10 Makanan Khas Bali Rekomendasi Para Pelancong

Tak hanya menawarkan berbagai pesona keindahan alamnya saja, Bali juga menawarkan beragam wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas dari Bali dengan cita rasa yang sangat lezat.

Untuk berwisata kuliner di Bali, Anda bisa menemukan berbagai makanan khas di beberapa daerah di Bali. Selain itu, tak perlu khawatir dengan harga, karena banyak menu makanan Bali yang dijual dengan harga terjangkau dan ramah kantong.

10 Makanan Khas Bali yang Lezat dan Mudah Ditemukan

Jika Anda sedang atau akan berlibur ke Bali, selain mengunjungi beberapa objek wisata menarik, sangat direkomendasikan untuk mencicipi berbagai kuliner khas Bali yang halal dengan cita rasa yang sangat beragam.

Tentunya sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Berikut adalah beberapa list makanan khas yang bisa Anda coba saat berwisata kuliner di Bali:

Ayam Betutu

makanan khas bali
http://yukwisatakuliner.blogspot. com

Menu makanan khas Bali yang paling populer dan wajib dicoba adalah Ayam Betutu. Betutu adalah nama bumbu khas Bali yang terbuat dari bahan-bahan daun jeruk, jahe, kemiri, bawang merah, kunyit, salam, sereh, dan lain sebagainya.

Sebelum daging ayamnya dimasak, bumbu betutu tersebut akan dimasukan ke rongga daging ayam agar cita rasa bumbunya lebih meresap. Terdapat dua pilihan Ayam Betutu, ada

Ayam Betutu kering yang dimasak dengan cara dipanggang, dan Ayam Betutu basah yang dimasak dengan cara direbus.

Selain itu bagi Anda pecinta makanan pedas, tersedia Ayam Betutu pedas yang sangat menggugah selera. Selain Ayam Betutu, terdapat pula bebek betutu, bumbunya sama saja namun untuk daging bebek dimasak lebih lama agar bumbunya lebih meresap ke dalam daging.

Lawar

makanan bali paling enak
http://www.masakandapurku. com

Jika mendengar kata Lawar mungkin ada dalam benak Anda bahwa Lawar ini makanan yang terbuat dari daging kelelawar. Padahal dalam makanan tersebut sama sekali tidak terdapat bahan dari daging kelelawar.

Lawar ini merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari beberapa bahan lalapan seperti kacang panjang, parutan kelapa, dan nangka yang dicampur dengan bumbu khas dari Bali. Isi Lawar ini bermacam-macam, ada Lawar Ayam, Lawar Kuwir yang berisi daging bebek, dan Lawar Babi.

Serombotan

jajanan khas bali

Serombotan ini hampir sama seperti urap di Jawa. Bahan-bahannya adalah dari beberapa sayuran seperti kangkung, bayam, kecambah, kacang panjang, dan terong bulat yang direbus setengah matang.

Untuk pelengkapnya ditambahkan parutan kelapa yang disangrai dan pare yang disiram dengan sambel yang sangat menggiurkan.

Cara memakannya bisa dimakan langsung, atau dimakan bersama nasi atau ketupat. Makanan khas Bali yang satu ini sangat murah dan bisa didapatkan dengan mudah di mana-mana karena tersedia di beberapa pasar tradisional Bali.

Sate Lilit

Kuliner khas bali paling rekomended
http://resephariini. com

Bagi Anda pecinta sate, sangat direkomendasikan untuk mencicipi sate lilit khas Bali. Makanan khas Bali yang satu ini selalu banyak peminatnya karena cita rasanya yang menggugah selera.

Sate Lilit ini terbuat dari daging ikan atau daging ayam yang digiling dan dicampurkan dengan parutan kelapa. Daging yang sudah digiling tersebut kemudian dililitkan pada tangkai sereh atau batang bamboo yang tebal.

Selain itu, yang membuat sate lilit ini semakin lezat adalah karena disajikan dengan sambal matah yang menggiurkan. Yang membedakan sate lilit dari sate lainnya adalah tusuk satenya yang besar dan tebal, tidak seperti tusuk sate yang biasa digunakan.

Sate Plecing

Cemilan khas bali

Selain sate lilit, ada juga menu makanan khas Bali yang terkenal yaitu Sate Plecing. Sate Plecing ini terbuat dari daging ayam atau daging babi yang dilumuri bumbu plecing yang sangat lezat.

Biasanya bumbu plecing juga digunakan sebagai peneman ayam bakar atau ikan bakar. Bumbu plecing ini sangat cocok dijadikan sebagai pelumur makanan yang dimasak dengan cara dibakar karena cita rasa bumbunya sangat cocok dengan aroma gosong pada daging yang sudah dibakar.

Tipat Blayag

oleh oleh khas bali
blogunik. com

Tipat jika dalam bahasa jawa adalah ketupat. Tipat Blayag ini salah satu makanan khas Bali yang mirip dengan lontong sayur.

Isi dari Tipat Blayag adalah ketupat, ayam suwir, telur, lawar, serta sambal. Untuk kuahnya terbuat dari santan dengan cita rasa sedikit manis dan gurih seperti kuah kari. Tipat Blayag ini sudah sangat populer di Bali sehingga bisa ditemukan di beberapa daerah di Bali.

Tipat Cantok

Makanan khas bali murah
www.sakerapedia. com

Kuliner Bali lainnya yang wajib kamu coba adalah Tipat Cantok. Makanan ini hampir sama seperti tipat blayag, karena sama-sama ada ketupatnya. Namun yang membedakannya adalah tidak disiram dengan kuah.

Tipat Cantok ini lebih seperti gado-gado yang dicampur dengan ketoprak. Topping peneman ketupatnya adalah beberapa sayuran yang direbus seperti tauge, kangkung, kacang panjang, dan ditambah tahu gorong yang dipotong. Sausnya terbuat dari bumbu kacang yang ditaburi bawang goring dan kacang tanah goring yang lezat.

Nasi Sela

jajanan khas bali halal dan murah
balikami. com

Kuliner makanan Bali yang khas lainnya adalah Nasi Sela. Makanan ini memiliki menu yang cukup sederhana namun memiliki cita rasa yang bisa membuat Anda ketagihan.

Nasi Sela terdiri dari jukut bejek, udang kecil, ayam betutu suwir, kacang tanah, sambal bongkot, dan bumbu kalas yang terbuat dari basa gede, santan, dan daging. Lebih menggiurkannya lagi, Nasi Sela ini disajikan dengan sambal matah yang menggugah selera.

Laklak

Makanan halal di Bali
ksmtour. com

Selain kaya akan masakan khasnya, Bali juga terkenal dengan berbagai kue basah yang sangat lezat. Salah satu makanan khas Bali yang bisa digunakan untuk pencuci mulut adalah Laklak.

Bentuk dari Laklak ini seperti serabi, namun yang membedakan adalah cara memasaknya yang unik. Laklak ini dimasak di kendi tradisional dengan api yang besar kemudian ditutup.

Adonan akan mengembang dan menghasilkan tekstur yang krispi diluar dan lembut di dalam. Topping pelengkap Laklak adalah sirup gula merah dengan parutan kelapa.

Kue Lupis

Makanan khas bali kue lapis
http://www.sashylittlekitchen.com

Selain Laklak, menu dessert yang menjadi andalan di Bali adalah Kue Lupis. Kue Lupis ini terbuat dari bahan-bahan yang sama dengan Laklak yaitu ketan rebus, yang membedakan adalah cara memasaknya dan bentuknya.

Topping untuk Kue Lupis ini adalah sirup gula merah dan parutan kelapa, jika dimakan bersama ketannya secara bersamaan maka akan menghasilkan cita rasa yang luar biasa lezat karena perpaduan dari rasa manis, dan gurih.

Indonesia memang sangat terkenal dengan berbagai makanan khas Nusantaranya yang sangat beragam dan lezat. Setiap daerah di Nusantara memiliki makanan khas tersendiri termasuk Bali. Untuk itu jika Anda akan berlibur di Bali, sangat direkomendasikan untuk mencoba berbagai menu makanan khas Bali yang tak hanya lezat dan menggugah selera, tapi juga memiliki harga yang terjangkau.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.