Cara Menghilangkan Kutil

12 Cara Menghilangkan Kutil Menggunakan Bahan Alami

CARA MENGHILANGKAN KUTIL – Meskipun bentuknya kecil dan tidak berbahaya, tumbuhnya kutil di bagian tubuh tertentu di rasa sangat mengganggu. Selain mengurangi rasa percaya diri, kutil juga bisa menyebabkan rasa sakit apabila tertekan.

Sebab munculnya kutil dikarenakan oleh virus HPV (Human papilomavirus) yang menempel di bagian atas kulit.Kemudian ia masuk ke dalam jaringan tubuh melalui kulit yang terluka.



Perlu diketahui bahwa kutil yang tumbuh pada tubuh manusia itu bermacam-macam. Ada yang kecil ada pula yang besar. Untuk lebih jelasnya, perhatikan keterangan berikut ini:

1.  Kutil Biasa  

jenis kutil
gizikita.net

Jenis ini merupakan yang paling umum dan sering kita temukan. Ukurannya pun bermacam-macam, mulai dari 0,1 hingga 1 cm dan area tubuh yang sering diserang adalah bagian lutut dan jari.

Ciri dari kutil ini adalah permukaannya yang kasar dan keras serta terdapat bintik-bintik kecil gelap akibat dari pembuluh darah kita yang membeku.

Dalam bahasa latinnya, kulit biasa disebut dengan Verruca vulgaris.

2.  Kutil Pipih  

Jenis Kutil Pipih
gizikita.net

Ciri fisik dari kutil ini adalah bentuknya yang datar (ukuran 0,2 – 0,4 cm) dan warna yang menyesuaikan kulit penderitanya, bisa kekuningan atau kecokelatan. Kutil yang dalam bahasa latin verruca plana ini biasa tumbuh pada bagian tangan, kaki , wajah dan penderitanya didominasi oleh anak-anak.

3.  Kutil Periungal  

Jenis Kutil
gizikita.net

Nama lain dari kutil ini adalah periungal warts dan biasa tumbuh di bagian kuku tangan atau kaki. Kutil jenis ini bisa dilihat secara jelas karena permukaannya yang kasar dan dalam waktu lama bisa merubah bentuk kuku.

Oleh sebab itu, kutil ini akan menyebabkan rasa sakit bagi penderitanya. Jika sudah terlanjur tumbuh, lebih baik potong kuku untuk menghindari hal-hal yang lebih buruk. Tapi sebelumnya, anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli.

4.  Kutil Filiformis  

kutil filiformis
gizikita.net

Secara kasat mata kutil filiformis terlihat memanjang dan tumbuh di bagian wajah, leher serta ketiak. Ada juga yang tumbuh disekitar kelopak mata. Nama lain dari kutil ini adalah filiform warts atau verruca filiformis.

5.  Kutil Plantar  

Kutil Plantar
gizikita.net

Umumnya masyarakat kita menyebutnya dengan “mata ikan”. Kutil ini juga menyebabkan rasa sakit karena bentuknya yang menjorok  ke dalam kulit. Ciri fisiknya bisa kita amati dari bentuknya yang pipih dan terdapat titik hitam di tengah dengan arena disekitarnya berwarna putih.

Kutil plantar biasanya tumbuh di telapak kaki, meskipun kadang juga tumbuh di anggota tubuh lain. Kutil plantar memiliki nama lain verrucas atau plantar warts.


Secara alami sebenarnya kutil bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Namun yang menjadi masalah adalah, berapa banyak orang yang sabar menghadapi keberadaan kutil ini hingga berbulan-bulan.

Maka dari itu banyak sekali yang mencari bagaimana cara menghilangkan kutil secara instan dan alami. Jika anda termasuk salah satunya, berikut ini kami berikan tips menghilangkan kutil dengan bahan-bahan alami.

1.  Menggunakan Perekat  

Ambil perekat dan tempelkan pada area yang ada kutilnya, lalu biarkan selama kurang lebih satu minggu (bisa lebih). Setelah itu lepaskan dan rendam kutil dengan air hangat. Sembari direndam cobalah untuk menggosok lembut kulit anda agar kulit mati akibat kutil tersebut bisa hilang.

Lakukan secara berulang hingga kutil benar-benar hilang dari kulit anda.

2.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh  

Ya, kekebalan tubuh merupakan faktor utama kesehatan manusia. Jika kekebalannya lemah, sudah pasti penyakit akan mudah menyerang. Layaknya perang, jika pertahanannya lemah maka mudah sekali bagi musuh untuk masuk dan menaklukannya.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan kekebalan sistem imun tubuh antara lain, biji bunga matahari, roti gandum, bawang putih dan ubi. Selain itu, jangan lupakan olahraga, meskipun hanya lari-lari kecil.

3.  Menggunakan Bawang Putih  

obat penghilang kutil
ahlinyapenyakitjantung.web.id

Selain sebagai salah satu obat pengusir nyamuk, bawang putih juga bisa dipakai untuk mengobati kutil yang membandel. Untuk menggunakannya, silahkan ikuti caranya dibawah ini:

  • Ambil dan cuci bersih bawang putih lalu iris kecil-kecil.
  • Cuci bersih dan keringkan kutil dengan memakai air hangat, sabun dan handuk.
  • Oleskan irisan  bawang putih ke area kutil dan plester kutil semalaman.
  • Ulangi prosesnya keesokan harinya hingga kutil menghilang.

4.  Menggunakan Larutan Garam  

obat penghilang kutil di wajah
hifzilwahyudi.wordpress.com

Kandungan abrasif pada garam bisa membantu mengangkat sel kulit mati di sekitar kutil. Untuk mengobati kutil dengan garam, lakukan step-step berikut:

  • Rendam kutil di dalam air garam selama kurang lebih 10 menit. Tambahkan sedikit air hangat untuk melembabkan kulit.
  • Ambil batu apung dan usapkan secara perlahan ke kutil hingga kulitnya mengelupas.
  • Kemudian tekan kutil menggunakan kapas, kurang lebih 5-10 menit.
  • Cuci hingga bersih dan tutup bekas kutil menggunakan plester.

5.  Menggunakan Baking Powder dan Minyak Kastor  

cara menghilangkan kutil dengan baking powder
http://www.seriouseats.com

Jika anda mempunyai baking powder di rumah, manfaatkan bahan tersebut untuk mengobati kutil. Senyawa mineral aktif yang dikandung baking powder  bisa membantu mempercepat proses pengelupasan kulit.

Untuk hasil yang joss, kombinasikan dengan minyak kastor yang dikenal kaya akan senyawa vitamin. Untuk meramunya, silahkan ikuti caranya berikut ini:

  • Campurkan kedua bahan tadi menjadi satu lalu dengan menggunakan kapas, oleskan pada kutil.
  • Tutup kutil dengan plester dan ulangi lagi keesokan harinya.

Perlu diketahui bahwa campuran ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi perlu diperhatikan penggunaannya.

6.  Menggunakan vitamin C dan E  

(UPDATE…..)

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
error: Content is protected !!