16 Cara Mengusir Semut Secara Alami yang Aman Untuk Anak-anak dan Kelurga

Cara Mengusir Semut – Setelah sebelumnya tim redaksi membahas cara mengusir lalat di rumah. Pada kesempatan kali ini, kembali lagi membagikan tips yang masih berhubungan dengan serangga, yaitu tips mengusir semut.

Semut adalah serangga kecil yang suka sekali dengan makanan-makanan manis. Walapun ukuranya kecil, semut termasuk serangga yang terkuat, bagaimana tidak, serangga ini mampu mengangkat benda yang berat dan tingginya 10x lipat dari tubuhnya.

Selain itu, salah satu kekuatan yang terdapat pada hewan ini adalah kekuatan berkelompoknya. Ketika bekerja, semut selalu bergotong royong saling membantu satu dengan yang lain. Semut juga memiliki populasi yang sangat banyak, hampir disetiap sudut bumi terdapat serangga dengan 12.000 spesies ini.

Meskipun tidak menimbulkan penyakit, kehadiran semut dianggap mengganggu apalagi jika dalam jumlah yang banyak. Jika sudah berkoloni, satu piring roti pun akan habis dimakan olehnya.

Ada banyak sekali jenis semut, namun yang paling banyak dijumpai di dalam rumah adalah semut hitam yang suka sekali dengan gula dan manisan lainnya.

Jadi bagaimana cara mengusir semut ini? Mungkin terbesit dalam benak kamu untuk menggunakan pestisida. Eiits tapi itu berbahaya buat manusia. Ada banyak cara untuk mengusir semut tanpa menggunaka bahan-bahan kimia.



cara mengusir semut api
tirto.id

 1. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air  

Ambillah sabun cuci piring dan air, lalau masukan ke dalam botol dan kocok hingga berbusa. Saat ada gerombolan semut, semprotkan cairan tersebut. Maka semut akan berhenti dan berhenti bernafas. Bersihkan semut dengan sapu atau lapa basah dan simpan cairan tadi untuk digunakan lain waktu.

 2. Menggunakan Cuka Putih dan Air  

Campurkan cuka putih dengan air secukupnya dan masukan ke dalam botol semprot. Jika sudah, semprotkan pada koloni semut lalu bersihkan dengan tisu basah atau kain basah.

Selain sebagai pembasmi semut, cairan ini juga bisa sebagai penangkal. Alasannya karena semut tidak suka cuka. Semprotkan cairan tadi pada sela-sela pintu atau jendela yang sering dilewati semut.

 3. Menggunakan Larutan Air Buah Lemon  

Jika cara nomor dua tidak disuka karena bau cukanya, maka bisa menggunakan cairan lemon untuk membunuh semut. Cairan asam sitrat yang terkandung pada larutan lemon akan mengusir semut, karena semut tidak suka dengan cairan tersebut.

Sama halnya dengan cuka, larutan lemon juga digunakan sebagai penangkal semut. Caranya juga sama yaitu dengan menyemprotkan ke bagian-bagian yang dianggap banyak dilalui semut.

 4. Menaburkan Tanah Diatom di Dalam Rumah  

Diatom merupakan suatu kelompok besar dari alga palnkton yang termasuk paling sering ditemui. Kata Diatom sendiri dalam bahasa Yunani yaitu “dia” yang berarti ‘through’ dan “tomos” yang artinya ‘cutting’.

Sedangkan tanah diatom adalah suatu batuan sedimen silika yang secara geologi terbentuk dari kumpulan dan endapan kulit atau kerangka diatomea. Lalu apa hubungannya dengan semut.

Bentuk tanah diatom yang digiling halus hingga membentuk bubuk jika dilalui serangga maka akan melukai kulit bagian luar serangga, termasuk semut. Maka tanah ini sangat ampuh untuk mengusir semut.

Menaburkan tanah diatom di jendela, pintu dan sela-sela ruangan sangat efektif untuk mencegah datangnya semut dan serangga lain. Saat menaburkan, sangat disarankan untuk memakai masker atau paling tidak menutup wajah dengan kain atau tangan kiri.

Karena meski tidak terlalu berbahaya bagi tubuh, namun partikel-pertikel halusnya bisa melukai paru-paru jika terhirup.

Perlu diketahui, saat kondisi basah atau lembab, tanah diatom menjadi tidak efektif. Akan kembali aktif jika keadaannya sudah kering.

 5. Menggunakan Asam Borat  

Berikutnya adalah menggunakan asam borat. Asam ini akan sangat efektif mengusir dan membunuh semut karena akibat yang ditimbulkan jika serangga (tidak semua serangga) menyentuh atau menghirup asam borat begitu hebat.

Saat semut dan serangga lain yang tidak beramnfaat menghirup dan mencerna asam borat, ia akan mengalami keracunan dan mati. Selain itu, asam ini juga menyebabkan kulit luar serangga melepuh.

Asam borat sepenuhnya aman untuk manusia, karena tidak mengandung racun dan yang pasti alami. Namun untuk berjaga-jaga, hindari penggunaannya pada area-area yang mudah dijangkau anak-anak.



cara mengusir semut merah
www.pentaxforums.com

 1. Menggunakan Asam Borat dengan Gula  

Cara pertama untuk mengusir semut dengan perangkap adalah dengan menggunakan asam borat dan gula. Cara ini terbilang efektif, selain murah dan murah.

Alat yang perlu siapkan hanya beberapa potong karton , satu botol sirup atau bahan manis lainnya, dan asam borat. Lalu ikuti langkah berikut untuk membentuknya:

  • Campur 2 sendok makan sirup dan 2 sendok makan asam borat ke dalam wadah (mangkuk, piring,gelas dll).
  • Aduk hingga membentuk seperti pasta dan lengket serta tidak encer. Jika kurang kental, taburkan beberapa sendok lagi asam borat.
  • Lalu gunakan sendok atau alat lain untuk mengoleskan adoanan tadi pada kertas karton yang telah dipotong tadi.

 2. Menempelkan Perangkap Pada Area yang Banyak Semut  

Nah, setelah perangkap berhasil kamu buat, saatnya memasang pernagkap tersebut. Letakan pada tempat yang sering dilalui semut. Seperti misalnya pada rak, lemari dan di depan teras.

Perlu diingat sekali lagi, meskipun tidak berbahaya, sebisa mungkin jangan menletakan perangkap ini pada lemari yang banyak makanannya.

 3. Menunggu Hingga Semut Berhasil Terperangkap  

Semut yang tergoda dengan bau manis akan datang menghampiri perangkap tersebut. Saat sedang makan, semut tidak langsung mati namun racun asam borat akan bekerja di dalam perut semut.

Sedangkan jika masih ada makanan, semut akan membawanya ke dalam sarang dan dimakan oleh teman-temannya, yang akhirnya terkena racun juga. Mungkin cara ini tidak menghilangkan secara tuntas semut-semut di dalam rumah kamu, tapi paling tidak bisa mengurangi populasinya.

 4. Mengganti Jika Perangkap Sudah Kering  

Perangkap yang telah kering harus diganti, biasanya selang 2-3 hari perangkap akan mengering. Ulangi lagi caranya seperti di atas.

 5. Jangan Mengambil Perangkap Jika Masih Ada Semut yang Datang  

Beberapa minggu kemudian, kamu akan melihat semakin sedikit jumlah semut yang datang menghampiri perangkap tersebut. Itu artinya perangkap bekerja efektif.

 6. Menggunakan Perangkat Boraks dan Tepung Jagung untuk Membunuh Larva Semut  

Kenali sifat semut, makanan semut pekerja berupa makanan cair, bukan padat. Jika mereka (semut pekerja) menemukan tepung jagung, maka akan membawanya ke sarang yang selanjutnya diberikan pada larva semut.

Larva semut akan mengubah tepung jagung yang padat menjadi makanan cair yang nantinya bisa dimakan oleh semua pekerja. Nah, melihat fakta tersebut, maka kita bisa membuat perangkap menggunakan tepung jagung yang dicampur dengan boraks.

Cara membuatnya; tuangkan tepung jagung dan boraks ke dalam piring dan campurkan keduanya. Cara lain kamu bisa membuat pasta seperti perangkap di atas dan mengoleskannya pada dinding, lemari dan jendela rumah.



Cara Mengusir Semut
www.fimadani.com

Cara ini mungkin untuk sebagian orang terbilang sadis dan dapat menghancurkan siklus hidup hewan. Namun jika kamu sudah jengkel dengan semut-semut yang belum juga hilang, bisa mencoba cara ini.

 1. Melacak Keberadaan Sarang Semut  

cara mengusir semut rangrang
zainfadhil.files.wordpress.com

Untuk membasmi sarang semut kamu harus tahu di mana lokasi saranganya, ya iyaaah lah. Cara paling mudah adalah dengan mengikuti jejak semut hingga menemukan gundukan yaitu sarangnya.

Sebagai informasi, letak rumah semut itu terbagi menjadi beberapa berdasarkan spesiesnya. Berikut ini penjelasaannya:

  • Semut Pudak

Ciri dari semut pudak adalah bau sengir yang khas jika kamu memencetnya. Spesies ini biasa membuat sarang di dalam rumah kita. Yaitu pada jendela atau dinding. Selain di dalam rumah, mereka juga akan membuat sarang pada tumpukan kayu, dedaunan dan di bawah bebatuan.

  • Semut Hitam Kecil

Ini yang paling banyak dijumpai di rumah-rumah. Cirinya yaitu bentuknya kecil dan kalau berjalan pelan serta beriringan. Sarang mereka biasanya berada di tempat teduh.

  • Semut Ubin

Sesuai namanya sarang semut ini berada pada ubin atau trotoar jalan. Sarang semut ini sulit terlihat karena lokasinya yang di dalam ubin, tapi jika kamu mau berusaha pasti akan melihat secara langsung sarang-sarang semut tersebut.

  • Semut Api

Ciri dari semut ini adalah gigitannya yang panas. Jangan sekali-kali kamu menyentuh atau menginjak jenis semut ini kalau tidak mau seluruh tubuhmu serasa terbakar.

Sarang mereka berada pada gundukan besar di atas tanah yang terbuat dari butir-butir seperti pasir.

 2. Siapkan Satu Ceret Air Panas dan Menyiramkannya ke Dalam Sarang  

Setelah kamu menemukan sarang mereka, langkah selanjutnya mengisi ceret dengan air panas yang masih mendidih. Kemudian dengan cepat siramkan ke dalam sarang semut.Dengan cara ini, maka akan membunuh ratusan semut yang terkena siraman dan juga akan menghancurkan sarangnya.

Cara lain adalah dengan menggunakan cairan sabun dan menyiramnya ke dalam gundukan sarang semut. Jiak yang dihadapi adalah jenis semut api, jangan lupa untuk memakai pakaian yang rapat.



Cara Mengusir Semut secara alami
kris170845.files.wordpress.com

 1. Membuat Garis Pembatas  

Seperti jenis serangga lain, semut juga tidak menyukai bahan alami tertentu. Misalnya, kayu manis, cabai merah, lemon dan bubuk kopi. Buatlah garis dengan menggunakan salah satu bahan tersebut di sekitar jendela atau dinding. Dengan ini semut tidak akan berani melewati garis tersebut dan rumah kamu tidak akan kedatangan semut-semut.

 2. Menggunakan Minyak Esensial  

Beberapa jenis minyak esensial tidak disukai oleh semut. Misalnya minyak lemon, minyak pepermin, minyak eukaliptus, lavendel dan minyak kayu cedar. manfaatkan bahan-bahan alami tersebut untuk mengusir semut di rumah kamu.

 3. Merapatkan Rumah  

Jangan beri celah semut-semut yang berada di luar untuk masuk ke alam rumah. Memang agak sulit, apalagi semut merupakan hewan kecil yang tidak mungkin kita pantau terus pergerakannya.

Namun jika bisa dipraktekan, cara ini juga terbilang efektif. Bagian-bagian yang perlu diperhatikan bisanya pintu, jendela dan retakan pondasi rumah.

****

Itulah tips dan cara mengusir semut tanpa menggunakan bahan kimia. Cara yang telah dijelaskan semuanya aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan lain. Namun ada sedikit yang perlu diperhatikan dan semuanya telah saya jelaskan di atas.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest