lain sebagai isinya seperti ayam goreng, telur rebus dan banyak pilihan lainnya bergantung dari selera.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang dikenal memiliki cita rasa yang menakjubkan. Sebenarnya masih banyak lagi masakan lainnya yang tak kalah lezat.

Memiliki banyak tambahan bahan rempah-rempah sebagai bumbu membuat segala menu makanan di atas begitu disukai banyak orang.

Bahkan beberapa di antaranya sudah sangat dikenal kenikmatannya hingga ke mancanegara. Hal itu semakin membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya dikenal dari segi kebudayaan dan pariwisatanya, sebab wisata kulinernya pun sangat beragam dan lezat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.