Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Fenomena Alam

Contoh teks eksplanasi – Dilihat dari kata-nya seharusnya Anda sudah paham apa itu teks eksplanasi. Eksplanasi berasal dari serapan bahasa inggris yang mengandung arti tindakan menjelaskan atau menerangkan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan.

Secara umum teks eksplanasi menjelaskan tentang proses-proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena baik alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Para ahli seperti Restuti (2013:85) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan teks eksplanasi adalah teks yang isinya menerangkan atau menjelaskan tentang proses dan fenomena alam maupun sosial.


Struktur Penulisan Teks Eksplanasi


Seperti halnya jenis teks lain, teks eksplanasi memiliki struktur dalam kepenulisannya. Struktur ini dibuat agar orang dalam hal ini si penulis lebih mudah menyusunnya. Apa saja strukturnya? Berikut penjelasannya…

1. Pernyataan Umum

Struktur yang pertama adalah teks eksplanasi harus memuat pernyataan umum tentang fenomena yang akan dibahas. Untuk menulis pernyataan umum sebuah peristiwa, Anda bisa memulai dengan menjelaskan apa, bagaimana dan mengapa fenomena tersebut bisa terjadi.

Pernyataan umum haruslah menarik, ringkas dan jelas agar bisa menarik minat pembaca.

2. Isi

Pada bagian ini berisi penjelasan sebab akibat dari fenomena tersebut. Ditulis dengan rinci dan jelas dalam beberapa paragraf.

3. Interpretasi/Penutup

Teks penutup sifatnya hanya opsional, tidak harus ditulis dalam teks eksplanasi. Inti dari penutup adalah menjelaskan kesimpulan dari pernyataan umum dan isi. Bisa juga berupa tanggapan mengenai fenomena yang telah dibahas.


Ciri-ciri Teks Eksplanasi


Karakteristik pada sebuah teks menjadi sebuah keharusan. Tujuannya agar jenis teks satu dengan teks lain bisa dibedakan. Ciri-ciri teks eksplanasi tentu akan berbeda dengan ciri teks berita, teks pidato, teks anekdot dan lain-lain.

Maka dari itu sebelum Anda menulis teks eksplanasi, ketahui dulu ciri-cirinya seperti berikut ini.

1. Strukturnya Terdiri Dari Pernyataan Umum, Isi dan Penutup

Sebuah teks eksplanasi harus memuat ketiga struktur tersebut agar tulisan yang terkandung bernilai informatif. Antara pernyataan umum, isi dan penutup harus berkaitan dan saling menjelaskan.

2. Informasi yang Ditulis Harus Berdasarkan Fakta dan Data

Seperti yang telah dijelaskan, teks eksplanasi mengandung keterangan tentang peristiwa nyata. Maka sudah seharusnya informasi dan data yang ditulis harus berdasarkan kenyataan atau fakta. Tidak bisa hasil karangan atau opini pribadi.

Data bisa diambil dari hasil pengamatan, wawancara, buku, penelitian dan lain sebagainya.

3. Bersifat Objektif

Objektif adalah menceritakan keadaan yang sebenarnya, tanpa dipengaruhi pendapat pribadi dan orang lain. Apa yang terjadi di lapangan itulah yang harus ditulis.

4. Mengkaji Tentang Pengetahuan dan Peristiwa

Apa yang tertulis dalam teks eksplanasi memuat berbagai peristiwa dan fenomena yang terjadi disekitar. Tujuannya adalah untuk memberi pengetahuan kepada pembaca.

5. Bersifat Informatif

Teks eksplanasi harus memberikan informasi yang akurat dengan berbagai data yang ada. Jangan sampai ada unsur mendoktrin atau mengajak pembaca untuk mengikuti pendapat pribadi Anda.

Contoh Teks Eksposisi Disertai Jenis dan Strukturnya


Kaidah Bahasa Teks Eksplanasi


  • Fokus pada hal umum, bukan kepada manusia, contohnya tsunami, angin puting beliung, hujan badai, banjir dan gempa bumi.
  • Memakai istilah-istilah ilmiah.
  • Menggunakan kata penghubung waktu dan kausal, contohnya jika, bila, lalu, kemudian, pertama, kedua, sebelum dan lain-lain.
  • Didominasi kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif).
  • Penulisannya memakai kalimat pasif.
  • Teks eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa yang ditulis merupakan sebuah fakta.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir


Contoh Teks Eksplanasi
http://www.klikteknik.com

Pernyataan umum

Banjir merupakan peristiwa bencana alam yang dampaknya meliputi kerusakan fisik, moril dan materil. Ada dua jenis banjir, yakni banjir besar atau bandang dan banjir kecil. Banjir bandang ditandai dengan meluapnya air dengan volume besar yang menerjang dan menggenangi pemukiman warga. Banjir inilah yang menyebabkan banyak kerusakan, seperti pada jalan, jembatan, struktur bangunan dan lain-lain.

Isi

Meskipun sebuah bencana alam, banjir tidak hanya disebabkan oleh faktor alam, tetapi juga ada faktor manusia. Beberapa faktor alam yang menjadi sebab timbulnya banjir antara lain, curah hujan tinggi, letak geografis suatu daerah, pasang naik air laut dan letak daerah yang berada pada cekungan sehingga air sulit mengalir.

Faktor yang berasal dari manusia diantaranya penebangan hutan secara liar, buang sampah sembarangan, tidak melakukan reboisasi hutan dan lain sebagainya yang disebabkan oleh tangan manusia.

Dampak banjir bandang bagi kehidupan manusia begitu luas. Banyak barang berharga hilang terbawa arus air yang deras. Fasilitas-fasilitas umum rusak parah, air bersih sulit didapat dan dalam jangka pendek akan timbul berbagai penyakit.

Dampak lainnya adalah pembangunan kembali sarana dan prasarana yang membutuhkan waktu dan biaya yang banyak.

Kesimpulan

Banjir merupakan bencana alam yang tidak bisa dihindari, namun bisa kita cegah. Cara yang paling sederhana yaitu dengan selalu membuang sampah pada tempatnya sehinga saluran air tidak tersumbat.

Menanam kembali hutan yang gundul juga menjadi solusi karena akar pada tumbuhan mampu menyerap air.


Contoh Teks Eksplanasi Singkat


Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Pelangi

Pelangi merupakan suatu fenomena alam yang berupa busur spketrum besar. Pelangi dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi yang tampak di langit atau medium lainnya berupa cahaya beraneka warna saling sejajar. Selain terlihat di langit setelah hujan ringan, pelangi juga bisa muncul di air terjun.

Pelangi terlihat karena adanya pembiasan dan penyimpangan cahaya yang menjauhi partikel. Hal tersebut juga terjadi pada efek cahaya lainnya, misalnya warna kemerahan pada langit ketika matahari terbenam.

Karena merupakan efek pembiasan cahaya, maka pelangi tidak akan terlihat ketika malam hari atau saat sedang mendung.

Pelangi hanya akan nampak apabila antara pengamat dan hujan yang bersamaan dengan matahari yang bersinar berada di sisi yang berlawanan. Antara pengamat, matahari, dan pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Jika tidak demikian maka pelangi tidak dapat terlihat.


Contoh Teks Eksplanasi Sosial


Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Penindasan

Penindasan atau bullying adalah suatu tindakan kesewenang-wenangan antara pihak yang lebih kuat kepada pihak yang lemah. Tindakan tersebut bisa berupa kekerasan, ancaman, atau paksaan yang bersifat memaksa dan mengintimidasi. Budaya penindasan dapat berkembang di mana saja dan bisa menimbulkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik.

