11 Makanan Khas Bandung yang Enak dan Kekinian

Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan wisata alam dan wisata kulinernya. Selain menawarkan daerah alam yang sejuk dan memukau, daerah ini juga menyediakan berbagai variasi makanan khas yang sangat enak dan layak untuk dicoba.

Kuliner Bandung menyajikan makanan dengan cita rasa tinggi namun bertarif ekonomis, sehingga banyak dari para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri yang selalu berburu makanan khas Bandung ini.

Puluhan bahkan ratusan makanan dan jajanan khas dapat Anda nikmati di kota kembang ini. Berikut disajikan beberapa kuliner khas Bandung yang paling enak dan dapat menggugah selera.

Camilan dan Makanan Khas Bandung

 Mie Kocok 

makanan khas bandung
www.broadsheet. com.au

Makanan khas Bandung yang pertama yakni mie kocok. Makanan berbahan dasar mie ini selalu menjadi favorit masyarakat Bandung.

Selain mengenyangkan, mie bercita rasa tinggi ini mudah diperoleh dan berharga ekonomis. Sehingga sering menjadi alternatif bagi para pelancong yang sedang menghemat biaya perjalanan namun menginginkan kuliner yang enak, mengenyangkan, dan murah.

Mie ini memiliki tekstur yang empuk dan lembut, berbentuk datar dan sedikit lebih lebar dibandingkan dengan mie instan pada umumnya.

Mie kocok seringkali disajikan dalam mangkok legendaris bergambar ayam jago, yang dilengkapi dengan berbagai tambahan lain. Seperti sayuran, kikil sapi, bawang goreng dan kuah yang gurih.

 Kue Serabi  

jajanan ringan khas bandung
fildarahmadaniah.wordpress. com

Kue satu ini dapat ditemukan di berbagai daerah Jawa, baik jawa Tengah maupun Jawa Timur. Namun, ternyata kue yang dikenal sebagai surabi ini merupakan makanan khas Bandung yang manis dan nikmat.

Camilan satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat, seperti pedagang kaki lima, abang gerobak, di dekat sekolah atau bahkan di restoran berbintang.

Serabi ini berbahan dasar tepung dan santan, yang diolah dengan cara dibakar diatas panggangan atau sering disebut dengan tungku tanah liat.

Penyajian kue serabi dikemas dengan lebih apik, yakni dengan menambahkan berbagai variasi warna dan toping diatasnya, sehingga lebih menggugah selera.

 Kue Peuyeum  

oleh-oleh khas bandung
sportourism. id

Makanan khas selanjutnya yakni kue peyeum. Kue satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas bandung bagi para wistawan yang berasal dari luar daerah.

Peyeum memiliki tampilan yang umum ditemukan di daerah Sunda lain, yakni seperti kue kering atau pastri dalam ukuran besar. Namun, sebenarnya kue ini dibuat dengan bahan dasar tape yang dikeringkan.

Peyeum sendiri disajikan dengan beberapa hiasan seperti keju parut, coklat, atau krim lainnya untuk menambah kesan lezat dari makanan ini.

 Pisang Coklat  

jajanan kaki lima khas bandung
resepkoki. id

Ciri khas dari camilan ini adalah pisangnya yang dibaluti oleh coklat dan kulit pangsit. Pisang coklat ini merupakan makanan khas Bandung yang paling digemari oleh anak-anak, selain karena gurih dan nikmat harganya pun sangat terjangkau bagi anak SD. camilan ini paling nikmat disantap dalam keadaan hangat.

 Nasi Tutug Oncom  

makanan mengenyangkan di bandung
http://www.kotakami. com

Nasi tutug oncom merupakan olahan nasi berbumbu oncom yang dimasak dengan cara dibakar. Sebelum dibakar biasanya nasi ini juga dibumbuhi sedikit tepung tapioka untuk menguatkan cita rasanya.

Di Bandung makanan ini disajikan bersamaan dengan sayur, kerupuk, lauk sederhana, dan sambal.

 Jajanan Khas Bandung: Cimol  

makanan pinggir jalan di bandung
kulinernasional. com

Cimol merupakan makanan khas Bandung yang murah dan enak. Jajanan satu ini dikenal juga sebagai Aci Digemul, bentuknya bulat seperti bakso goreng.

Bahan dasar makanan ini adalah tepung kanji yang kemudian dibumbu gurih lalu diolah menjadi bulat. Cimol sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat.

 Bandros  

kuliner di bandung yang murah
cookpad.com

Bandros merupakan makanan khas Bandung yang hampir mirip dengan serabi. Makanan ini diolah dari tepung terigu yang dicampur dengan santan kelapa.

Setelah adonan tersebut tercampur dengan rata, proses selanjutnya yakni dimasak pada cetakan khusus berbentuk cekung, pada adonan yang dimasak tersebut diberi taburan dari remah-remah kelapa.

Makanan ini sangat cocok disantap dalam keadaan lapar, selain karena memberikan rasa kenyang, Bandros ini juga dapat meningkatkan stamina tubuh.

Makanan ini termasuk kedalam jajanan Bandung yang murah dan mudah untuk ditemukan, walaupun di daerah perkotaan.

 Siomay Bandung  

siomay khas bandung
http://dev.cariresep. com

Siomay Bandung merupakan makanan khas Bandung yang paling banyak digemari karena rasanya yang sangat enak dan mudah ditemukan di berbagai tempat umum, seperti di pujasera, kantin kampus, kedai pinggir jalan, alun-alun kota, bahkan tak jarang di dekat sekolah.

Siomay ini disajikan bersamaan dengan makanan khas yang mengandung daging ikan lainnya seperti tempura, bakso ikan, diselingi juga dengan sayur gubis, telur kemudian disiram dengan saus tomat dan saus kacang untuk menambah kenikmatan jajanan ini.

Karena siomay Bandung banyak digemari oleh banyak orang, makanan asal Bandung ini sudah dapat Anda temukan di berbagai tempat di Indonesia. Yang biasanya dijajakan dengan gerobak bertuliskan “Siomay Khas Bandung“.

 Gepuk  

olahan khas Bandung yang enak
Youtube

Gepuk merupakan makanan khas Bandung yang terkenal karena memiliki cita rasa gurih dan manis pada saat dimakan.

Makanan ini terbuat dari daging yang diolah dengan cara merebus daging kemudian digepuk-gepuk (atau dipukul) hingga daging tersebut mudah untuk dikepali.

Nah setelah itu daging gepuk ini direbus bersamaan dengan santan kelapa yang sudah dibumbu gurih. Olahan daging sapi ini sangat nikmat, terutama saat dimakan bersamaan dengan nasi uduk dan sambal.

Perpaduan rasa gurih manis dengan rasa pedas sambal, menghasilkan perpaduan rasa yang dapat membuat penikmatnya ketagihan.

 Nasi Timbel  

makanan murah di bandung tapi enak
www.dream.co. id

Nasi timbel merupakan makanan asal Bandung yang memiliki ciri khas yang unik. Yakni nasi pada menu ini akan disajikan dengan dibungkus daun pisang, sehingga nasinya menguarkan aroma khas dedaunan yang menggugah selera.

Pendamping sajian makanan khas Bandung ini yaitu tahu, ikan, ayam, tempe, daging, sambal dan sayur lalapan. Pada rumah makan yang menyediakan menu nasi timbel Anda akan diberikan kebebasan untuk memilih jenis nasi yang akan disantap, apakah nasi putih atau nasi merah.

Karena termasuk dalam menu makanan sehat dan mengenyangkan, nasi timbel bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang menyukai menu sehat.

 Karedok  

karedok bandung
http://www.sukita. info

Karedok merupakan menu yang sesuai bagi seorang vegetarian yang menyukai wisata kuliner. Makanan satu ini dibuat dari bahan-bahan yang bergizi dan kaya akan vitamin.

Dalam proses pengolahannya pun tetap menjaga kebersihan, kesegaran, dan cita rasa makanan ini. Karedok ini termasuk dalam makanan cocok dinikmati dengan menambahkan tingkat kepedasan.

Bagi Anda yang ingin mencoba makanan ini tidak perlu khawatir mengeluarkan uang banyak, sebab karedok terkenal dapat diperoleh dengan harga murah.

Video cara membuat karedok:

Kesimpulan

Secara ringkas berikut ini daftar makanan khas kota Kembang, Bandung:

  1. Mie Kocok
  2. Serabi
  3. Peyeum
  4. Pisang Cokelat
  5. Tutug Oncom
  6. Cimol
  7. Bandros
  8. Siomay Bandung
  9. Gepuk
  10. Nasi Timbel
  11. Karedok

Itulah tadi beberapa camilan dan makanan khas Bandung yang memiliki cita rasa tinggi. Selain itu, makanan khas tersebut sangat mudah ditemukan di berbagai tempat di Bandung, bahkan ada makanan yang sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia,, misalnya di daerah Jawa Tengah dan Pulau Bali.

Masih banyak makanan khas lain yang ada di Bandung, oleh karena itu saat berkunjung ke daerah ini jangan sampai lupa untuk menikmati berbagai kuliner khas Bandung.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.