10 Makanan Khas Bengkulu yang Menggugah Selera

Indonesia terkenal dengan sejuta kebudayaannya di mata dunia. Salah satu kebudayaan yang terkenal adalah kebudayaan dalam bidang kuliner.

Ada jutaan kuliner asli Indonesia yang patut untuk dicoba. Salah satunya adalah yang berasal dari Bengkulu. Makanan khas Bengkulu terkenal sangat nikmat dengan berbagai macam rempah yang terkandung di dalamnya.

Kenikmatan Makanan Khas Bengkulu

Bengkulu sendiri merupakan salah satu provinsi yang terdapat di Pulau Sumatera. Satu pulau dengan Aceh, tentu pesona alam provinsi ini tidak perlu lagi diragukan. Tak kalah dengan dengan Pulau Bali.

Jika berkunjung ke Bengkulu jangan lupa mencicipi makanan khas Bengkulu yang lezat. Bahan baku makanan dari Bengkulu masih berbahan baku dari ikan laut mengingat letaknya yang pesisir laut dekat dengan Samudera Hindia.

Jadi Anda jangan heran kalau mayoritas makanan mempunyai rasa gurih dan beraroma khas ikan laut. Makanan asli Bengkulu yang wajib untuk dicicipi adalah:

 Gulai Kemba’ang 

makanan khas bengkulu
Gulai Kembaang khas Bengkulu | sajiansedap.grid.id

Kuliner khas pertama adalah gulai kemba’ang merupakan salah satu makanan tradisional asli Bengkulu yang berbahan dasar iga sapi. Kuah gulai yang gurih yang mengandung berbagai rempah mampu menggugah selera.

Makanan ini biasanya dihidangkan saat puasa atau lebaran karena kuah gulai yang mampu menambah nafsu makan. Aroma santan dan kunyit yang terkandung dalam kuah mempunyai aroma yang khas dan sangat cocok jika disantap dengan daun pakis haji. Sehingga gizi dan nutrisi terjaga selama menjalankan puasa.

 Cemilan khas Bengkulu: Bay Tat 

makanan khas bengkulu utara
Kue Bay Tat khas Bengkulu | https://www.flickr.com/photos/fianso/26056368102/in/photostream/

Makanan khas Bengkulu ini merupakan salah satu jenis kudapan berbentuk kue. Bay that sendiri mempunyai arti kue tart Bengkulu.

Hal ini dikarenakan bentuk kue ini seperti kue ulang tahun tetapi tampilannya mirip dengan kue pie. Bay that merupakan makanan yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan raja pada zaman dahulu.

Jadi tidak sembarang orang bisa menyantapnya dengan alasan status sosial. Tetapi saat ini, masyarakat umum sudah bisa menikmati dengan membelinya di toko oleh-oleh di daerah Bengkulu.

Perpaduan rasa manis dari topping dan kelembutan kue membuat para wisatawan menjadikan bay that menjadi buah tangan yang wajib dibawa saat berkunjung ke Bengkulu.

 Pendap 

makanan khas bengkulu selatan
Pendap Bengkulu | http://pedomanbengkulu. com

Pendap adalah makanan khas Bengkulu yang sangat terkenal di banyak daerah. Pendap kalau dilihat mirip dengan makanan dari Jawa Barat yaitu pepes.

Masyarakat lebih mengenal pendap sebagai ikan pais. Ikan pais mempunyai cita rasa yang lain karena dibungkus dengan daun talas.

Sebagai pengikat supaya ikan tidak lepas saat diolah, daun talas diikat menggunakan tali rafiah. Ditambah dengan cita rasa gurih dan pedas yang mampu menggugah selera walaupun turis asing sekalipun.

Pendap sangat cocok dinikmati dengan nasi putih dan dan disantap dalam keadaan hangat. Sungguh nikmat dan sulit untuk ditolak kenikmatannya.

 Tempoyak 

oleh oleh khas bengkulu
Trmpyak Bengkulu | https://backpackerjakarta.com

Kalau Korea mempunyai makanan fermentasi berupa kimchi maka Bengkulu mempunyai tempoyak. Bahan yang harus difermentasi terlebih dahulu adalah buah durian.

Tempoyak sendiri baru bisa diolah jika sudah difermentasi dalam waktu sekitar 3 hingga 5 hari. Setelah terfermentasi dengan sempurna, tempoyak kemudian baru bisa diolah dengan dicampur dengan bahan lain seperti ikan mujair, ikan mas, atau ikan patin.

Bagi yang tidak menyukai ikan, bisa mengolah tempoyak dengan mencampurnya dengan daging ayam. Ada juga masyarakat yang menikmati tempoyak sebagai campuran sambal atau menikmatina langsung tanpa mengolah atau mencampurnya terlebih dahulu.