Perilaku penindasan atau bully sudah muncul di usia sekolah. Biasanya pelaku memiliki ciri tidak mudah takut dan memiliki motif tertentu. Umumnya motif perilaku penindasan ini karena sikap agresifitas.

Namun bisa juga karena perasaan rendah diri yang kemudian ditutupi dengan sikap perilaku penindasan sebagai bentuk pertahanan diri. Dan yang biasanya terjadi, korban penindasan ini kelak menyimpan dendam dan menjadi pelaku penindasan kepada kelompok lain.

Tindakan penindasan bisa terjadi karena kurang terbukanya seseorang terhadap masalah yang sedang dihadapi sehingga melampiaskannya dengan cara yang salah. Hal tersebut bisa karena ia malu atau karena tidak ada orang yang bersedia mendengarkannya. Entah karena terlalu sibuk atau memang tidak mau peduli.


Contoh Teks Eksplanasi Kompleks


Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

Bahaya Rokok

Rokok adalah gulungan tembakau yang dibungkus dengan daun nipah atau kertas. Ukuran rokok bisa bervariasi, ada yang 70 hingga 120 mm dengan diameter kira-kira 10 mm. Rokok dibakar pada salah satu ujung dan dihisap dengan ujung lainnya agar asapnya bisa dihirup lewat mulut.

Saat ini pemerintah tengah gencar menggalakkan tentang bahaya rokok yang ditulis di setiap bungkusnya. Rokok memang dapat menimbulkan masalah kesehatan, antara lain menyebabkan kanker, penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut dikarenakan dalam sebatang rokok terdapat sangat banyak zat berbahaya. Seperti nikotin yang mengakibatkan kecanduan, merusak jaringan otak, menyebabkan darah cepat membeku, dan mengeraskan dinding arteri.

Secara kasatmata nampak bahwa paru-paru perokok perlahan-lahan akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Belum lagi masalah kesehatan lain serta pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh rokok. Karena itu kesadaran akan bahaya rokok harus semakin ditingkatkan.


Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam


Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Angin Puting Beliung

Angin puting beliung adalah fenomena alam berupa putaran angin yang sangat kencang dan membentuk hubungan antara cumulonimbus dengan tanah. Dalam beberapa kejadian yang cukup langka terjadi hubungan antara dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

Biasanya angin ini berbentuk corong kondensasi dengan ujung menyempit menyentuh bumi dan dikelilingi awan yang membawa puing-puing.

Angin puting beliung terjadi karena bentrokan antara udara panas dan dingin. Selain itu adanya arus udara yang naik ke atas secara kuat di dalam awan. Biasanya angin puting beliung terjadi ketika musim pancaroba.

Angin puting beliung dapat mengakibatkan kerusakan karena dapat merobohkan dan membawa apa saja yang dilewatinya. Ditambah lagi angin puting beliung sering terjadi bersamaan dengan petir dan hujan deras. Dalam setahun ada banyak kerugian jiwa dan materiil karena angin puting beliung.


Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi


Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah peristiwa alam berupa gerakan bergelombang atau getaran pada kulit bumi yang bisa terjadi karena pergerakan lempeng bumi maupun letusan gunung berapi. Untuk gempa yang disebabkan pergerakan lempeng bumi disebut dengan gempa tektonik. Sedangkan gempa yang disebabkan oleh letusan gunung berapi disebut gempa vulkanik.

Ada banyak kerugian yang ditimbulkan oleh gempa bumi berskala besar. Diantaranya hancurnya bangunan-bangunan yang kurang kokoh sehingga menimbulkan korban jiwa. Gempa bumi juga bisa menyebabkan trauma bagi korbannya.

Dilihat dari penyebabnya, gempa bumi memang tidak bisa diprediksi dan tidak mengenal musim. Karena itu setiap orang harus lebih waspada dan mampu mengantisipasi akibat dari gempa bumi. Misalnya berlari ke arah lapangan jika gempa terjadi dan melindungi kepala agar terhindar dari benturan.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest