7 Ide Desain Ruang Keluarga yang Hangat dan Nyaman

DESAIN RUANG KELUARGA – Ruang keluarga penting dalam sebuah rumah, karena menjadi tempat berkumpul, berinteraksi, dan juga melakukan aktivitas secara bersama-sama.

Ruang ini menjadi pusat atau inti dari sebuah rumah dimana rumah yang hangat berasal dari sini.

Karena fungsinya yang vital maka ruang ini tidak boleh seadanya namun harus didesain senyaman mungkin.

Selain itu ruang keluarga juga harus ideal dimana bisa dijangkau oleh seluruh anggota keluarga dan tentunya aman.

Ruangan ini tidak harus luas, asalkan tahu bagaimana mengatur dan cara mendesainnya ruangan ini akan tetap terlihat cantik meski hanya sempit.

Simak beberapa ide desain ruang keluarga yang bisa Anda tiru berikut ini:

7 Desain ruang Keluarga Untuk Rumah Minimalis

 Ruang Keluarga dengan Lahan Luas 

desain ruang keluarga sederhana
citragardenaneka .com

Ruangan khusus keluarga dengan lahan yang luas menjadi pilihan bagi rumah dengan anggota keluarga yang banyak.

Karena ruangannya cukup luas Anda bisa mencampurkan ruang makan bersama dengan keluarga dan juga dapur.

Dengan memasak dan memakannya bersama-sama akan membuat ruangan keluarga terasa hangat dan hubungan keluarga menjadi lebih rekat.

Anda bisa membuat ruang makan dan ruang keluarga saling bersisihan sedangkan untuk dapur bisa memanfaatkan bagian tepi ruangan dimana berfungsi meletakkan kitchen set.

 Ruang Keluarga Santai dengan Konsep Lesehan 

desain ruang keluarga minimalis
http://wanitaindonesia. co.id

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis desain ruang keluarga yang santai dengan konsep lesehan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda dimana tidak membutuhkan sofa di dalamnya.

Sofa untuk ruang keluarga rumah minimalis akan memakan banyak tempat sehingga Anda bisa menggantinya dengan karpet bulu yang lembut dan nyaman.

Tidak hanya itu saja untuk membuat ruang keluarga ini tambah nyaman Anda bisa melengkapinya dengan bean bag.

Bean bag ini jauh lebih fleksibel dibandingkan sofa sedangkan kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Bean bag saat ini banyak dijadikan sebagai pengganti kursi pada kafe kekinian yang sering menjadi tempat nongkrong anak-anak muda.

Rasa empuk saat diduduki membuat orang menjadi betah berlama-lama duduk dengan bean bag tersebut.

 Ruang Keluarga Gaya Scandinavian 

desain ruang keluarga terbuka
/www.bluprin. com

Desain ruang keluarga minimalis ukuran 3×4 yang cocok adalah Scandinavian. Saat ini mendesain rumah dengan gaya Scandinavian ini sedang hits dan banyak diminati dikarenakan permintaan rumah tipe minimalis juga semakin meningkat.

Alasan cocok diaplikasikan pada rumah dengan tipe minimalis dikarenakan mampu menampilkan kesan lapang pada ruangan keluarga tersebut.

Untuk bisa mendesain ruang khusus keluarga dengan gaya Scandinavian buatlah cat dinding pada ruang tersebut bernuansa putih sehingga warna pada furnitur atau perabotannya akan bisa ditonjolkan, tentu akan menjadi berbeda jika cat rumahnya berwarna-warni dimana membuatnya bertabrakan dengan warna dari perabotan atau furniture tersebut.

Anda juga bisa memberikan aksen warna pastel pada ruang keluarga tersebut bisa berupa bantal sofa, karpet lantai, dan lain sebagainya.

Selain itu untuk lantainya bisa menggunakan keramik warna netral, bahan dari material kayu alami atau kayu yang dicat dengan warna putih.

 Ruang Keluarga Terbuka 

desain ruang keluarga mewah
amazonaws .com

Untuk menciptakan kesan lebih santai atau rileks, ruang keluarga dengan gaya terbuka ini menjadi pilihan.

Ruang keluarga ini juga cocok bagi Anda yang menyukai nuansa alam yang sejuk dan hijau.

Untuk bisa mendesain ruang khusus keluarga dengan gaya atau konsep terbuka ini Anda bisa memilih ruangan dekat dengan kolam renang atau dekat dengan taman.

Biarkan salah satu sisi pada ruangan tersebut terbuka terutama yang menghadap kolam renang atau taman sehingga sambil bercengkerama atau menonton tv bersama Anda masih bisa menikmati keindahan dari taman atau kolam renang tersebut.

Selain itu jenis sofa yang cocok dengan ruang keluarga gaya terbuka ini adalah sofa tidur yang akan membuat berkumpul terasa lebih menyenangkan.

 Gaya Modern 

desain ruang keluarga
http://desain-rumah-idamanku.blogspot.com

Gaya modern cocok diaplikasikan di tengah era modern seperti saat ini. Untuk menciptakan gaya modern Anda bisa mengaplikasikan perabot atau furniture yang berwarna netral seperti putih atau abu-abu.

Sedangkan pemilihan lantainya juga membawa dampak yang signifikan terhadap ruangan tersebut. Untuk gaya modern ini Anda bisa menggunakan lantai dari bahan dasar kayu atau keramik dengan motif kayu supaya kesan hangat terasa di ruangan keluarga tersebut.

Untuk lebih menghemat tempat letakkan TV LED jenis gantung pada dinding. Untuk mempercantik tampilan ruang keluarga bisa ditambahkan dengan pot tanaman hias di sudut ruangan.

 Desain Girly 

desain ruang keluarga minimalis ukuran 2x3
desainrumahasobat.blogspot. com

Jika anggota keluarga di dominasi dengan perempuan tidak ada salahnya melakukan desain serba pink atau bernuansa girly.

Ruangan dengan serba pink tersebut akan menampilkan kesan feminin dan tentunya cantik ketika dipandang.

Warna pink pada bantal sofa yang dipadukan dengan warna putih pada cat dinding akan memberikan kesan luas namun tetap elegan.

Perpaduan warna tersebut cocok bagi Anda yang tidak ingin warna pinknya terlalu mencolok.

 Ruang Keluarga Unik 

desain ruang keluarga sempit
dekorrumah. net

Bagi Anda yang bosan dengan desain yang begitu saja tidak ada salahnya mencoba beberapa desain ruang khusus keluarga yang unik.

Dengan ruang keluarga yang unik tersebut akan membuat berkumpul menjadi lebih seru dan asyik.

Ada dua macam desain ruang keluarga unik yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan loteng, bawah atau samping tangga dimana juga bermanfaat untuk mengisi kekosongan pada ruangan tersebut terutama bagi pemilik rumah minimalis.

Jika memang sudah tidak ada lagi ruang yang bisa dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga Anda bisa memanfaatkan bagian-bagian tersebut.

Untuk menyulap loteng dan ruangan sempit di samping atau bawah tangga menjadi ruang keluarga ini dibutuhkan teknik dan trik khusus.

Yang pertama adalah perpaduan warna di sini sangat penting pilihlah warna yang lembut atau soft supaya ruangan tidak terkesan sumpek.

Anda bisa memadukan warna cat tembok putih dengan aksen berwarna pastel yang lebih lembut.

Selain itu hindari meletakkan banyak barang di ruangan tersebut cukup satu sofa panjang saja dan satu meja, selain itu bisa ditambahkan dengan karpet bulu di bawahnya.

 Kesalahan Penataan Furniture di Ruang Keluarga 

Tidak hanya desain saja yang harus diperhatikan namun penataan furniture di dalamnya pun juga penting untuk diperhatikan. Kesalahan penempatan furniture di ruang keluarga hanya akan membuat ruangan terasa sumpek dan menjadi tidak nyaman.

Kesalahan yang pertama adalah menempatkan furniture berukuran besar dan tidak sesuai dengan luas ruangan sehingga memakan banyak tempat.

Pastikan sebelum Anda mendesain dan membeli perabotan ukur terlebih dahulu luasnya sehingga kesalahan seperti ini bisa dihindari.

Kesalahan selanjutnya adalah penempatan furniture tidak seimbang. Buatlah titik fokus ruangan agar keseimbangan tercipta dengan baik. Titik fokus ini sangat berguna bagi Anda yang skala ruangannya terlalu memanjang atau melebar.

Karena kesibukan yang ada jarang sekali semua anggota keluarga bisa sering berkumpul dan bercengkerama bersama. Untuk menghangatkan kembali hubungan tersebut dibutuhkan ruang keluarga yang nyaman dan hangat.

Untuk menciptakannya Anda membutuhkan desain ruangan yang tepat. Beberapa desain ruang keluarga yang telah disebutkan di atas bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk membuat ruang keluarga di rumah Anda seperti yang diharapkan.

Kumpulan Ide, Gambar, Inspirasi dan Desain Ruang Keluarga 2019

Bagiin Yuk..

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.