 Lepek Binti, Cocok Buat Oleh-oleh 

makanan khas bengkulu enak
Lepek Binti Bengkulu | http://kulinologi.co. id

Lepek binti biasa dihidangkan saat bulan puasa sebagai hidangan sahur atau berbuka puasa. Makanan khas Bengkulu ini dibuat dari daging sapi giling, tepung kentan, dan santan.

Kemudian semua bahan dibungkus menggunakan daun pisang. Aroma daun pisang memberikan kenikmatan tersendiri yang sulit untuk ditolak. Jika dilihat kue binti mirip dengan kue nagasari tetapi kalau dibuka dan disantap pasti berbeda.

Nagasari mempunyai cita rasa manis sedangkan kue binti mempunyai rasa gurih. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan penjual kue binti karena banyak penjual keliling atau pedagang kaki lima yang menjajakannya.

 Bagar Hiu 

jajanan khas bengkulu
Bagar Hiu Bengkulu |https://www.loveindonesia.com

Bagar hiu mirip dengan rending. Hanya saja bagar hiu diolah menggunakan kelapa yang disangrai sedangkan rending memakai santan. Bahan dasarnya juga lain karena memakai daging hiu.

Bagar hiu juga termasuk makanan khas Bengkulu yang muncul di saat bulan puasa. Jadi saat di luar bulan puasa, sulit untuk menemukan hidangan ini.

Kenikmatan dari hidangan ini tidak perlu diragukan lagi karena untuk membuatnya saja dibutuhkan proses yang lama dan sangat rumit.

Seperti yan diketahui kalau ikan hiu mempunyai aroma amis yang harus dihilangkan supaya nikmat untuk disantap. Tidak heran jika presiden pertama Indonesia sangat menyukai bagar hiu.

 Lemang Tapai 

kuliner khas bengkulu
Lemang Tapai Bnegkulu | bengkuluprov.go.id

Siapa yang tidak mengenal lemang. Makanan yang berbahan dasar beras ketan dan dibungkus dengan bambu mempunyai kelebihan tersendiri.

Api kecil digunakan untuk memakar supaya lemang matang dengan sempurna. Bagi masyarakat Bengkulu, lemang biasa disantap dengan tapai ketan hitam atau buah durian.

Tekstur lembut dari ketan dan ditambah gurihnya santan memberikan rasa legit di mulut para penikmatnya. Lemang tapai marak dijajakan saat bulan puasa atau menjelang lebaran.

 Bolu Koja 

cemilan enak khas bengkulu
Bolu Koja Bengkulu | https://resepnusantara. id

Makanan khas Bengkulu lain yang bisa dijadikan buah tangan adalah bolu koja. Bolu dari Bengkulu ini mempunyai rasa gurih karena ditambahkan agar-agar purih.

Tekstur kue bolu juga lembut dan tidak kalah dengan keu brownis yang marak beredar di pasaran. warna Bolu koja adalah hijau karena mengandung daun suji dan daun pandan sebagai bahan pewarna makanan.

Sehingga dipastikan aman untuk dikonsumsi. Untuk lebih menarik minat pembeli, penjual bolu koja melakukan beberapa inovasi seperti menambahkan topping coklat atau keju supaya lebih menari dan nikmat.

 Lema 

makanan bengkulu bahan dasar ikan
Lema khas Bengkulu | https://www.flickr.com/photos/fianso/25837347990

Lema merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari rebung yang sudah dicincang dan dicampur dengan ikan sepat atau ikan mujair lalu dibungkus dengan daun pisang.

Kemudian ditutup rapat dan didiamkan selama 3 hari. Karena berbahan rebung, masakanan ini mempunyai aroma yang tidak enak.

Walaupun demikian, warga Bengkulu sangat menyukai masakan ini. Rasa asam dan pedas mampu meningkatkan nafsu makan.

Lema juga biasa dimasak dengan dengan ikan tongkol, ikan mas, dan ikan mujair. Saat mengolah biasanya ditambahkan santan supaya lebih nikmat.

 Manisan Terong 

makanan khas bengkulu manisan terong
Cemilan Manisan Terong Khas Bengkulu | Bukalapak. com

Sesuai denga namanya, bahan dasar makanan ini adalah terong. Para wisatawan yang berkunjung pasti memburu makanan khas Bengkulu yang satu ini.

Tekstur manisan ini mirip dengan kurma. Disamping rasanyanya yang manis dan legit, harga untuk membelinya juga sangat murah.

Sehingga tidak salah kalau banyak yang membelinya dalam jumlah banyak dan menjadikannya buah tangan untuk kerabat dan handai taulan.

Begitu banyak makanan khas Bengkulu yang wajib dicicipi dan bisa dibawa pulang. Sebaiknya mari dilestarikan supaya keberadaannya tetap terjaga dan tidak tergeser oleh makanan dari negeri barat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.