contoh surat lamaran kerja umum

11 Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Perusahaan dan PNS Tahun 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja – Saat Anda akan mendaftarkan diri ke suatu perusahaan, Anda tentu harus membuat surat lamaran kerja yang digunakan sebagai syarat utama untuk melamar pekerjaan.

Contoh surat lamaran kerja merupakan surat yang ditulis baik menggunakan tangan maupun diketik oleh si pelamar yang akan mengajukan pekerjaan di suatu perusahaan. Tujuan di tulisnya surat lamaran pekerjaan yaitu digunakan sebagai suatu bukti tertulis saat akan mengajukan suatu permohonan pekerjaan.

Kemudian, tujuan lain pelamar pekerjaan harus menulis surat lamaran kerja yaitu sebagai suatu media yang digunakan untuk menyampaikan maksud dan tujuan. Misalnya saja, dalam menulis surat lamaran pekerjaan, Anda akan memberikan informasi mengenai data diri Anda secara padat dan berisi serta gaji yang diinginkan.

Dengan mencantumkan nama, alamat, serta informasi lainnya yang terpisah atau yang dilampirkan. Sehingga perusahaan akan melihat diri Anda melalui surat lamaran tersebut. Selain itu, fungsi atau tujuan di buatnya surat lamaran pekerjaan yaitu sebagai bahan pertimbangan perusahaan saat akan merekrut calon tenaga kerjanya.

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan harus mematuhi beberapa macam prosedur. Mulai dari tata bahasa hingga tata letak penulisan surat lamaran pekerjaan. Setiap jenis lamaran juga memiliki kriteria tersendiri. Artinya, setiap lamaran kerja memiliki aturan maupun format tersendiri dalam menuliskan surat tersebut.

Saat akan mulai menulis surat lamaran, Anda harus mengetahui beberapa hal sehingga surat lamaran Anda tidak berakhir di tempat pembuangan. Sebelum Anda menulis surat lamaran pekerjaan, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis surat lamaran terlebih dahulu.


Jenis-jenis Surat Lamaran Pekerjaan


contoh surat lamaran kerja bahasa inggris
http://www.olrecruitment.com.au

Mengetahui jenis-jenis surat lamaran pekerjaan sangatlah penting. Karena surat lamaran pekerjaan merupakan hal yang paling dilihat oleh pimpinan perusahaan. Selain itu, mengetahui jenis-jenis surat lamaran pekerjaan juga sangat penting karena Anda harus menyesuaikan dengan perusahaan maupun persyaratan yang lainnya.

Secara umum, surat lamaran kerja dibagi menjadi dua jenis didasarkan dari cara pembuatannya.

 Surat Lamaran Kerja Gabungan  

Surat lamaran pekerjaan gabungan berarti contoh surat lamaran kerja yang ditulis secara tergabung dengan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae. Surat jenis ini sangat jarang ditemui. Karena dalam menuliskan surat ini membutuhkan waktu penulisan yang cukup panjang.

Informasi yang tercantum juga cukup lengkap. Mulai dari pengajuan, data diri hingga informasi yang lainnya yang terkait dengan lamaran pekerjaan terutama yang dicantumkan di Curriculum Vitae.

  Surat Lamaran Kerja Terpisah  

Surat lamaran pekerjaan terpisah berarti contoh surat lamaran kerja yang ditulis secara terpisah dengan daftar riwayat hidup. Surat jenis ini sangat umum ditemui. Meskipun dalam penulisannya, Anda harus kerja ekstra yaitu menuliskan kembali nama serta data diri secara lengkap.

Cara ini sangat umum ditemui karena dapat memisahkan informasi terkait lamaran suatu pekerjaan. Sehingga informasi yang ditulis dapat tersampaikan dengan rapi. Model ini juga terlihat lebih rapi, dan praktis karena tidak terlalu panjang saat akan menulis.

Adapun selain mengetahui jenis-jenis surat lamaran kerja, saat akan menulis contoh surat lamaran kerja, Anda harus mengetahui beberapa unsur-unsur surat lamaran yang harus ada baik mulai dari awal pembuatan dan isinya. Memperhatikan unsur-unsur yang ada di dalam surat lamaran pekerjaan juga sangat penting.

Unsur-unsur ini tidak boleh dilewatkan barang sekali saja. Karena setiap unsur memiliki nilai tersendiri dalam menilai surat lamaran pekerjaan bagus atau tidak. Berikut ini adalah beberapa unsur yang wajib ada di surat lamaran pekerjaan.


Unsur- unsur Surat Lamaran Pekerjaan


contoh surat lamaran kerja yang baik
fthmb.tqn.com

  Kepala Surat   

Kepala suratini harus ada di setiap surat lamaran pekerjaan. Kepala suratditujukan langsung kepada badan personalia maupun pimpinan HRD pada perusahaan tertentu.

Anda bisa menuliskannya kepada yang terhormat kepala atau pimpinan personalia perusahaan tujuan Anda. Kepala surat juga harus dilengkapi dengan alamat perusahaan yang akan Anda tuju.

  Tanggal surat  

Tanggal surat merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dicantumkan. Tanggal ini bertujuan untuk mengetahui kapan surat tersebut ditulis, serta alamat atau kota surat ini ditulis.

Biasanya, dalam menuliskan tanggal terdapat beberapa kesalahan seperti penulisan huruf yang salah, peletakan titik dan koma yang tidak sesuai sehingga menjadikan pelamar pekerjaan tidak diterima.

  Salam Pembuka   

Saat menulis surat lamaran kerja, salam pembuka wajib ada di setiap surat lamaran. Surat lamaran merupakan contoh surat lamaran kerja yang ditujukan secara general sehingga dalam menuliskan salam pembuka, Anda bisa menggunakan salam yang general.

Salam pembuka yang paling sering digunakan yaitu Dengan Hormat. Anda bisa menggunakan salam tersebut untuk membuka surat.

  Data Diri Singkat  

Data diri merupakan salah satu hal yang wajib ada di setiap contoh surat lamaran kerja. Data diri yang dicantumkan bisa berupa nama, tempat tanggal lahir, hingga jenis kelamin dan alamat. Anda juga bisa mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi pada data diri tersebut.

Data diri ini harus ada karena sangat penting. Data diri merupakan informasi yang memuat mengenai diri calon pelamar pekerjaan. Sehingga dengan mencantumkan data diri, perusahaan akan mudah dalam mengetahui diri Anda.

  Tujuan  

Tujuan Anda menulis surat sangat penting dan harus dicantumkan. Karena tujuan memuat beberapa informasi mengenai mengapa Anda menulis surat tersebut serta jenis pekerjaan apa yang akan Anda inginkan.

Saat mengumumkan lowongan pekerjaan, beberapa perusahaan mencantumkan beberapa jenis profesi yang bisa Anda pilih salah satunya sesuai dengan kemampuan dan latar belakang Anda.

  Lampiran Persyaratan  

Di beberapa contoh surat lamaran kerja, Anda harus melampirkan beberapa file yang di tentukan oleh perusahaan. Lampiran ini biasanya berisikan fotokopi ijazah terakhir, riwayat hidup, pas photo, surat keterangan berkelakuan baik, surat kesehatan hingga fotokopi KTP merupakan beberapa file yang harus Anda lampirkan.

  Penutup Surat  

Saat akan mengakhiri tulisan surat lamaran pekerjaan Anda, Anda bisa mengakhirinya dengan kalimat penutup. Pastikan dalam menulis penutup surat, Anda mengucapkan terima kasih dan kesiapan Anda untuk menjalani interview atau test selanjutnya.

  Nama dan Tanda Tangan  

Di akhir surat, biasanya akan dicantumkan nama serta tanda tangan calon pelamar pekerjaan. Pastikan Anda menuliskan nama, gelar serta tanda tangan yang jelas.

Selain memperhatikan unsur-unsur yang wajib ada di surat lamaran pekerjaan, Anda harus mencantumkan sumber lamaran pekerjaan. Sumber lamaran pekerjaan merupakan dimana, kapan, serta bagaimana Anda mendapatkan informasi tersebut. Sumber ini harus dicantumkan di setiap contoh surat lamaran kerja.


Sumber Lamaran Pekerjaan


contoh surat lamaran kerja agar diterima
http://www.qerja.com

  Referensi Pihak Tertentu   

Sumber ini dicantumkan saat Anda mengetahui lowongan pekerjaan dari beberapa pihak. Mulai dari pekerja yang ada di kantor tersebut maupun orang lain yang bersangkutan. Contoh surat lamaran kerja yang menyebutkan sumber referensi dari pihak tertentu ini biasanya karena adanya rekomendasi dari seseorang.

  Dari Media  

Beberapa perusahaan mengiklankan atau menginformasikan lowongan pekerjaan di suatu media masa. Mulai dari media cetak, media televisi hingga media sosial. Sehingga apabila Anda mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut dari sumber tertentu, Anda harus mencantumkan sumber media Anda mendapatkan lowongan kerja tersebut.

  Tanpa Sumber Tertentu  

Terdapat beberapa contoh surat lamaran kerja yang tidak mencantumkan sumber lamaran pekerjaan. biasanya, surat ini ditulis karena inisiatif sendiri atau ditulis berdasarkan keinginannya sendiri untuk mengajukan lamaran.

Beberapa orang menulis surat lamaran tanpa sumber ini karena ingin mencoba peruntungan nya mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan.

Setelah mengetahui beberapa hal diatas, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan menulis lamaran pekerjaan. Sehingga lamaran kerja Anda akan di lirik oleh pimpinan perusahaan tersebut.

Saat akan menulis contoh surat lamaran kerja, tentu terdapat beberapa hal yang harus dihindari untuk mengurangi kesalahan dalam menulis lamaran pekerjaan. Berikut ini adalah tips menulis surat lamaran pekerjaan.


Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan


contoh surat lamaran kerja tulis tangan
uptowork.net

1. Gunakan Bahasa yang Sopan

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu surat yang masuk kedalam jenis surat resmi. Surat resmi memiliki tata aturan tersendiri. Sehingga saat menulis contoh surat lamaran kerja, terdapat beberapa sistematika yang harus diperhatikan.

Saat menulissurat lamaranpekerjaan, pastikan Anda menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan benar. Selain itu, bahasa yang Anda gunakan harus sesuai dengan EYD atau Ejaan yang Di sempurnakan. Gunakanlah bahasa yang formal dalam penulisan surat-surat resmi termasuk surat lamaran pekerjaan.

2. Penggunaan Kalimat Efektif

Saat akan membuat contoh surat lamaran pekerjaan, pastikan Anda tidak menggunakan kalimat yang bertele-tele. Gunakanlah kalimat-kalimat yang singkat dan jelas namun padat informasi. Menulis surat lamaran menggunakan bahasa yang efektif akan lebih disarankan.

Artinya, Anda gunakan kalimat efektif semaksimal mungkin saat menulis surat lamaran kerja. Karena penggunaan kalimat efektif mempermudah perusahaan dalam melihat profil Anda.

Contoh kalimat efektif yang digunakan pada contoh surat lamaran kerja: ‘Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan di surat kabar harian Republika tertanggal 9 Mei 2010, saya bermaksud melamar sebagai Sekretaris di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.’

Itu adalah contoh kalimat efektif yang bisa Anda gunakan. Kalimat efektif memberikan kemudahan pimpinan perusahaan dalam memahami isi surat sehingga tidak ada kata yang terbuang saat menulis contoh surat lamaran pekerjaan.

3. Hindari Penggunaan Kata yang Hiperbola

Penggunaan kata hiperbola sering dilakukan oleh beberapa orang. Biasanya, si pelamar menggunakan kata-kata yang berarti melebih-lebihkan pada bagian penutup kalimat.

Contoh kalimat hiperbola: ‘Atas perhatiannya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih’ atau ‘atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya’

Penggunaan kata hiperbola ‘sebanyak-banyaknya’ dan ‘banyak-banyak’ ini memberikan kesan yang dilebih-lebihkan. Sehingga hindari penggunaan kata tersebut pada surat resmi. Anda bisa menggantinya dengan menggunakan kata ‘atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih’ akan lebih baik.

4. Sistematika Penulisan

Selain beberapa hal tersebut diatas, terdapat hal-hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya yaitu memperhatikan sistematika penulisan contoh surat lamaran kerja. Saat Anda akan menuliskan surat lamaran kerja, Anda akan menuliskan tanggal pada pojok bagian kanan.

Akan lebih baik mulai dari penulisan tanggal, kepala surat hingga akhir surat, Anda menuliskannya rata kiri. Sehingga tulisan Anda terlihat lebih rapi. Dalam menuliskan surat lamaran pekerjaan juga harus memperhatikan sistematika yang ditetapkan.

Tulislah surat lamaran pekerjaan dengan mencantumkan unsur-unsur yang terkandung dalam surat lamaran pekerjaan. Perlu diketahui bahwa dalam penulisan contoh surat lamaran kerja yang ditulis menggunakan tangan biasanya tidak terdapat kop surat atau kepala surat. Anda bisa memulainya langsung menggunakan tanggal.

5. Bersih

Salah satu poin yang sering di lirik oleh pimpinan perusahaan yaitu kebersihan surat lamaran pekerjaan. Misalnya saja bagi Anda yang mengajukan lamaran menggunakan tulisan tangan. Pastikan Anda menulis seluruh surat lamaran pekerjaan dengan rapi dan bersih tanpa adanya jejak penghapus.

6. Lampiran

Saat Anda mengajukan lamaran pekerjaan, Anda akan melampirkan beberapa file yang digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan. Anda bisa melampirkan beberapa file pendukung mulai dari surat keterangan pekerjaan sebelumnya, sertifikat yang pernah diperoleh.

Dengan melampirkan beberapa hal tersebut akan menambah poin plus pada profil diri Anda. Sehingga perusahaan akan melirik dan merekrut Anda. Tak hanya melampirkan dokumen-dokumen pendukung. Dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan terutama yang tercantum pada persyaratan harus dilengkapi.

Mulai dari daftar riwayat hidup, fotokopi KTP, Surat berkelakuan baik, Surat Kesehatan bila perlu, dan beberapa dokumen yang perlu dilampirkan.


Contoh Surat Lamaran Kerja


contoh surat lamaran kerja umum
http://muliersite.ru

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja untuk perusahaan tertentu yang bisa Anda contoh mulai dari sistematika hingga penggunaan kata efektif.

Jakarta, 9 Mei 2017

Yth. Manager HRD
PT. SUKSES MAKMUR SEJAHTERA
Jl. Cenderawasih No 19, Jakarta Utara

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan di surat kabar harian Republika tertanggal 9 Mei 2010, saya bermaksud melamar sebagai Admin Keuangan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Yang bertanda tangan di bawah ini, Saya:

Nama                                : Sahrul Gunawan
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta 17 Juni 1991
Alamat                              : Jl. Ahmad Yani No. 27, Jakarta Selatan
Jenis Kelamin                  : Laki-Laki
Pendidikan Terakhir      : S1 Akuntansi
Telepon                              : 0888 9999 1555

Sebagai bahan pertimbangan, Saya dapat bekerja sesuai dengan deadline, saya jujur, saya dapat bekerja di bawah tekanan, baik individu maupun dalam team. Sebagai referensi, Saya melampirkan daftar riwayat hidup bersama surat ini.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Saya siap untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih
Hormat Saya

Sahrul Gunawan, S.E

 


Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana


contoh surat lamaran kerja sederhana 2016
jobseekersadvice.com

Semarang, 1 Januari 2017

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Personalia
PT. BERKAH SENTOSA
Jl. Proklamasi No. 13
Semarang

Perihal : Permohonan Kerja

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : Dian Saputro
Tempat,Tgl. Lahir      : Semarang, 17 Mei 1997
Usia                                : 19 Tahun
Pendidikan Terakhir  : SMA
No.Hanphone              : 0821 1234 5678

bermaksud mengajukan surat lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan data diri dan berkas sebagai berikut:

  • FC Daftar Riwayat Hidup
  • FC KTP
  • FC Ijazah Terakhir
  • FC SKCK
  • FC Surat Keterangan Kerja
  • Pas Photo Terbaru 3×4 (4 Lembar)

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dian Saputro


Contoh Surat Lamaran Kerja Bank BCA


contoh surat lamaran kerja bank
uangteman.com

Jakarta, 02 Januari 2017

Kepada
Yth. HRD Bank Central Asia
Cabang Jakarta Barat
Jl. Gatot Subroto Kav. 37-39
Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan informasi yang dimuat media online bahwa PT. Bank Central Asia Cabang Jakarta Pusat sedang membuka lowongan kerja untuk bagian Kliring, maka dengan ini saya:

Nama                              : Angga Dwi Putra
Tempat/Tgl. Lahir       : Jakarta, 12 Juni 1995
Alamat                            : Mampang Prapatan IV No. 13, Jakarta Selatan
No. Handphone            : 08122435435
Status                              : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir    : S2

Bermaksud mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

  • Daftar riwayat hidup/Curriculum vitae
  • Foto copy ijazah S2
  • Foto copy transkrip nilai
  • Foto copy KTP
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy surat pengalaman kerja
  • Pas foto 3×4 (3 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk segera bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Jika diterima, saya akan mengabdi dan melakukan yang terbaik untuk Bank Central Asia.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Angga Dwi putra


Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat


Contoh Surat Lamaran Kerja perawat terbaru
serpihanilmuku.blogspot.com

Purbalingga, 02 Januari 2017

Kepada
Yth. Manager Personalia
RSU Harapan Ibu
Jl. Patung Knalpot No. 24
Purbalingga

Dengan hormat,

Berdasarkan info di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Purbalingga bahwa RSU Harapan Ibu sedang membutuhkan banyak perawat, maka dengan ini saya:

Nama                              : Fanni Setiawati Dewi
Tempat/Tgl. Lahir       : Purbalingga, 12 Juni 1994
Alamat                            : Komplek Selabaya Indah No.17, Purbalingga
Status                              : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir    : D3 Keperawatan
No. Handphone             : 0838 0878 9878

Bermaksud mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

  • Daftar riwayat hidup/Curriculum vitae
  • Foto copy ijazah D3 (Legalisir)
  • Foto copy transkrip nilai (Legalisir)
  • Foto copy KTP
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy Kartu Pencari Kerja
  • Pas foto 3×4 (3 lembar)

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan kepada saya untuk melakukan wawancara.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Fanni Setiawati Dewi


Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret


Contoh Surat Lamaran Kerja indomart 2017
kraksaan.com

Purbalingga, 03 Januari 2017

Kepada
Kepala Personalia PT. Indomarco Prismatama
Cabang Purbalingga
Jl. Pujowiyoto No. 37
Purbalingga

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang tertulis di http://indomaret.co.id yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan banyak karyawan, dengan ini saya:

Nama                            : Sasuke Uciha
Tempat/Tgl. Lahir     : Purbalingga, 12 Juni 1997
Alamat                          : Desa Majapura Rt.01/04, Majapura, Purbalingga
Status                            : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : SMA
No. Handphone          : 0838 0878 9999

Bermaksud untuk melamar pekerjaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Adapaun sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan berkas sebagai berikut:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto copy Ijazah SMA (Legalisir)
  • Foto copy Transkrip nilai (Legalisir)
  • Foto copy KTP
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy Kartu Pencari Kerja/Kartu Kuning
  • Surat Keterangan Sehat
  • Pas foto 3×4 (3 lembar)

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan kepada saya untuk melakukan wawancara.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sasuke Uciha


Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamart


Contoh Surat Lamaran Kerja alfamart
addaloker.tk

Purbalingga, 03 Januari 2017

Kepada
Kepala Personalia PT. Sumber Alfaria Trijaya
Cabang Purbalingga
Jl. Pujowiyoto No. 38
Purbalingga

Dengan hormat,

Setelah membaca surat kabar Banyumas Post yang menerangkan bahwa PT.Sumber Alfaria Trijaya cabang Purbalingga sedang membutuhkan kasir, maka dengan ini saya:

Nama                            : Reni Setiowati
Tempat/Tgl. Lahir     : Purbalingga, 12 Juni 1996
Alamat                          : Desa Mrebet RT03/04, Mrebet, Purbalingga
Status                            : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : SMK
No. Handphone          : 0838 0878 9999

bermaksud mengajukan permohonan kerja sesuai dengan posisi tersebut. Sebagai bahan seleksi, berikut saya lampirkan beberapa berkas:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto copy Ijazah SMK (Legalisir)
  • Foto copy Transkrip nilai (Legalisir)
  • Foto copy KTP
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy Kartu Kuning
  • Surat Keterangan Sehat
  • Pas foto 3×4 (2 lembar)

Besar harapan dan keinginan saya untuk segera bergabung dengan PT.Sumber Alfaria Trijaya. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Reni Setiowati


Contoh Surat Lamaran Kerja di Perusahaan


contoh surat lamaran kerja perusahaan terbaru
huffpost.com/

Jakarta, 14 Januari 2017

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Personalia
PT. Kemungi Jaya
Jl. Gatot Subroto Kav. 35-40
Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan informasi lowongan yang saya dapat dari iklan media cetak Kompas yang dimuat pada tanggal 10 Januari 2017. Saya bermaksud melamar pekerjaan dengan posisi Sales Manager (SM) sesuai yang tertera pada informasi tersebut.

Berikut ini data singkat saya:

Nama                               : Nendy Putra Mandala
Tempat/Tgl. Lahir        : Jakarta, 12 Juni 1991
Alamat                             : Jl. Potlot No.54, Jakarta Timur
No. Handphone             : 0898 0989 0909
Status                               : Menikah
Pendidikan Terakhir    : D3

Saya mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, mahir dalam mengoperasikan program office (Ms.Word, Ms.Excel, PowerPoint) dan bisa berbahasa Inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae

  • Foto copy Ijazah D3
  • Foto copy
  • Sertifikat Bahasa Inggris
  • Foto copy Transkrip Nilai
  • Foto copy KTP
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy Surat Pengalaman Kerja
  • Pas foto 3×4 (3 lembar)

Saya sangat berharap untuk diberi kesempatan wawancara agar bisa menjelaskan lebih detail tentang potensi dan kemampuan saya.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Nendy Putra Mandala


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Di bawah ini dapat dijadikan sebagai panduan untuk melamar pekerjaan. Beberapa instansi mengharuskan calon karyawannya untuk melamar dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai syarat seleksi.

Hal tersebut juga dapat menjadi indikasi apakah sang karyawan dapat menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar atau tidak.Berikut contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang singkat:

Based on your ads on Z-Magazine Jan 13 2017, I would like to apply as the job position required.
My name is Khan, and I am 23 years old. I was graduated from UGM University, Yogyakarta in 2012. I am good in Coding, Java Script, and also Computer Network System. I won several hackaton competitions before I graduated.
Now, I am working as Engineer in X Company. I am willing to learn and excited to be a part of IT Staff in your company. Enclosed is my resume and certificate for your review and considerations.
I hope that you will give me a chance to meet in personal and tell the details about myself.

Yours faithfully,

———————

Demikian adalah contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk seorang staff IT. Anda bisa mengganti nama dan keterangan untuk disesuaikan dengan profil Anda.


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer Terbaru


Di bawah ini, kami juga memberikan contoh surat lamaran kerja guru, contoh surat lamaran kerja via email, dan contoh surat lamaran kerja di hotel.

Jepara, 27 Agustus 2018
Kepada,
Kepala Sekolah SD N 3 Jepara

Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya sampaikan surat permohonan lamaran pekerjaan untuk posisi Guru Honorer Olahraga di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin. Dengan ini, saya :

Nama :
Tempat, Tanggal Lahir :
Alamat :
Pendidikan Terakhir :
Nomer Handphone :

Bermaksud untuk mengikuti seleksi Guru Honorer yang sedang diadakan. Bersama ini, saya lampirkan daftar riwayat hidup, fc. Ijazah, foto copy SKCK, foto berukuran 3×4, dan data yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan data yang sebenarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

———————–


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email


[/su_quote]

Jakarta, 7 Juni 2018
Kepada,
Yth. HRD PT. Murakami

Berdasarkan informasi lowongan kerja di situs lamarankerja.com yang memberitahukan bahwa PT. Murakami membutuhkan Staff Gudang, maka dengan ini saya:

Nama :
Tempat, Tanggal Lahir :
Alamat :
Pendidikan Terakhir :

Bermaksud untuk melamar pekerjaan di PT. Murakami. Adapun beberapa dokumen pendukung saya lampirkan dalam file .pdf pada attachment.

Hormat Saya,
——————–

[/su_quote]

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel


Kode: CS
Jogjakarta, 3 Mei 2019
Kepada,
HRD Hotel Baru
Di Tempat

Dengan hormat,

Bersamaan surat ini, saya;
Nama :
Tempat, Tanggal Lahir :
Alamat :
Pendidikan Terakhir :

Berniat untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bergabung sebagai Cleaning Service. Saya lampirkan pula Sertifikat Pelatihan, Fc. KTP, foto terbaru, dan data lain yang diperlukan.

Besar harapan saya untuk diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

—————–

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan beserta contoh surat lamaran kerja. Dengan memperhatikan tulisan, bahasa yang digunakan, sistematika serta unsur-unsur yang terkandung dalam surat lamaran kerja, mencari pekerjaan menjadi lebih mudah.

Karena Anda telah mencantumkan unsur-unsur surat lamaran kerja secara lengkap. Bahasa yang digunakan pun cukup lugas, padat informasi dan tidak bertele-tele. Pastikan Anda menggunakan bahasa atau kalimat efektif untuk mempermudah pimpinan menyeleksi surat lamaran kerja yang sudah masuk.

Dengan menuliskannya sesuai dan tetap memperhatikan aspek-aspek apa saja yang harus dilakukan dan harus dihindari akan membuat contoh surat lamaran kerja yang Anda tulis cukup bagus.

Menulis surat lamaran kerja akan lebih baik dengan cara ditulis menggunakan tangan. Hal tersebut memberikan nilai lebih bagi Anda. Karena pimpinan perusahaan dapat melihat dan menilai pribadi seseorang melalui tulisan tangannya. Sehingga akan lebih baik menggunakan cara manual.

Dengan menulis surat lamaran kerja secara terpisah yaitu menuliskan contoh surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup secara terpisah. Agar informasi yang diberikan tidak tumpang tindih dan mempermudah pimpinan dalam melihat serta mengetahui data diri Anda secara lengkap.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
error: Content is protected !!