Kuliner Khas Mesir

Kuliner Khas Mesir
kuliner

Dua hal yang tidak pernah bisa lepas dari kehidupan manusia adalah makan dan minum. Tentu kita sepakat dengan pernyataan ini. Nah, pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang Kuliner Khas Mesir yang mereka konsumsi setiap harinya.

Mulai dari makanan pokok yang sebagian besar dari mereka mengkonsumsinya, macam-macam jenis makanan yang mereka jadikan sebagai lauk pauk, hingga minuman yang biasa menemani hidangan makan mereka.

Secara garis besar, selera lidah orang Mesir sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan lidah orang Asia pada umumnya. Orang Asia cenderung meramu berbagai bumbu dalam satu masakan, hampir bisa dipastikan, setiap masakan yang rasanya enak pasti mengandung banyak sekali bumbu rempah.

Berbeda jauh dengan masakan Mesir. Masakan yang mereka buat cenderung tidak memakai bumbu rempah yang banyak seperti kebanyakan selera orang Asia, lebih kepada ‘yang penting cepat jadi’ tanpa terlalu mementingkan racikan bumbu agar masakan lebih mantap.

Lebih detilnya akan saya jelaskan dalam bab dibawah ini.

Makanan Pokok

Makanan pokok orang Mesir tidak seperti makanan pokok orang Indonesia. Makanan pokok di Indonesia hampir semua berbahan dasar beras, entah itu nasi atau ketan dan olahan lainya, atau ada juga sebagian daerah yang makanan pokoknya umbi-umbian, di daerah timur Indonesia.

Sedangkan makanan pokok orang Mesir berbahan dasar gandum. Gandum itu mereka olah untuk kemudia menjadi macam-macam jenis roti, inilah makanan pokok mereka, roti.

Kuliner Khas Mesir
gandum

Di sisi lain, ada makanan yang sering mereka jadikan santapan utama. Makanan ini berbahan dasar tepung, kemudian diolah untuk kemudian menjadi macam-macam jenis mie. Akan saya ulas di bawah.

Isy

Namanya terdengar aneh bagi sebagian besar orang yang pertama kali ke Mesir, Isy adalah sebutan untuk roti yang dijadikan makanan pokok oleh sebagian besar orang Mesir.

 

Kuliner Khas Mesir
Isy via ikamarumesir.com

Roti ini berbentuk bulat, besarnya seukuran topi, rasanya hambar tapi lumayan enak untuk dimakan. Bahan dasar roti ini dari tepung gandum dan ragi, kemudian diolah dengan campuran lainya.

Kuliner Khas Mesir
pabrik isy via aimizadila.files.wordprees.com

Biasanya, roti ini di produksi oleh pabrik dari malam hingga pagi, bahkan beberapa tempat produksi beroprasi 20 jam sehari. Karena ini menjadi makanan pokok maka otomatis kebutuhan akan Isy setiap hari tidak bisa dielakkan. Menurut pengamatan saya selama berada di sana, Isy hampir selalu dijadikan sarapan dan makan malam.

Kuliner Khas Mesir
macam-macam roti

Kalau kita berbicara tentang Isy tidak sah rasanya kalau melewatkan partner sejatinya. Partner ini dinamakan ‘Ful’. Ful dalam bahasa indonesia berarti kacang, nah kacang ini oleh mereka di godok semalaman hingga menjadi semacam bubur dan disantap bersama dengan Isy.

Rasa makanan Ful ini bisa dibilang jauh dari cita rasa lidah orang Asia, rasanya hambar dan agak pahit sedikit. Ketika makan Ful ini biasanya saya permak lagi dengan ditambahi garam, agar lebih legit. Tidak jarang Ful ini hanya menjadi pengias saja, alias tidak dimakan karena rasanya yang hambar.

Kuliner Khas Mesir
ful via aimizadila.files.wordprees.com

 

Makrunah

Kuliner Khas Mesir yang satu ini berbahan dasar tepung. Kita biasa menyebutnya mie. Makrunah ini diproduksi menjadi berbagai macam bentuk.

Ada yang bentuknya seperti mie pada umumnya, panjang-panjang, atau ada juga yang berbentuk bulat dengan bolong di tengahnya. Ukurannya juga macam-macam, ada yang kecil, sedang, dan besar. Untuk porsi perut orang Indonesia, biasanya makan makrunah dengan ukuran kecil sudah kenyang.

Kuliner Khas Mesir
makrunah kecil via kompasiana.com

Makrunah ini biasanya dicampur dengan saos dari tomat dan sedikit perasan jeruk nipis. Tentu ini berdeda jauh dengan orang Indonesia yang memakan mie dengan saos pedas dan sambal. Jadi bisa dikatakan, lidah orang Mesir tidak tahan terhadap rasa pedas.

Kuliner Khas Mesir
makrunah besar via 3.bp.blogspot.com

Ini mungkin ulasan saya tentang makanan pokok orang Mesir, pada judul yang berikutnya akan saya ulas tentang lauk pauk dan minuman yang mereka makan bersama dengan makanan pokok di atas. Tapi masih dalam satu pembahasan besar. Selamat menikmati.

Leave a Comment