7 Contoh Kliping Bencana Alam yang Terjadi di Indonesia

Kliping Bencana Alam – Sebelumnya saya telah membahas contoh kliping dan pengertiannya. Jika kamu belum membacanya, silahkan menuju link tersebut untuk mengetahui apa itu kliping.

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi laut dan gunung. Berbeda dengan negara-negara lain, pulau-pulau di Indonesia dipisahkan oleh bentangan laut dan samudra yang luas.

Oleh sebab itu, Indonesia menjadi negeri yang rawan terjadinya bencana alam. Dalam beberapa tahun terakhir, media-media televisi dan koran memberitakan kejadian-kejadian bencana alam di berbagai daerah.

Bencana tersebut antara lain, gunung meletus, kebakaran hutan, banjir, tsunami dan lain-lain. Bencana alam yang terjadi di Indonesia tidak boleh kita lupakan begitu saja, untuk itu kali ini admin akan mengembalikan memori kita tentang kejadian bencana alam terbesar yang pernah terjadi di Indonesia dalam bentuk kliping bencana alam.


1. Kliping Bencana Alam Tsunami Ende


bencana alam tsunami ende

Tsunami yang terjadi di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) ini berlangsung pada tanggal 12 Desember 1992. Sekitar 25 tahun lalu, tsnumai ini menerjang pulau Flores yang diawali dengan gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 SR. Gempa ini berpusat di Lepas pantai Utara bagian Timur Pulau Flores.

Saking hebatnya gempa tersebut, masyarakat Bali juga ikut merasakan guncangannya. Padahal jaraknya hampir 700 km ke arah Barat. Setelah gempa, barulah tsunami menerjang dan menghempaskan pulau Flores.

Diketahui bahwa pusat gempa terjadi pada kedalaman 35 km Barat Laut Maumere, sebuah kota terbesar di Pulau Flores. Gempa tidak hanya terjadi sekali, setelah gempa pertama terjadi, beberapa menit kemudian muncul gempa-gempa susulan.

Setidaknya tercatat lebih dari 900 kali gempa susulan yang terpantau selama 6 hari yaitu tanggal 30 Desember – 5 Januari 1992.

Akibat dari gempa dan tsunami tersebut, kawasan pantai Barat Tanjung Batumerak mengalami pergeseran hingga 1,1 m subsidence di sisi timur dan di desa Kolisia bergeser hingga 1,6 m.

Selain dampak geografis, gempa dan tsunami tersbut juga berdampak pada populasi manusia, di mana sekitar 2000 orang meninggal. Dan telah merusak lebih dari 18000 rumah.


2. Kliping Bencana Alam Gunung Kelud


bencana alam gunung kelud
blogunik.com

Bencana alam Gunung Kelud terjadi pada tahun 1919. Tepatnya pada tanggal 19 Mei 1919 di Jawa Timur. Gunung Kelud merupakan gunung aktif di Jawa Timur dengan tinggi mencapai 1,731 m (5,679).

Sesaat sebelum bencana datang, gunung Kelud menyemburkan hujan abu ke arah Timur. Akibatnya, daerah-daerah di Indonesia diselimuti debu tebal.

Letusan Gunung Kelud menyisakan pilu yang mendalam. Setidaknya 5.115 jiwa meninggal. Selain itu kerusakan yang ditimbulkan akibat letusan ini cukup parah.


3. Kliping Bencana Alam Gempa Sumatera Barat


gempa sumatera
menangislah.wordpress.com

Masih ingatkah kalian dengan bencana ini? DI Provinsi Sumatera Barat, pada tangga 30 September 2009 pukul 17.16 terjadi gempa hebat berkekuatan 7,6 SR. Tim mencatat gempa berpusat di daerah Pantai Sumatera 50 km Barat Laut Padang.

Korban tewas akibat gempa ini mencapai 6.234 jiwa, di mana korban berasal dari 4 kabupaten di Sumatera Barat. Selain korban jiwa, ada lebih dari 1200 orang mengalami luka ringan dan berat.

Tempat tinggal dan fasilitas umum juga mengalami kerusakan yang sangat parah. Ada sekitar 135.448 rumah rusak berat, 65.380 rusak sedang dan 78.604 rusak ringan.


