10 Makanan Khas Bogor yang Wajib Dicoba

Jika anda sudah pernah mencicipi makanan khas Sunda, tentu tidak akan merasa asing dengan rasa masakan khas Bogor.

Ada banyak makanan khas Bogor yang lezat dan tentunya wajib dicicipi saat Anda berkunjung ke Kota Hujan ini. Bogor memang salah satu daerah yang sering dijadikan tujuan wisata.

Selain memang karena ada banyak sekali tempat wisata menarik, Bogor juga dikenal sebagai daerah dengan kekayaan kulinernya.

Buat Anda yang hobi jalan-jalan dan kulineran, Bogor jadi salah satu daerah yang harus Anda kunjungi saat liburan. Mau tahu makanan apa saja yang bisa Anda cicipi di Bogor? Baca terus, ya!

Daftar Makanan khas Bogor Terlezat untuk Dicoba

Bogor bisa dibilang sebagai surganya kuliner. Di Bogor, Anda bisa mencicipi aneka makanan unik yang lezat tentunya.

Nah, berikut ini ada 10 makanan paling populer yang jadi khas Kota Bogor. Semuanya terkenal akan kelezatan dan keunikannya.

1.  Asinan Bogor 

makanan khas bogor
Asinan khas Bogor | https://www.goodindonesianfood.com

Bicara soal makanan khas Bogor, tentu saja yang pertama muncul di benak kebanyakan orang adalah asinan Bogor. Ya, asinan Bogor memang jadi makanan paling khas di Kota Hujan. Rasanya yang manis pedas menjadikannya kegemaran semua orang.

Bahan-bahan untuk membuat asinan Bogor adalah aneka buah-buahan dan juga sayuran. Semuanya diasinkan sehingga rasanya menjadi sedikit asam.

Karena sudah menjadi salah satu makanan terpopuler di Bogor, asinan ini gampang sekali ditemukan di seluruh penjuru kota Bogor, mulai dari di pinggir-pinggir jalan hingga di pusat-pusat kuliner.

2.  Toge Goreng 

makanan khas bogor yang terkenal
Togr Goreng Bogor | https://www.qraved.com

Toge goreng bisa dibilang sebagai salah satu makanan khas Bogor yang paling terkenal di mata masyarakat. Sajian kuliner ini memang sudah melegenda di Kota Hujan.

Konon sejak tahun 1970an, toge goreng sudah sangat digandrungi oleh masyarakat Bogor sehingga banyak warung-warung makan yang berlomba-lomba menyajikan makanan ini di daftar menu mereka.

Toge goreng merupakan makanan lezat berbahan dasar toge yang dicampur dengan aneka sayur dan disiram dengan kuah spesial. Rasanya legit dan nikmat, cocok dimakan sebagai menu makan siang maupun untuk sarapan.

3.  Ubi Bakar Cilembu 

makanan khas bogor ubi cilembu
Ubi Bakar Cilembu | http://kemanaajaboleeh. com

Anda belum mampir ke Bogor kalau belum mencicipi ubi bakar Cilembu. Sajian yang satu ini memang sangat unik tapi sangat nikmat. Ubi bakar ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang semanis madu.

Karena cocok dinikmati saat masih panas, ubi bakar ini terasa sangat nikmat saat disantap di Kota Bogor yang notabenenya lebih dingin cuacanya.

Kalau Anda pengen beli makanan khas Bogor ini, di sepanjang jalan utama menuju Bogor Anda bakal sering menemui para penjajanya, kok. Mereka membuka lapak di pinggir-pinggir jalan dan Anda bisa mampir untuk membelinya.

4.  Laksa Bogor 

kuliner khas bogor
Laksa Bogor | https://www.finedininglovers.com

Laksa adalah sajian sup berkuah kental yang terkenal di berbagai negara. Singapura, Malaysia, dan juga beberapa daerah di Indonesia memiliki sajian laksa versinya tersendiri.

Bogor tak mau ketinggalan. Salah satu makanan khas Bogor yang terkenal hingga hari ini adalah laksa Bogor. Apa yang membedakan laksa ini dengan jenis laksa lainnya? Perbedaan terbesarnya ada pada kuah yang digunakan.

Jika laksa pada umumnya menggunakan kuah santan pedas, laksa Bogor menggunakan kuah berbumbu kuning yang notabenenya tidak begitu pedas.

Selain itu, laksa Bogor menggunakan berbagai macam isian yang unik, termasuk oncom. Rasanya? Segar dan mantap tentunya.

5.  Cungkring 

oleh oleh khas bogor
Jajanan Cungkring khas Bogor | https://www.dream.co. id/

Cungkring yang dimaksud di sini bukan cungkring postur tubuh, ya. Cungkring adalah makanan khas Bogor yang sangat terkenal sejak jaman dahulu.

Dalam bahasa Sunda, cungkring artinya adalah kikil sapi. Ya, sajian ini memang berbahan dasar kikil sapi yang diolah menjadi makanan lezat nan menggugah selera.

Saat Anda memesan cungkring, Anda akan mendapatkan sepiring kikil sapi yang dimasak dengan bumbu kuning hingga empuk dan legit.

Kikil sapi ini disajikan dengan siraman saus kacang kental dan juga taburan parutan kelapa. Cungkring paling nikmat disantap dengan sepiring nasi panas.

6.  Bolu Talas 

oleh oleh khas bogor yang terkenal
Kue Bolu Talas | Youtube

Salah satu umbi-umbian yang tumbuh subur di Bogor adalah talas. Tak heran jika kemudian masyarakat Bogor menjadikan talas sebagai bahan dasar aneka makanan dan snack.

Salah satu olahan talas yang paling populer adalah bolu talas. Saat ini, bolu talas sudah menjadimakanan khas Bogor yang sering dicari oleh wisatawan sebagai oleh-oleh.

Bolu talas memiliki rasa yang lebih manis dan legit dibandingkan dengan bolu biasa. Sekarang ini banyak produsen bolu talas yang memberikan sentuhan “kekinian” pada produknya dengan melengkapinya dengan aneka topping dan isian yang digandrungi anak-anak muda.

7.  Asinan Jagung Bakar 

cemilan khas bogor
Asinan Jagung Bakar | ksmtour. com

Kalau biasanya asinan berisi aneka sayur dan buah, di Bogor Anda bisa menikmati asinan yang unik dan lain daripada yang lain.

Namanya asinan jagung bakar. Ya, sesuai dengan namanya, asinan ini memang berbahan dasar jagung bakar. Rasanya sangat lezat dan unik.

Perpaduan rasa manis-asin pada jagung bakar terasa lebih nikmat saat dicampur dengan air cabai dan juga cuka. Asinan jagung bakar ini biasanya disajikan dengan tambahan taburan gula di atasnya sehingga rasanya semakin mantap!

Kalau Anda sedang berwisata di Bogor dan cuacanya lagi panas, rasa segar dan asam dari sajian asinan jagung bakar ini cocok banget buat Anda!

8.  Roti Unyil 

kue khas bogor
Roti Unyil Bogor

Sesuai dengan namanya, roti unyil adalah roti dengan bentuk yang kecil dan imut-imut. Saat ini, roti unyil sudah menjadi salah satu makanan khas Bogor yang tidak boleh terlewatkan.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Bogor menjadikan roti unyil sebagai oleh-oleh. Roti unyil biasanya dijual dalam satu dus, berisi 12-24 buah.

Roti unyil ini banyak sekali variannya. Ada yang rasa coklat, kacang, strawberry, dan lain sebagainya. Karena bentuknya yang kecil, Anda bisa menyantap roti ini dalam satu gigitan. Cocok deh dijadikan camilan di sore hari sambil menikmati secangkir teh hangat.

9.  Soto Mie 

makanan enak di bogor
Soto Mie Khas Bogor | https://id.tastemade.com/

Cuaca Bogor memang sering lebih dingin dibanding dengan daerah Jabodetabek lainnya. Alhasil, makanan berkuah panas sangat laris di kota ini, apalagi di saat hujan.

Salah satu makanan khas Bogor dengan kuah panas dan nikmat adalah soto mie. Sajian ini berupa semangkuk mie bihun dengan daging sapi, risoles, dan bawang goreng yang kemudian disiram dengan kuah soto panas. Rasanya sangat nikmat dan menggugah selera!

10.  Kacang Bogor 

ce,ilan gurih khas bogor
Kacang Bogor | http://priangansari.co. id

Kacang Bogor adalah snack yang laris dicari oleh wisatawan saat mereka berkunjung ke Bogor. Kacang Bogor dibuat dengan cara dioven sehingga lebih renyah dan sehat.

Ada banyak produsen kacang jenis ini di seluruh penjuru Kota Bogor. Anda bisa menemukan snack ini di toko oleh-oleh maupun di pusat-pusat perbelanjaan di Bogor.

Menyesuaikan dengan perkembangan jaman, saat ini kacang Bogor tak hanya disajikan dalam rasa asin dan manis. Tersedia juga kacang Bogor dengan rasa yang lebih bervariasi, seperti rasa balado, keju, ayam panggang, bawang, dan lain sebagainya.

Itu dia tadi daftar sajian lezat yang bisa Anda nikmati di Kota Bogor. Semuanya memang menggugah selera dan cocok dicoba saat kulineran.

Selain 10 makanan di atas tadi, tentu saja Bogor masih memiliki segudang makanan khas lainnya. Tapi, makanan-makanan di atas tadi sudah sangat terkenal dan lekat dengan Kota Bogor. Alhasil, kalau Anda jalan-jalan ke Kota Hujan yang syahdu ini, Anda wajib kulineran dengan menu-menu makanan khas Bogor tadi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.