Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Beserta Strukuturnya

Teks anekdot saat ini memiliki cakupan yang luas. Meliputi berbagai topik, seperti sosial, pendidikan, hukum, politik, atau bahkan mengenai sindiran pada sesuatu.

Berikut kami akan berikan contoh teks anekdot pada anda. Pengertian dari teks anekdot sendiri merupakan teks yang di dalamnya berisi kisah singkat mengenai kejadian, seseorang, sesuatu, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan suatu gagasan.

Sehingga, apabila anda membacanya terdapat rasa lain selain kelucuan, karena di dalam sebuah anekdot maka anda juga dapat menemukan rasa keanehan, kegetiran, dan terutama sifat kearifan dalam memaknai hidup.


Ciri – ciri dari Teks Anekdot


contoh teks anekdot singkat
http://www.ngikik.com

Di bawah ini kami sajikan mengenai ciri – ciri kumpulan teks anekdot yang dapat menambah pengetahuan anda :

  1. Cerita memiliki alur atau plot
  2. Tokohnya aktual
  3. Ada pendapat dan aspirasi (opini) di dalamnya
  4. Mempunyai latar tempat, suasana, dan waktu
  5. Beberapa bersifat sarkasme (menyindir keras)

Struktur Teks Anekdot


contoh teks anekdot lucu
http://ruangseni.com

Kemudian mengenai contoh teks anekdot dan strukturnya akan kami jelaskan selanjutnya. Struktur dari teks anekdot sendiri terdiri dari lima poin struktur yaitu orientasi, abstraksi, reaksi, koda, dan krisis. Kelima poin struktur akan dijelaskan pada keterangan di bawah ini.

1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian yang mengarahkan petunjuk awal kejadian tentang cerita atau mengenai latar belakang tentang bagaimana hal tersebut dapat terjadi. Pada bagian ini biasanya penulis menceritakan seluruh cerita hingga detail.

2. Abstraksi

Abstraksi merupakan bagian yang ada di awal paragraf berfungsi menjelaskan gambaran mengenai isi teks tersebut. Pada abstraksi biasanya memberi petunjuk mengeni hal yang unik yang ada di dalam isi cerita teks tersebut.

3. Reaksi

Reaksi menjadi bagian dari cara si penulis atau dapat pula sudut pandang orang yang ditulis dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di bagian krisis.

4. Koda

Koda menjadi bagian terakhir dari cerita anekdot ini. Pada bagian koda, biasanya teks anekdot telah mengandung kesimpulan dari kejadian yang dialami pelaku yang telah di tulis atau si penulis sendiri.

5. Krisis

Krisis merupakan bagian yang menunjukkan mengenai letak terjadinya peristiwa atau masalah yang tidak terjadi kepada pelaku yang di dalam cerita atau si penulis sendiri.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik dan Kreatif


Contoh Teks Anekdot


contoh teks anekdot lucu
lahiya.com

Bagaimana? Apakah anda telah memahami mengenai teks anekdot? Untuk menambah informasi anda maka kami akan memberikan contoh teks anekdot pendek seperti berikut.

Contoh 1

Bebas dari Kemiskinan

Donald Trump : Oh Tuhan, kapankah seluruh rakyatku terbebas dari kemiskinan?

Tuhan : 30 tahun lagi Trump : (menangis tersedu – sedu)

Jokowi : Oh Tuhan, kapankah seluruh rakyatku terbebas dari kemiskinan?

Tuhan : (menangis tersedu – sedu)

Contoh 2

Pedagang Kue

Seorang Presiden dari Negara XYZ merasa tertarik pada dagangan kue seorang ibu yang ada di pinggir jalan. Kemudian ia membeli kue tersebut.

Sang Presiden sangat penasaran dengan penjual kue yang telah berjualan sangat lama di dekat istana negara. Oleh sebab itu Sang Presiden kemudian bertanya.

Presiden: Sudah berapa lama ibu berjualan kue – kue ini dengan berkeliling?
Pedagang kue: Kira –kira sudah 42 tahun pak saya berdagang kue ini.
Presiden: Kenapa anak ibu yang lain tidak membantu berjualan?
Pedagang kue: Tidak, mereka sudah sibuk semuanya pak. Anak saya yang pertama bekerja di DPR, kedua di Kementrian Luar Negeri, dan yang ketiga di POLDA pak.
Presiden: Wah ternyata hebat sekali anak-anak ibu! Jika boleh tahu, apa saja jabatan dari anak ibu?
Pedagang kue: Hehe sama pak, ya… berdagang kue.

Semoga semua informasi tadi berguna. Sekian contoh teks anekdot yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest