cara mengusir lalat

13 Cara Mengusir Lalat yang Terbukti Ampuh dan Aman

Cara Mengusir Lalat – Salah satu yang jenis serangga yang kerap kali menggangu kenyamanan rumah kita adalah lalat. Apalagi ketika kita lagi enak-enaknya makan, tiba-tiba lalat hinggap di atasnya. Hiii pasti kamu merasa jijik ya..

Apalagi kita tahu, lalat ini suka sekali hinggap di tempat-tempat yang kotor. Jika dia hinggap di makanan kita maka akan menimbulkan penyakit. Meskipun tidak menggigit, lalat-lalat ini bisa menimbulkan penyakit seperti salmonella, malaria dan TBC.

For your information, lalat mampu menetaskan hingga 500 telur pada permukaan makanan. Perkembangannya juga sangat cepat, jadi meskipun kamu sudah mengusirnya berkali-kali lalat ini akan tetap ada.

Kehadiran lalat di dalam rumah biasanya disebabkan lingkungan kita yang kotor. Meskipun rumah kita sudah terjaga kebersihannya, akan tetapi jika lingkungan sekitar tidak mendukung, sudah dipastikan lalat akan berdatangan.

Maka dari itu, tim redaksi kali akan membahas bagaimana cara mengusir lalat yang terbukti efektif.



cara mengusir lalat yang ampuh
flickr.com

Kamu pasti setuju mencegah lalat masuk ke rumah itu lebih penting dan utama ketimbang mengusirnya. Berikut ini cara mencegah datang lalat yang tebukti efektif.

 1. Mencegah Lalat dengan Benda-benda di Rumah  

  • Menggunakan sabun bekas cuci piring. Caranya adalah dengan menuangkan sabun cuci sebanyak 2,54 cm ke dalam mangkok kemudian dicampur dengan air 2,54 cm. Dengan cara ini lalat akan tertarik dengan aroma sabun yang akhirnya tenggelang ke dalam air.

Untuk hasil terbaik, pilih sabun cuci beraroma buah, misalnya lemon atau apel.

Teteskan sedikit cuka apel jika lalat yang tertangkap sedikit. Cuka berguna untuk menarik perhatian lalat.

  • Menggunakan campuran cabai. Lalat tidak suka dengan bau cabai merah. Tumbuk dan campurkan dengan air secukupnya ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan pada bagian-bagain rumah yang sekiranya banyak dihinggapi lalat.
  • Menggunakan herbal. Selain cabai, lalat juga benci dengan aroma lavender, kemangi dan mint.
  • Mengelabui lalat menggunakan kantong plastik yang disis air. Pantulan cahaya yang ditimbulkan dari kantong plastik tersebut akan dikira oleh lalat sebagai sarang laba-laba, sehingga dia akan menghindarinya.

 2. Mencegah Lalat dengan Perangkap  

Menggunakan pernagkap lalat mungkin cara yang paling instan dan mudah. Untuk yang tidak mau repot, bisa memakai cara ini. Saat ini banyak sekali toko-toko yang menjual perngkap lalat.

Salah satu contoh pernagkap lalat adalah lampu lalat dan kertas lalat. Banyak restoran-restoran dan tempat makan yang menggunakan cara ini.

 3. Mencegah Lalat dengan Kebersihan  

Seperti yang sudah saya jelaskan, kehadiran lalalt disbebakan salah satunya adalah lingkungan kita yang kurang bersih. Oleh sebab itu, dengan selalu menjaga kebersihan diri dan rumah kita, maka akan meminimalisir menjamurnya wabah lalat di dalam rumah.

Berikut ini contoh kecil mencegah lalat dengan menjaga kebersihan:

  • Menyimpan dan membuang sampah pada tempatnya, terutama sampah makanan. Karena lalat suka sekali mendatangi sampah bekas makanan.
  • Simpanlah buah dan sayuran di dalam kulkas.
  • Membersihkan lantai dan mengepel lantai dengan cairan lantai aroma buah.
  • Menutup pintu-pintu atau dengan membuat jaring  pada jendela-jendela rumah.
  • Sebagai tambahan, siapkan alat pemukul lalat.


cara mengusir lalat secara alami
http://www.asliindonesia.net

Cara paling cepat untuk mengusir lalat adalah dengan menggunakan alat pengusir lalat. Yang paling banyak dipakai adalah dengan semprotan serangga dan kertas lem.

Alat ini banyak dijual di toko dan supermarket. Namun yang menjadi masalah adalah, biasanya di dalamnya mengandung bahan-bahan campuran kimia yang berbahaya bagi kesehatan keluarga.


 


cara mengusir lalat hijau
http://www.sisidunia.com

Ada opsi lain jika keluarga kamu tidak ingin terkontaminasi bahan-bahan kimia. yaitu dengan memakai bahan-bahan alami. Mengusir lalat memakai bahan alami lebih aman, namun kamu harus sedikit berusaha.

Berikut ini cara alami mengusir lalat yang terbukti ampuh dan yang pasti aman untuk keluraga.

 1. Menggunakan Daun Pandan  

Mungkin selama ini kita tidak sadar, selain sebagai pengharum dan penyedap makanan, daun pandan juga memiliki fungsi lain sebagai pengusir lalat. Bagaimana caranya? Cukup ambil dan potong daun pandan kecil-kecil, lalu letakan di mangkuk atau tempat lain.

Setelah itu letakan dimana lalat berdatangan. Tunggu beberapa saat maka lalat akan hilang.

 2. Menggunakan Lavender  

Masukan beberapa tangkai bunga Lavender ke dalam pot dan taruh pada tempat yang banyak lalatnya. Bisa juga dengan membuat banyak pot berisi Lavender  dan diletakan pada spot-spot yang banyak lalatnya.

Selain lalat, bunga Lavender juga ampuh untuk mengusir nyamuk. Dua serangga ini memang sangat menjengkelkan jika berada di dalam rumah kita.

 3. Menggunakan Biji Cengkeh  

Biji cengkeh yang harum tidak disukai lalat. Untuk mengusirnya yaitu dengan merendam biji cengkeh ke dalam mangkuk yang berisi air. Lalu taruh pada area-area yang banyak dihinggapi lalat.

 4. Menggunakan Jeruk Lemon  

Wangi lemon juga sangat dibenci lalat. Oleh sebab itu, lemon banyak dipakai oleh produk pengusir lalat sebagai bahan utamanya. Kamu juga bisa membuat sendiri yaitu dengan mengambil beberapa buah jeruk lemon.

Potong dan iris menjadi 4 bagian. Pada bagian tengahnya tancapkan buah cengkih kering lalu letakan pada mangkok atau piring. Dengan perpaduan wangi lemon dan harum cengkeh lalat akan merasa terusik dan lama-kelamaan akan pergi.

 5. Menggunakan Kayu Manis, Bawang Putih dan Bubuk Cabai  

Tumbuk dan campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam botol, lalu taburkan pada sudut-sudut ruangan atau tempat yang berpotensi  mendatangkan lalat.

 6. Menggunakan Lilin  

Alasan lilin bisa mengusir lalat adalah karena asapnya. Sifat lalat yang tidak suka asap akan terganggu dengan adanya asap lilin. Oleh sebab itu kita banyak menjumpai di tempat makan yang menyalakan lilin padahal masih siang hari.

 7. Menggunakan Plastik Air dan Uang Koin  

Seperti beberapa jenis serangga lain, lalat memilki memiliki mata majemuk. Yaitu jenis mata yang mempunyai respector warna individual. Jenis mata ini memiliki pandangan yang sangat luas, sehingga tidak berfokus pada satu titik.

Dengan alasan inilah, plastik air yang berisi koin akan mengganggu penglihatan lalat. Karena pantulan cahayanya akan membiaskan pandangan lalat sehingga fokusnya terganggu. Maka lalat memilih pergi meninggalkan tempat tersebut.

 8. Menggunakan Compact Disk (CD) Bekas  

Hampir sama dengan cara nomor 7, pantulan cahaya yang ditimbulkan dari CD bekas akan menekut-nakuti lalat. Cara mengusirnya yaitu dengan menggantung beberapa CD bekas di atap atau tempat yang sekiranya ada cahaya.

 9. Menggunakan Kipas Angin  

Angin yang dihasilkan dari kipas angin dapat menghalau laju terbang lalat. Penggunaan kipas angin untuk mengusir lalat biasanya banyak ditemui di daerah yang panas, seperti Kota Jakarta.

*****

Demikian tips dan cara mengusir lalat yang bisa langsung kamu aplikasikan. Sangat menyebalkan memang, ketika sedang asi makan atau lagi enak tidur tiba-tiba lalat datang.

Semoga cara mengusir lalat yang telah tim redaksi bahas bisa menyelesaikan masalah kamu. Jangan lupa share ya agar banyak yang tahu.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
error: Content is protected !!