5 Inspirasi Desain Interior Untuk Rumah Baru Anda

DESAIN INTERIOR – Rumah adalah tempat untuk mengingat pulang dan tempat untuk melepas kepenatan, oleh sebab itulah memiliki rumah pribadi menjadi daftar wishlist teratas bagi setiap orang terutama yang sudah berumah tangga.

Namun yang harus diketahui adalah memiliki rumah hanyalah sebuah awal perjuangan saja dimana masih banyak urusan yang harus diperhatikan salah satunya adalah desain rumah itu sendiri. Rumah terdiri dari dua bagian yaitu eksterior dan interior.

Desain eksterior adalah yang terlihat dari luarnya sedangkan interior apa yang terlihat dari dalam.

Tidak hanya desain eksterior saja yang patut untuk diperhatikan, namun desain pada bagian interiornya juga sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi rumah minimalis supaya tidak terlihat aneh atau sumpek.

Simak beberapa desain interior khusus rumah minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi berikut ini:

5 Desain Interior Rumah Minimalis Terbaik 2019

Ala Shabby Chic

desain interior
konseprumahminimalis.i nfo

Demam shabby chic mulai mewabah sehingga banyak yang ingin mengaplikasikannya dalam interior rumah.

Awalnya Shabby chic ini ada pada desain pakaian namun lambat laun banyak yang mengaplikasikannya untuk interior rumah.

Shabby memiliki arti kotor, kumal, bahkan berantakan. Namun jika sudah dikombinasikan dengan chic artinya akan berubah total.

Shabby chic sendiri merupakan gaya dekorasi rumah atau styling interior yang elegan, casual, nyaman, dan juga menarik.

Untuk mendesain rumah menggunakan teknik shabby chic ini Anda tidak perlu membeli furniture baru karena bisa mendaur ulang yang lama supaya lebih terlihat stylish.

Bahkan yang sudah pudar warnanya dan terlihat menua malah bisa menjadi sesuatu yang ditonjolkan.

Keunggulan dari shabby chic ini adalah desainnya yang tidak terlalu monoton dimana Anda bisa mengombinasikan warna dominan dengan warna lembut bahkan bisa menggunakan bahan yang feminin seperti renda atau kain dengan warna pastel.

Jika Anda tidak yakin bagaimana memadukan warna bisa menggunakan warna dasar putih dimana cukup aman untuk warna dinding dan dikombinasikan dengan lantai kayu yang warnanya cream atau natural.

Desain ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan rumah memiliki sentuhan soft dan tidak menyukai perpaduan warna yang terlalu mencolok.

Retro Cocok bagi Anda yang Atraktif dan Dinamis

desain interior minimalis modern
interiordesign. id

Awalnya gaya retro ini terkenal dalam dunia fashion saja, namun lama kelamaan dijadikan sebagai desain untuk rumah pada tahun 1930 an dan juga tahun 1970 an.

Desain retro sering didominasi dengan warna-warna cerah sehingga bisa membangkitkan mood bagi pemilik jiwa yang dinamis namun atraktif. Untuk mendesain dengan gaya ini Anda bisa mencampurkan benda di masa lalu yang bekas maupun baru.

Tidak hanya itu saja Anda juga bisa mencampurkan warna cerah di dalam satu ruangan sehingga tabrakan warna akan sering ditemukan pada desain ini.

Jangan lupa untuk selalu menggantungkan lukisan di setiap ruangan, sedangkan temanya tidak boleh asal namun harus abstract yang mana memiliki pesan tersirat di dalamnya.

Desain Interior Vintage yang Klasik

desain interior minimalis eropa
arsitag.com

Desain interior selanjutnya yang bisa dipilih adalah vintage. Mendekor rumah dengan gaya ini menjadi favorit dikarenakan menampilkan kesan manis di dalamnya.

Selain itu gaya interior vintage minimalis ini akan membuat rumah terlihat klasik namun tetap elegan dan mewah.

Untuk mendesain rumah dengan menggunakan gaya ini Anda bisa memadukan perabotan dari kayu seperti meja dan kursi dari kayu yang kemudian dilapisi dengan pelitur warna cokelat.

Pelitur tersebut akan menyebabkannya terlihat lebih mengkilap dan mewah.

Untuk lantainya Anda bisa menggunakan keramik bernuansa kayu atau keramik lantai kasar dengan warna hitam yang mirip dengan batuan alam.

Untuk bagian dindingnya Anda juga bisa memberikan aksen kayu sehingga nuansa vintage akan tetap terlihat.

Desain Interior Eklektis

desain interior minimalis rumah kecil

Desain yang bisa jadi pilihan selanjutnya adalah eklektis. Konsep rumah ini cocok bagi Anda yang tinggal di perkotaan yang praktis dan serba efisien.

Khusus untuk bagian ruang tamu Anda bisa menggunakan lantai warna putih bersih dan set sofa yang nyaman.

Anda juga bisa menggabungkan ruang tengah merangkap ruang makan lengkap bersama dengan dapurnya.

Perabotan dan furniture dari kayu juga sangat ditonjolkan dalam desain ini terutama untuk kursi dan meja.

Anda bisa menggunakan kitchen set atau rak perabotan yang simpel sehingga membuat ruangan tersebut terasa lebih hidup, bersih, dan juga sangat nyaman.

Mendesain dengan gaya eklektis ini lebih hemat budget karena minim dekorasi dan furniturenya tidak terlalu ribet.

Serba Hijau Menyejukkan

desain interior minimalis ruang keluarga
desainrumahasobat.blogspot. com

Jika Anda tinggal di lingkup perkotaan desain ini bisa menjadi pilihan untuk rumah minimalis Anda. Desain interior rumah dengan serba hijau ini akan membuat pikiran dan pandangan menjadi segar kembali.

Anda bisa membuat rumah terasa lebih menyejukkan dengan desain ini.

Untuk mendesain rumah minimalis ini menjadi serba hijau adalah menggunakan wallpaper dinding dengan gambar pepohonan atau berwarna hijau dimana motifnya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Tidak hanya itu saja Anda bisa memilih gorden atau penutup tirai jendela dengan warna hijau dan letakkan tanaman hias di dekat jendela, buka setiap pagi sampai sore hari, kemudian pada malam hari tutup tirai tersebut.

Tujuannya supaya tanaman hias tersebut juga mendapatkan sinar matahari yang bagus untuk kelangsungan hidupnya. Anda juga bisa menambahkan set sofa dengan warna hijau.

Yang harus diperhatikan saat akan mendesain rumah seperti ini adalah hindari meletakkan tanaman di dekat tempat tidur karena saat malam hari tumbuhan tersebut mengeluarkan karbondioksida yang tidak bagus untuk pernapasan.

Kesalahan dalam Mendesain Rumah Minimalis

Setelah mengetahui beberapa desain khusus rumah minimalis yang inspiratif ada baiknya jika Anda tahu kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat mendesain rumah minimalis tersebut.

Saat melakukan kesalahan tersebut interior rumah bukannya tambah bagus namun terlihat buruk.

Berikut adalah kesalahan desain interior rumah minimalis yang harus dihindari:

Ruangan terlalu penuh

Karena semangat dalam mendesain untuk interior rumah Anda tidak sadar jika telah meletakkan banyak furniture di dalam rumah minimalis Anda.

Hal ini tidak membuat rumah minimalis Anda terlihat bagus namun buruk karena menciptakan efek sesak di dalam rumah tersebut.

Wallpaper borders

Saat ini ruangan maupun interior rumah bisa diubah-ubah coraknya berkat wallpaper dinding yang memiliki beragam motif. Dengan wallpaper tersebut Anda bisa mengubah view rumah sesuai dengan keinginan Anda.

Namun untuk rumah minimalis ini tidak disarankan menggunakan atau menampilkan wallpaper borders di setiap ruangan, karena akan menampilkan pembatas yang begitu jelas sehingga membuat ruangan terlihat terbatas.

Hal ini akan membuat rumah minimalis Anda terasa lebih sempit. Boleh saja menggunakan wallpaper namun hindari menambahkan pembatas di dalamnya.

Mendesain rumah gampang-gampang susah dan dibutuhkan pengetahuan di dalamnya.

Jangan sampai rumah Anda terlihat aneh atau tidak menarik karena desain yang salah terlebih lagi jika tipenya minimalis.

Beberapa desain interior untuk rumah minimalis yang disebutkan di atas bisa menjadi pilihan untuk membuat rumah Anda terlihat lebih lapang, nyaman, dan tentunya tetap elegan.

Kumpulan Ide, Model dan Desain Interior Minimalis 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.