4. Kliping Bencana Gempa Bumi Tektonik di Yogyakarta


gempa yogyakarta
www.inovasee.com

Daerah Istimewa Yogyakarta juga tidak luput dari amukan alam. Pada tanggal 27 Mei 2006 kota Yogyakarta diguncang gempa berkekuatan 5,9 SR. Pusat gempa yang berada di 25 km Selatan-Barat Daya Yogyakarta ini telah merusak berbagai rumah dan fasilitas umum.

Gempa ini terjadi lima menit sebelum jam 6 pagi. Masyarakat yang panik keluar berhamburan menuju gunung dan luar kota. Gempa ini menelan korban sebanyak 5.716 dimana korban paling banyak dari daerah Bantul.

Sedangkan korban luka-luka mencapai 7.927 jiwa (data dari Media Center, 7 Juni 2006).


5. Kliping Bencana Letusan dan Tsunami Gunung Krakatau


gunung krakatau meletus
http://blog.act.id

Ini mungkin bencana alam terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia. Para ahli mengatakan bahwa letusan gunung Krakatau setara dengan 30.000 x lipat dari bom atom Nagasaki dan Hiroshima.

Padahal kita tahu betapa dahsyatnya bom tersebut, baik saat terjadi letusan maupun setelah letusan.

Letusan Gunung Krakatau terjadi pada tanggal 26 Agustus 1883. Banyak kabar yang mengatakan bahwa suara letusannya mencapai Australia bahkan Afrika yang jaraknya 4.653 km.

Letusan ini juga diikuti dengan bencana tsunami setinggi 40 m menerjang Hawaii. Sebanyak 195 desa di sepanjang Merak sampai Karawang hancur diterjang tsunami tersebut.

Jumlah korban jiwa juga sangat mencengangkan, sebanyak 36.ooo jiwa tewas akibat benacana tersebut.


6. Kliping Bencana Alam Gunung Tambora


gunung tambora
Ilustrasi | indocropcircles.wordpress.com

Pada bulan April 1815, Gunung Tambora menunjukan keperkasaannya. Indikasi letusan sebenarnya sudah terlihat pada tahun 1812, yang mana aktivitas gunung tersebut menjadi lebih aktif.

Letusan Gunung Tambora masuk kedalam tujuh VEI (Volcanic Explosivity Index) atau Indeks Letusan Gunung Internasional. Menurut data dari VEI, semburan tefrit yang dihasilkan letusan gunung Tambora sebesar 1.6 x 10¹¹ meter kubik.

Saat itu, semburan Gunung Tambora mengakibatkan iklim global berubah dalam waktu yang cukup lama. Tepatnya tanggal 15 Juli 1815, aktivitas Gunung Tambora baru berhenti.

Letusan ini juga diikuti tsunami dari berbagai pantai di Nusa Tenggara Barat (NTB). Puncaknya pada tangga 10 April 1815 tsunami terjadi dengan ketinggian 4 meter.

Abu vulkanik pada saat itu mencapi tinggi 43 km. Abu vulkanik tersebut melayang dan menyebar ke penjuru dunia akibat dari lemahnya daya tarik gravitasi.

Debu-debu ini mengendap di lapisan troposper selama beberapa tahun kemudian turun bersamaan dengan hujan dan kembali ke bumi.

Korban jiwa akibat dari letusan juga sangat banyak, yaitu mencapai 92.000 jiwa! Jadi bisa dibayangkan betapa dahsyatnya bencana alam tersebut.


7. Kliping Bencana Alam Tsunami Aceh


bencana alam tsunami aceh
http://www.rekanbola.com

Yang paling baru dari bencana alam terdahsyat adalah gempa bumi dan tsunami Aceh. Di penghujung tahun tepatnya tanggal 26 Desember 2004, Aceh diguncang gempa yang kemudian disusul gelombang tsunami.

Tinggi gelombang mencapai 35 meter karena besarnya gempa yang terjadi yakni mencapai 8,5 SR. Gempa ini berpusat di Samudra India (2,9 LU dan 95,5 BT pada kedalaman 20 km).

Gelombang tsunami menyapu di berbagai negara seperti Indonesia yang meliputi Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, Sri Lanka, India, Bangladesh, Malaysia, Maladewa dan Thailand.

Data mencatat bahwa korban jiwa mencapai 1055.262 orang dan korban luka mencapai 124.057 orang. Korban terbanyak berasal dari Provinsi Aceh dan Sumatera Utara .

**** Demikianlah contoh kliping bencana alam, semoga bisa bermanfaat****

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on WhatsappShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest