contoh essay

4 Contoh Essay Singkat Disertai Pengertian dan Cara Membuatnya

Contoh Essay – Apakah kamu suka menulis? Jika iya dimanakah biasanya kamu menyalurkan ide tulisanmu? Sebenarnya banyak sekali media yang bisa dijadikan untuk menampung ide dalam bentuk tulisan.

Nah, pada artikel kali ini masih ada kaitannya dengan bakat menulis tadi, yaitu menulis esai. Saya rasa ini adalaha cara paling elegan untuk menyalurkan hobi menulis kamu.

Jangan sampai bakat menulis kamu hanya dituangkan pada media yang salah, sosmed misalnya.


Pengertian Essay


cara menulis essay yang baik
news.uci.edu

Kata essay atau esai berasal dari bahasa Inggris “Esai” yang artinya karangan, artikel, tulisan dan semacamnya. Ada juga yang berpendapat dari bahasa Latin “Esei” yang memiliki makna sastra.

Secara singkat, essay atau esai adalah karangan bebas yang memiliki tujuan subjektif berdasarkan kemauan penulis. Oleh sebab itu, menulis esai menuntut kita untuk sekreatif mungkin agar tulisannya menrik.

Yang dimaksud subjektif adalah mengomentari atau memberi pendapat tentang suatu kejadian yang sudah terjadi. Contohnya; hari ini kita membaca koran tentang banjir di Desa X yang disebabkan oleh jebolnya tanggul. Nah, berita tersebut bisa dijadikan bahan untuk membuat contoh essay.

Jadi essay itu adalah opini tentang suatu hal yang terjadi. Setiap orang tentu mempunyai opini yang berbeda-beda terhadap satu masalah yang sama.

Namun perlu diperhatikan, jika kamu mau membuat contoh essay, buatlah semaksimal mungkin. Jangan hanya menulis apa yang ada dibenak kepala. Tetapi cobalah untuk mengolah kata-katanya agar tulisan essay kamu tersaji dengan baik.

Tentu kamu ingin tulisan essay yang sudah kamu buat dibaca banyak orang. Nah, salah satu cara agar orang mau membaca tulisan kamu adalah dengan menyusun kata-kata semenarik mungkin.


Manfaat Essay


manfaat essay
http://www.bestcolleges.com

Meskipun hanya menulis sebuah opini yang terjadi di masyarakat, jika essay ditulis dengan cerdas maka bukan tidak mungkin bisa menjadi soulsi konkrit terhadap masalah tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diambil dalam menulis essay. Sesuatu pasti akan terlihat manfaatnya jika sudah dilakukan. Begitupun dengan essay, jadi jmulai sekarang jangan pernah ragu untuk berlatih menulis essay.

  1. Berbagi dan membuka pengalaman, ide dan opini kepada orang lain.
  2. Mengembangkan gagasan-gagasan baru dari sudut pandang yang berbeda.
  3. Sebagai jembatan antara pendapat satu dengan pendapat lain yang terjadi di masyarakat.
  4. Sebagai bahan pertimbangan oleh semua pihak dalam mengeluarkan berbagai pendapat.
  5. Sebagai penyeimbang perbedaan pendapat agar tidak saling berbenturan.
  6. Sebagai solusi baru yang mungkin dapat direalisasikan pada bidangnya.
  7. Sebagai alat ukur bagi diri sendiri tentang sejauh mana kemampuan menulisnya.

Cara Membuat Essay yang Baik


tips menulis essay yang baik
pixabay.com

Seperti halnya dalam menulis karya ilmiah, menulis essay yang baik juga harus terstruktur dan sistematis. Akan tetapi kreatifitas penulis tetap menjadi yang utama.

Secara umum, contoh essay mempunyai tiga susunan yang biasa disebut dengan badan atau tubuh esai. Yang pertama adalah latar belakang yang sebagai awal pembahasan. Kedua berisi fakta atau berita yang tersaji. Dan yang ketiga berisi kesimpulan.

Untuk yang sudah terbiasa dan expert, bisa juga menambahkan solusi pada bagian akhir. Sehingga tidak hanya berkomentar, tetapi juga memberikan solusi nyata yang bisa diaplikasikan secara langsung.


Langkah-langkah Cara Menulis Essay


contoh essay singkat
Diamond-Geo.com

Sekarang kita bahas langkah-langkah untuk memulai menulis essay. Berikut ini ada tujuh langkah yang bisa kamu pelajari.

  1. Pilih tema yang memang kamu kuasai. Jangan mengambil topik yang kamu buta di dalamnya.
  2. Jika bingung menentukan tema, tulis saja judulnya terlebih dahulu. Ingat ya, judul dan tema itu berbeda. Menulis judul biasanya akan lebih memudahkan kita menentukan tema apa yang akan diangkat.
  3. Mulailah menulis segala permasalahmu dan ungkapkanlah semua pandanganmu di bagian pembahasan.
  4. Gunakan bahasa yang semua orang mengerti. Hindari kata-kata alay karena akan membingungkan pembaca.
  5. Cobalah untuk melakukan analisa secara subjektif terhadap fakta yang ada, tapi perlu diingat untuk tidak menggunakan kata-kata kebencian. Lebih baik mengkritik yang sifatnya membangun.
  6. Tulisan panjang bukan berarti isinya baik. Tulisan yang terarah lebih penting daripada panjangnya tulisan. Fokus saja pada masalah yang ada. Hanya karena ingin tulisannya panjang, kamu malah keluar dari topik pembahasan.
  7. Masih nyambung ke nomor 6. Periksa lagi tulisan yang sudah dibuat. Buang yang sekiranya tidak perlu dan periksa lagi susunan kata-katanya agar semakin enak dibaca.

Contoh Essay Singkat