10 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Paling Populer

Jenis-jenis ikan hias air tawar– Untuk kamu yang menginginkan suasana tenang di rumah, memelihara ikan hias bisa menjadi pilihan. Selain tidak terlalu memakan biaya yang besar, memlihara ikan hias juga tidak membuat rumah kamu menjadi kotor.

Ikan hias ini bisa kamu pelihara di dalam akuarium Untuk posisi itu terserah kamu, bisa di ruang tamu, ruang makan atau ruang keluarga.

Atau bisa juga dibikin kolam khusus ikan hias di depan rumah. Karena beberapa ikan hias akan terlihat lebih bagus ketika berada di ruangan terbuka (ada sinar matahari).

Lalu ikan jenis apa yang bisa di jadikan ikan hias? Untungnya kita tinggal di Indonesia, di mana 75% ikan hias yang ada di dunia berasal dari negara kita tercinta.

Dan untungnya juga, kamu membaca blog ini. Karena kali ini saya akan merangkum jenis jenis ikan hias air tawar yang bisa kamu jadikan hiasan.


Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium


1. Arwana

jenis-jenis ikan hias air tawar aquarium
www.satwapedia.com

Yang pertama adalah ikan arwana. Ikan yang dalam bahasa latin bernama Scleropages sp ini, merupakan yang paling populer di kalangan pecinta ikan hias.

Ikan arwana sangat cocok dijadikan hiasan di dalam akuarium.Ini karena ikan arwana memiliki sisik-sisik yang sangat cantik.

Selain cantik, ada anggapan bahwa jika kita memelihara ikan arwana di rumah, maka akan mendatangkan hoki/keberuntungan dan juga menjauhkan rumah dari bala.

Namun itu hanyalah mitos, percaya atau tidak itu kembali ke kamu. Tapi yang pasti, arwana yang dijadikan ikan hias akan memberikan suasana tenang dan damai.

Ada banyak jenis ikan arwana, di antaranya arwana hijau, arwana emas dengan ekor merah, arwana emas dan arwana merah.

Dari ke empat itu yang paling mahal adalah arwana merah dari Indonesia. Harganya bisa sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

2. Ikan Koi

Jenis - jenis ikan hias air tawar dan gambarnya
www.satwapedia.com

Yang kedua adalah ikan koi. Nama koi berasal dari bahasa jepang yang berarti ikan karper. Di negara Jepang, ikan koi dijadikan sebagai lambang cinta dan persahabatan.

Di Indonesia sendiri, ikan koi banyak dijadikan sebagai ikan hias selain arwana. Selain sebagai hiasan, ikan ini juga dipercaya membawa keberuntungan di dalam rumah.

Ikan koi cocok dipelihara di pekarangan rumah atau depan rumah yang terdapat sinar matahari langsung. Karena ikan ini sangat indah kalau dilihat dari atas. Selain itu, ikan koi memerlukan tempat yang luas untuk bergerak.

3. Ikan Louhan

jenis jenis ikan hias air tawar louhan
farrayroom.blogspot.com

Ikan ini termasuk dalam famili Cichlidae. Habitat asli ikan louhan berasal dari Malaysia dan Taiwan. Namun saat ini sudah dipelihara dan dibudidayakan di seluruh dunia.

Ikan louhan sangat cocok dipelihara di dalam akuarium sebagai hiasan. Warna sisik yang hidup dan benjolan unik di kepalanya menjadikan ikan ini sangat cantik bila ditaruh di akuarium, terutama di ruang tamu.

4. Ikan Cupang

jenis jenis ikan hias air tawar cupang hias
ikanhias-id.blogspot.co.id

Ikan cupang termasuk dalam golongan Betta sp. dari keluarga Osphronemidae. Ikan cupang bisa di bilang sebagai ikan petarung, karena sifat dan karakternya yang agresif.

Ikan ini akan mempertahankan wilayah kekusaannya dari jenis ikan lain. Selain agresif, ikan cupang juga merupakan ikan yang tangguh, diaman dia bisa bertahan hidup walau volume air di tempat tinggalnya sedikit.

Indonesia memiliki ikan cupang asli yang berasal dari Pampang, kalimantan Timur yaitu Betta channoides.

Di kalangan para penggemar ikan, cupang terbagi menjadi 3 golongan. Yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan ikan cupang liar.

5. Ikan Guppy

jenis-jenis ikan hias air tawar yang bagus
akuariumhias.blogspot.com

Ikan guppy dalam bahasa latin disebut Poecilia reticulata. Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang terpopuler di dunia.

Ikan ini sangat mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan juga sangat cepat dalam beranak pinak. Di indonesia sendiri, ikan ini banyak hidup di parit-parit dan sawah.

Awalnya ikan guppi hanya hidup di dataran Amerika, baru kemudian pada tahun 1920, masuk ke Indonesia untuk dijadikan ikan hias.

Panjang ikan ini hanya 2 cm untuk yang jantan dan 3-6 cm untuk yang betina. Yang bikin lucu adalah bagian perutnya yang gendut berwarna putih.

Teringat dulu ketika masih kecil, ikan ini menjadi bahan mainan bersama teman-teman. Karena ikan guppi sangat mudah untuk ditangkap.

6. Ikan Discus

jenis jenis ikan hias air tawar di dalam akuarium
www.satwapedia.com

Nama ikan discus diadaptasi dari bentuk tubuhnya yang menyerupai piringan (disc). Ikan ini juga termasuk salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat digemari oleh masyarakat pecinta ikan hias.

Ikan discus bukanlah ikan asli Indonesia. Dia berasal dari daratan Amerika, yaitu sungai Amazon.

Yang membuat ikan ini menjadi perburuan adalah ciri khas pada sekujur tubuhnya. Di mana ikan ini memilik garis-garis cantik seperti lukisan dari kepala hingga pangkal ekor. Warna garis ini juga bermacam-macam sesuai dengan jenisnya.

7. Ikan Oscar

jenis jenis ikan hias air tawar paling populer
http://smg.photobucket.com

Ikan oscar berasal dari famili Cichilidae dan terlahir dengan nama Astronotus ocellatus. Ikan ini berasal dari perairan Amazon, Amerika. Panjangnya bisa mencapai 8 – 14 inchi.

Sekilas ikan ini mirip ikan gurami yang biasa kita makan. Namun yang membedakan pada bagian warna sisiknya yang lebih menarik dan berpola.

Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan hias.

Lalu apa ada hubungannya sama piala Oscar gan? Ngga ada 😀

8. Ikan Botia

jenis-jenis ikan hias air tawar asli indonesia
pusluh.kkp.go.id

Ikan asli Indonesia ini masih menjadi salah satu favorit ikan yang dipeliahara di dalam akuarium. Habitat asli ikan botia adalah pada air yang mengalir di sungai-sungai.

Ikan botia merupakan ikan yang mempunyai umur panjang. Ikan ini bisa hidup hingga 15 tahu di dalam akuarium. Ikan ini termasuk jenis ikan nocturnal yaitu jenis ikan yang aktif pada malam hari untuk mencari makan.

9. Ikan Pelangi (Rainbow) Papua

jenis-jenis ikan hias air tawar terbaru 2016
www.pertanianku.com

Ikan pelangi adalah ikan dalam kelompok Rainbowfish yang mempunyai ciri sirip yang panjang. Ikan ini ditemukan di perairan Paupa, Sulawesi dan Australia.

Ikan pelangi yang berasal dari Papua memiliki ciri warna yang lebih gelap bila dibandingkan dengan yang ditemukan di Australia. Panjang ikan ini berkisar 4-5 cm belum termasuk ekornya.

Ikan pelangi asal Papua merupakan jenis ikan tropis yang hidup di air dengan pH 6-7 dengan suhu 23-29 derajat celcius. Ikan ini hidup di air yang arusnya pelan seperti di rawa, parit dan laguna.

Cara hidup ikan ini yaitu secara berkelompok dengan jumlah 6 ekor atau lebih. Ikan ini mempunyai daya tarik dari warna sisiknya yang berwarna merah kekuningan pada bagian tengah ke belakang dan biru gelap pada bagian kepala.

10. Ikan Tiger Barb Sumatra

jenis-jenis ikan hias air tawar di akuarium
amin-raha.blogspot.com

Ikan dengan nama latin Puntius terazona ini merupakan ikan hias yang berasal dari Sumatera. Ikan ini memiliki ukuran yang kecil yaitu hanya 70 mm.

Ikan Sumatera memiliki warna tubuh kekuningan dengan 4 pita tegak berwarna gelap. Letak pita ini berada di dekat mata dan pangkal ekor.

Habitat ikan ini berada si sungai-sungai dangkal dengan arus sedang baik jernih maupun keruh. Ikan ini memiliki umur yang cukup panjang yaitu berkisar 6 tahun.

Selain dijadikan sebagai ikan hias, ikan sumatera juga diperdagangkan karena memiliki nilai komersilm yang cukup tinggi.

Demikian artikel tentang jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa kami ulas. Semoga bisa bermanfaat.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest