Fadhilah Shalawat Fatih

Fadhilah Shalawat Fatih – Shalawat adalah salah satu bentuk ibadah yang disukai oleh Allah SWT, sebab shalawat isinya adalah puji-pujian terhadap utusan Allah, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam.

Dalam Islam, shalawat adalah salah satu cara umat muslim mendoakan Rasulullah beserta keluarganya agar selalu dilimpahkan keberhakan.

Luar biasanya adalah rupanya dengan bershalawat, kita bukan hanya mendoakan Rasulullah dan keluarganya saja, tapi juga mendapatkan banyayk keutamaan dan bisa membuat siapa saja yang membacanya memperoleh syafaat di akhirat kelak.

Shalawat merupakan perintah Allah yang difirmankanNya pada QS. Al-Ahzab ayat 56, yang artinya:

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang berima,n, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam pernghormatanku kepadanya.” (QS. Al-Ahzab [33]: 56).

Ada banyak shalawat yang bisa dilafalkan umat muslim, salah satunya yang paling populer adalah shalawat fatih.

Shalawat fatih adalah suatu bacaan shalawat yang diyakini dapat memberikan manfaat, yaiut seagai sarana untuk menghilangkan segala kesusahan hati, memperbesar pahala, serta menghapus dosa di dunia pun di akhirat kelak.

Bukan hanya itu, dengan membaca shalawat ini dengan sungguh-sugguh, maka ia dapat bertemu dan berkumpul dengan Rasulullah SAW di surga Allah kelak. Bacaan shalawat fatih adalalah seagai berikut:

Allahumma shalli wasallim wabaarik ‘aala sayyidinaa Muhammadanil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa wannaashiril haqqi bil haqqi walhaadii ilaa shiraathikal mustaqiimi, shallallaahu ‘alaihi wa ‘alaa aalihi wa ash haabihi haqqa qadhirii wamiqdaa rihil ‘adziim.

Artinya:

“Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan benar, dan petunjuk kepada jalanMu yang lurus.Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada belliau, keluarganya, dan semua sahabatnya dengan sebenar-benarnya kekuasaanNya yang Maha Agung.”

Selain dari teks atau tulisan kamu bisa juga mendengarkan sholawat fatih melalui audio mp3, silahkan download sholawat fatih nya.

Fadhilah Rajin Membaca Shalawat Fatih

fadhilah Shalawat Fatih

Sesuai dengan Al-Quran dan hadits, membaca shalawat diyakini memiliki banyak keutamaan. Berikut ini adalah beberapa fadhilah membaca shalawat fatih:

  1. Menghilangkan rasa resah
  2. Menetapkan iman
  3. Membebaskan dari lilitan hutang
  4. Melipatgandakan pahala
  5. Menghapus perbuatan dosa
  6. Mempermudah datangnya hidayah
  7. Berkumpul besama Rasulullah di akhirat
  8. Hidup bahagia dunia – akhirat

Fadhilah membaca shalawat fatih dengan sungguh-sungguh, yaitu dapat membantu menghilangkan segala rasa resah dalam dada.

Di saat merasa resah, sedih, gundah, gulana, beberapa ulama menyarankan untuk banyak-banyak membaca shalawat fatih secara rutin dan konsisten, maka ketenangan di dunia akan senantiasa didapatkan dengan mudah.

Menurut beberapa ulama, barang siapa yang membaca shalawat fatih secara rutin, maka imannya akan dikuatkan oleh Allah dan ini akan menetap hingga akhir hayatnya di dunia.

Insya Allah, ia juga akan meninggal dalam keadaan sebaik-baiknya keadaan (husnul khatimah).

Menurut beberapa ulama, shalawat fatih mampu membawa seorang manusia meneguhkan hatinya untuk tidak berhutang.

Maka, beruntunglah mereka yang rajin membaca shalawat fatih yang insyaAllah akan mempermudah rezeki dan terbebas dari segala hutang.

Masalah pahala memang sudah sepatutnya menjadi urusan Allah semata. Namun demikian, banyak ulama yang menjelaskan berdasarkan hadits, dilafalkannya shalawat fatih terus-menerus secara sungguh-sungguh akan mampu melipatgandakan pahala selama hidup di dunia. Bahkan, pahalanya lebih utama dari 100.000 bangsa yang bershalawat.

Sebagian besar ulama meyakini, bahwa shalawat fatih dapat menghapus segala perbuatan dosa yang pernah dilakukan selama di dunia. Dengan demikian, orang tersebut insyaAllah bisa menggapai surge Allah.

Hal ini tentunya juga dipertimbangkan dengan amalan-amalan lainnya. Menurut beberapa ulama, seorang muslim yang membaca shalawat fatih selama 40 hari berturut-turut akan mulai digerakkan hatinya oleh Allah untuk melakukan taubat dari segala kemaksiatan dunia.

Dari sanalah hidayah mulai datang dan segala kebaikan mulai menghampiri. Setiap muslim pasti merindukan dan mendambakan bertemu dengan Rasulullah SAW.

Menurut beberapa ulama, seorang muslim yang bersungguh-sungguh mengamalkan shalawat fatih pada malam jumat, kamis, atau senin sebanyak 1000 kali, maka Allah tidak akan ragu memberikannya tempat di surga dekat dengan Rasulullah.

Membaca shalawat fatih bukan hanya menghilangkan keresahan yang digantikan dengan kebahagiaan dan keberkahan di dunia semata.

Keberkahan dan kebahagiaan yang abadi akan didapatkan pula di akhirat kelak, bagi mereka yang rajin bershalawat fatih.

Karenanya, jangan pernah putus untuk terus bershalawat fatih selama masih bisa. Tentu saja, semua fadhilah membaca shalawat fatih ini hanya akan didapatkan pada mereka yang bershalawat dengan sungguh-sungguh, ikhlas, dan konsisten dilakukan selama masa hidupnya di dunia.

Selain itu, keutamaan ini didapatkan pula seiring dengan melakukan kebaikan dan ibadah yang Allah perintahkan lainnya dengan khusyuk.

Karenanya, rajin-rajinlah bershalawat dan menjalankkan perintah Allah SWT demi mendekatkan diri hanya kepada Allah, niscaya fadhilah ini akan didapatkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.