Jenis Jenis Komunikasi; Verbal dan Non Verbal serta Contohnya

Jenis Jenis Komunikasi – Hai nettizen yang berbahagia, tahukah kamu? Komunikasi dalam kehidupan kita adalah suatu keniscayaan. Orang yang hidup tetapi tidak berkomunikasi bisa dikatakan dia sudah mati atau paling tidak dia memiliki gangguan mental atau akal alias gila. Dalam komunikasi juga terdapat alat alat komunikasi lho, kamu pasti sudah tahu.

Nah, teman-teman, komunikasi ini mempunyai jenis jenis komunikasi dalam ilmunya. Sehingga muncul pertanyaan, apa itu komunikasi? Apa tujuan dari adanya komunikasi? apa saja jenis-jenisnya? Pada artikel ini pertanyaan-pertanyaan itu akan coba saya jawab dengan bahasa sederhana, semoga bermanfaat.


Pengertian Komunikasi


pengertian komunikasi
lynda.com

Komunikasi mempunyai banyak definisi. Para ahli pun berselisih pendapat dalam mendefinisikan apa itu komunikasi. Secara umum arti dari komunikasi adalah proses terjadinya pertukaran atau pengiriman pesan antara dua individu atau lebih dengan bahasa yang mudah dipahami.

Nah, sekarang pengertian menurut para ahli:

James A.F.Stoner

Seorang James A.F.Stoner mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses yang mana dalam proses itu seseorang berusaha untuk memberikan pengertian dengan cara memindahkan atau menyalurkan pesan.

Delton E

Ahli komunikasi ini berpendapat bahwa komunikasi bisa diartikan sebagai suatu proses interaksi yang terjadi antar sesama manusia yang mana proses interaksi itu terdapat arti dan maksud di dalamnya.

Carl I.Hovland

Ahli komunikasi ini berpendapat bahwa pengertian dari komunikasi adalah proses interaksi stimulan yang terjadi berdasarkan lambang-lambang atau macam-macam bahasa.

William J. Seller

Ahli ini berpendapat bahwa komunikasi memiliki pengertian yaitu, sistem dimana bahasa verbal dan non verbal dikirimkan, diterima, serta diberi arti dan makna.

Jadi, diatas adalah beberapa pendapat ahli komunikasi yang bisa kamu ambil pelajarannya. Kata komunikasi sendiri sebenarnya adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang berbunyi Communication yang memiliki arti umum sama dengan bahasa Indonesia.

Kemudian setelah mengetahui pengertian komunikasi dari para ahli, kamu juga harus tahu apa itu tujuan dan fungsi dari adanya komunikasi? Berikut ini penjelasannya.


Fungsi Komunikasi


fungsi komunikasi
edenshopping.co.uk

Komunikasi mempunyai banyak fungsi. Saya akan merangkum pendapat para ahli tentang fungsi-fungsi dari komunikasi.

1. Fungsi Sosial.

Fungsi sosial ini mempunyai tujuan sebagai bentuk kesenangan, menjalin dan memelihara suatu hubungan dengan orang lain serta untuk menunjukkan hubungan itu sendiri.

2. Fungsi Pengambilan Keputusan

Fungsi ini bertujuan untuk mengambil keputusan dalam melakukan suatu tindakan pada saat-saat tertentu.

Contoh simpelnya, ketika kita akan memutuskan untuk membeli rumah, maka sebelum membeli rumah tersebut kita harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan sang pemilik rumah.

3. Fungsi Kelangsungan Hidup

Fungsi ini berarti bahwa, komunikasi memiliki tujuan untuk menjaga keberlangsungan hidup setiap individu dan masyarakat.

Contoh dari kelangsungan hidup individu adalah ketika kita butuh untuk makan dan minum, maka kita sebagai individu harus berkomunikasi dengan orang sekitar kita untuk mendapatkan makanan.

Sedangkan contoh dari kelangsungan hidup masyarakat adalah dalam menjaga hubungan baik antar individu, menjaga keberadaan suatu masyarakat.

4. Fungsi Penyelesaian Masalah

Fungsi ini bermaksud bahwa komunikasi itu salah satu alat vital dalam penyelesaian sebuah masalah, entah itu dari segi pribadi setiap individu atau dalam tatanan bermasyarakat.

Contoh kecil, seseorang ditimpa hutang yang lumayan besar dan membutuhkan akan bantuan orang lain, maka yang harus dia lakukan adalah berkomunikasi kepada teman untuk meminta pendapat bagaimana cara melunasi hutang-hutang tersebut.

Kemudian, setelah membahas fungsi komunikasi menurut para ahli, secara umum komunikasi mempunyai kegunaan sebagai berikut:

  • Mengutarakan perasaan dan pikiran
  • Mengajarkan sesuatu
  • Alat bersosial dengan masyarakat
  • Mempelajari peristiwa tertentu
  • Mendapatkan hiburan dari orang lain begitu juga sebaliknya.

Jenis Jenis Komunikasi


macam macam komunikasi
amazonaws.com

Dalam komunikasi terdapat banyak jenis dan macamnya. Secara garis besar, komunikasi dibagi menjadi dua bagian, yang pertama komunikasi verbal dan ke dua komunikasi non verbal.

Dalam komunikasi juga ada jenis jenis komunikasi menurut penyampaian, menurut kelangsungan, menurut perilaku, menurut maksud, menurut aliran informasi, dan masih banyak lagi.

Kali ini akan saya bahas satu persatu sebaik mungkin.

Komunikasi Verbal

komunikasi verbal
http://acartaublog.com

Apa itu komunikasi verbal? komunikasi verbal adalah sebuah proses komunikasi yang mana pesannya disampaikan dengan menggunakan kata-kata. Baik itu melalui lisan atau pun tulisan.

Contoh sederhana dari komunikasi verbal :

  1. Berinteraksi dengan orang lain
  2. Membaca koran atau majalah
  3. Menulis surat perjanjian, surat lamaran kerja, surat permohonan dan lain lain
  4. Berkhutbah dan berpidato didepan banyak orang

Bentuk komunikasi verbal zaman sekarang juga lebih luas dibanding dengan zaman dahulu. Contohnya dua orang yang saling bertelepon, atau sekelompok orang yang menyebarkan tulisan tentang sesuatu yang mereka kerjakan.

Komunikasi Non Verbal

komunikasi nonverbal
http://mavenagency.com

Komunikasi non verbal ini kebalikan dari komunikasi verbal. Komunikasi non verbal berarti sebuah proses komunikasi yang mana pesannya disampaikan tidak menggunakan kata-kata, melainkan menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat, ekspresi wajah dan kontak mata, begitu juga dengan intonasi, kualitas suara dan gaya bicara serta emosi.

Dalam komunikasi non verbal juga terdapat jenis jenisnya. Beberapa diantara jenis jenis komunikasi non verbal adalah sentuhan, kronemik, gerakan tubuh, proxemik, vokalik dan lingkungan.

Masing-masing dari jenis ini mempunyai ciri dan kegunaannya sendiri, mengenai ini akan saya bahas pada artikel mendatang.

Nah, setelah mengulas jenis jenis komunikasi secara garis besarnya, saya akan masuk pada pembahasan yang lebih spesifik dan terperinci.

Komunikasi Menurut Cara Penyampaiannya

Cara penyampaian informasi dalam sebuah proses komunikasi terbagi menjadi dua:

  1. Komunikasi Secara Lisan; Yaitu komunikasi yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak. Contoh dua orang yang sedang bercengkerama.
  2. Komunikasi Secara Tertulis; Yaitu komunikasi secara tidak langsung melalui media seperti surat, memo, dan pengumuman. Umumnya komunikasi tidak langsung ini digunakan dalam maksud penyampaian singkat.

Komunikasi Menurut Medan

Komunikasi menurut medan atau ruang lingkup ini terbagi menjadi dua:

  1. Komunikasi internal; yaitu komunikasi yang terjadi dalam ruang lingkup atau lingkungan tertentu. Seperti dalam organisasi, perusahaan atau dalam rumah keluarga.
  2. Komunikasi Eksternal; yaitu komunikasi yang terjadi antara suatu organisasi atau perusahaan dengan pihak luar. Contohnya adalah konferensi pers dan siaran televisi.

Komunikasi Menurut Arus Informasi

Menurut arus atau alirannya, komunikasi terbagi menjadi 5, berikut pembagian nya:

  1. Komunikasi Satu Arah
  2. Komunikasi Dua Arah
  3. Komunikasi Kebawah
  4. Komunikasi Ke atas
  5. Komunikasi Ke samping

Komunikasi Menurut Peran Individu

Komunikasi ini terbagi menjadi terbagi menjadi tiga:

  1. Komunikasi individu dengan individu yang lain, yang mana diantara keduanya terjadi interaksi yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.
  2. Komunikasi individu dengan lingkungan luar.
  3. Komunikasi individu dengan beberapa kelompok sekaligus.

Komunikasi Menurut Tujuan

Komunikasi ini ada banyak macamnya, diantarnya:

  1. Berceramah, seorang yang berceramah berkomunikasi dihadapan orang dengan maksud memberi ceramah kepada orang lain.
  2. Berpidato, orang yang berpidato berkomunikasi dengan orang lain dengan maksud memberikan pidato dan penyuluhan.
  3. Memberi Nasehat, orang yang memberi nasehat bermaksud memberi nasehat kepada lawan bicaranya.
  4. Memerintah, orang yang berkomunikasi dengan memberi perintah bermaksud meminta tolong atau memerintah lawan bicaranya.

Komunikasi Menurut Tingkah Laku

Komunikasi menurut tingkah laku ini terbagi menjadi dua:

  1. Komunikasi Formal: Komunikasi yang terjadi antara suatu perusahaan dengan perusahaan yang lain dalam struktur dengan tata cara yang sudah ditentukan.
  2. Komunikasi Informal: Komunikasi yang terjadi antar individu pada sebuah perusahaan atau organisasi yang tidak terikat oleh struktur tertentu.

Komunikasi Menurut Jaringan

Komunikasi ini terbagi menjadi tiga, berikut ini pembagiannya:

  1. Komunikasi jaringan kerja santai
  2. Komunikasi jaringan lingkaran kerja
  3. Komunikasi jaringan satu sentral

Kalau menurut mu ini artikel ini bermanfaat, silahkan like dan share ya.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on WhatsappShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest