cara mengusir nyamuk

16 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami yang Aman Untuk Keluarga

CARA MENGUSIR NYAMUK – Hewan satu ini memang sangat mengganggu, apalagi jika kita sedang asyik belajar, ehh tiba-tiba bunyi “ngiiiing“.

Sebel banget pastinya..Nyamuk juga sering membuat konsentrasi kita hilang, karena gigitannya menyebabkan rasa gatal.

Nyamuk merupakan serangga yang banyak mudharatnya dari pada manfaatnya. Ia-nya adalah salah satu penyebab jumlah kematian manusia meningkat di setiap tahunnya.

Ada banyak jenis nyamuk dan yang paling berbahaya adalah nyamuk demam berdarah yang dalam bahasa kerennya Aedes aegepti.

Mengetahui bahaya yang ditimbulkan oleh nyamuk tersebut, tentunya kita harus waspada. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mengusir nyamuk yang ada disekitar kita. Lalu bagaimana mengusir nyamuk yang efektif?

Pada kesempatan kali ini, tim redaksi kami akan membagikan tips dan cara mengusir nyamuk secara alami yang terbukti ampuh dan aman.



Mengusir nyamuk dengan alat dan bahan-bahan tradisional tentu lebih aman. Selain itu bahan-bahannya pun mudah didapatkan karena ada di sekitar kita. Ada 11 cara untuk mengusir nyamuk secara tradisional ini, berikut penjelasannya.

1.  Menggunakan Botol Plastik Bekas  

cara mengusir nyamuk secara alami
ytimg.com

Trik ini bisa kamu lakukan hanya dengan mengandalkan botol yang sudah ngga dipakai lagi. Caranya juga sangat mudah, ikuti saja step-stepnya di bawah ini.

  • Ambil botol bekas dan potong pada bagian atasnya (pada bagian yang melengkung)
  • Tuangkan 50 gram gula dan 200 ml air hangat ke dalam botol tadi.
  • Biarkan hingga air kembali ke suhu normal dan tambahkan 1 gr gula lagi. Biarkan saja jangan diaduk.
  • Selanjutnya pasang kembali potongan botol dalam keadaan terbalik.
  • Letakan pada area yang banyak nyamuknya, dan tunggu mangsamu datang dengan sendirinya.

2.  Menggunakan Daun Serai  

cara mengusir nyamuk dengan daun serai
kumpulan.info

Kamu, kaum perempuan pasti familiar dengan tanaman ini, karena memang menjadi salah satu bumbu dapur. Jika kamu jeli, bau tajam dari daun sereh/serai ini mampu mengusir nyamuk yang menyebalkan.

Kok bisa? Ya bisalah, kalau ngga percaya silahkan coba sendiri dirumah. Caranya ada dibawah ya..

  • Ambil atau belilah beberapa batang serai, kemudian disiangi dan buang yang kering lalu bersihkan.
  • Ketika hari sudah mulai malam, kira-kira jam 5 sore, kita mulai aksi mengusir nyamuk dengan daun serai ini.
  • Seperti kita tahu, nyamuk mulai keluar ketika malam hari. Kita harus mempersiapkan semuanya sebelum para gerombolan nyamuk menyerang.
  • Batang-batang serai yang sudah disiapkan tadi dipotong kasar, kemudian letakkan ke dalam wadah terbuka.
  • Nah, selanjutnya tempatkan pada area-area yang tidak ingin di datangi nyamuk. Biasanya ada di ruang tidur, ruang tamu, ruang makan dan ruang santai.
  • Ingat ya, satu wadah untuk satu ruangan, jadi jika rumah kamu ada banyak ruangan maka buatlah yang banyak.

3.  Menggunakan Larutan Vitamin C dan B2  

cara mengusir nyamuk dengan campuran vitamin c

Ini sama halnya kamu menggunakan lotion anti nyamuk yang dijual di toko-toko. Bedanya kamu sendiri yang meraciknya dan lebih aman pastinya karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

Untuk membuatnya kamu cukup mencari bahan-bahan yang mengandung banyak vitamin C dan B2. Misalnya jeruk dan apel.Kemudian campur keduanya hingga membentuk lotion dan oleskan ke tangan, kaki serta leher.

4.  Menggunakan Kulit Jeruk Kering  

Cara Mengusir Nyamuk Secara Tradisional
http://www.kabarmaya.co.id

Jangan sepelekan kulit jeruk, karena bisa kamu gunakan sebagai obat anti nyamuk alami. Cukup letakan kulit jeruk pada ruangan-ruangan yang banyak nyamuknya. Gampang dan murah!

5.  Menggunakan Daun Kemangi  

daun kemangi sebagai pengusir nyamuk
vebma.com/

Daun kemangi biasanya dipakai buat lalapan. Namun tidak semua orang doyan daun ini. Dariapada mubadzir ngga kemakan, lebih baik kamu oleskan pada tangan, kaki dan area badan lain yang agar nyamuk tidak berani hinggap di tubuhmu.

6.  Makan Bawang Putih  

cara mengusir nyamuk dengan makan bawang putih
perutgendut.com/

Ternyata mitos kalau vampir ngga suka sama bawang putih itu benar. Buktinya nyamuk tidak akan menggigit orang yang makan bawang putih. Soal aroma, itu nomor dua, yang penting kamu bebas dari gigitan nyamuk.

7.  Menggunakan Warna Kuning  

mengusir nyamuk dengan ruangan berwarna kuning
rooang.com

Warna kuning ampuh untuk mengusir nyamuk yang berkeliaran. Gunakan selimut warna kuning, gorden warna kuning, baju warna kuning dan kerudungi lampu dengan kertas warna kuning. Dijamin nyamuk bakal kabur.

8.  Menggunakan Minyak Kayu Putih  

cara mengusir nyamuk dengan minyak kayu putih
tokopedia.com

Aroma pada minyak kayu putih bisa membuat gerombolan nyamuk kabur terbirit-birit. Ini dikarenakan mereka tidak menyukai baunya, tau kenapa? Wah itu si urusan si nyamuk, yang penting ngga ada lagi hewan ini di rumah kita. Biar lebih irit, campur minyak kayu putih dengan air lalu semprotkan.

9.  Menggunakan Lilin Aromatherapy Rasa Lavender  

lilin lavender sebagai pengusir nyamuk

Selain bisa membuat pikiran dan hati tenang, lilin aromateraphy ini mampu mengusir nyamuk secara maksimal. Yang perlu kamu lakukan adalah menyalakan lilin aromatherapy di ruangan seperti kamar dan ruang makan.



 

1.  Menggunakan Tanaman Marigold  

Tanaman Marigold
iacpublishinglabs.com/

Sebagian orang masih asing dengan tanaman ini. Masyarakat Bali biasa menyebutnya dengan bunga Gumitir. Tanaman Marigold mempunyai dua jenis, yaitu bunga tagetes erecta dan tagetes patuta.

Bunga ini sangat disukai kupu-kupu, tapi tidak dengan nyamuk. Aroma yang ditimbulkan dari bunga ini membuat nyamuk pusing dan mabuk.

2.  Menggunakan Tanaman Zodia  

Tanaman Zodia
http://www.khasiat.co.id

Tanaman Zodia mengandung rutaecarpine dan evodiamine yang dibenci oleh serangga-serangga termasuk nyamuk. Tanaman ini juga bisa dijadikan obat gatal akibat gigitan nyamuk.

Kamu bisa menanam tumbuhan ini di dalam pot depan atau belakang rumah. Jika terkena angin, aroma dari tanaman ini akan tersebar ke sudut-sudut rumah kamu. Sehingga nyamuk dan serangga lain tidak berani masuk.

3.  Menggunakan Tanaman Kecombrang  

Tanaman Kecombrang

Nama lain dari tanaman ini adalah honje dan kantan. Tanaman ini sangat direkomendasikan untuk mengusir nyamuk. Selain itu, bentuk bunga pada tanam ini bisa dijadikan hiasan karena bentuk dan warnanya yang cantik.

4.  Menggunakan Tanaman Rosemary  

Tanaman Rosemary
mercola.com

Aroma yang mirip dengan minyak kayu putih dari tanaman ini, sangat ampuh digunakan sebagai salah satu cara mengusir nyamuk di rumah kamu. Tanaman ini bisa ditanam di dalam pot atau pun pada media tanah langsung.

Jika menanamnya di dalam pot, pastikan asupan sinar matahari dan airnya mencukupi agar tumbuh dengan subur.

5.  Menggunakan Akar Wangi  

Tanaman Akar Wangi

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah akar wangi atau vetiver atau rumput vetiver. Tanaman ini tumbuh liar di alam, namun bisa ditanam di dalam pot. Bau tanaman ini sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga mereka tidak berani mendekatinya.

Konon, tanaman ini bisa dipakai sebagai obat pencegah demam berdarah karena aromanya lebih tidak disukai oleh nyamuk Aedes Aegepty.

6.  Tanaman Suren  

tanaman suren

Salah satu zat yang dibenci oleh nyamuk adalah zat surenolakton, surenin dan surenon. Nah, zat-zat tersebut terdapat pada tanaman Suren sehingga sangat ampuh mengusir nyamuk.

Biasanya para petani menanam Suren untuk mengusir hama-hama yang merusak tanaman mereka. Untuk mengusir nyamuk, tanamlah pohon Suren di pelataran depan rumah kamu.

7.  Tanaman Geranium  

Tanaman Geranium
http://anjanglestary.blogspot.co.id

Nama Geranium lebih dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia dengan Tapak Dara. Nyamuk akan berusaha menghindari tanaman ini karena terdapat kandungan zat sitronelol dan geraniol.

Kedua zat tersebut sangat mudah tertiup angin sehingga mudah juga tersebar ke ruang-ruang di sekelilingnya. Kamu bisa menanamnya di dalam maupun di dalam rumah.

Demikian sederet cara mengusir nyamuk dengan cara yang alami. Sebelum kamu menggunakan bahan-bahan kimia seperti spray dan obat bakar anti nyamuk, cobalah gunakan bahan-bahan alami seperti yang sudah kami ulas diatas.

Efeknya adalah keluarga kamu terbebas dari nyamuk serta bahan kimia yang berbahaya. Sekian dulu pembahasan tips mengusir nyamuk ini, semoga bisa bermanfaat.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
error: Content is protected !!