Cara Menambah RAM Android Tanpa Root yang Terbukti Berhasil

CARA MENAMBAH RAM – Alasan mengapa banyak orang beralih menggunakan smartphone Android adalah karena kemampuannya. Handphone Android tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi saja, namun mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di komputer saja. Misalnya menyimpan dokumen penting, kirim email dengan cepat dan lain-lain.

Kemampuan luar bisa tersebut tak lain karena “daleman” Android yang sudah hampir menyamai laptop. Dulu RAM 64 MB sudah menjadi primadona di kalangan pengguna handphone. Kini 64 MB dianggap cupu bahkan tidak berguna.

Sejak kemunculannya pada tahun 2007, Android sebagai sistem operasi yang dikembangkan oleh Google mengalami transformasi yang luar biasa. Puncaknya pada tahun 2010, dimana Google mengeluarkan Nexus One sebagai ponsel pintar dengan sistem operasi Android.

Hingga kini, ponsel Android mengalami perkembangan yang cepat, mulai dari performa dan desainnya. Sebagai pengguna, tentu kita menginginkan kemampuan smartphone yang mumpuni. Salah satu faktor yang mempengaruhi itu adalah besarnya RAM yang disematkan pada ponsel Android tersebut.

Bagi yang memiliki bugdet besar tentu bukan menjadi masalah jika menginginkan ponsel Android dengan kapasitas RAM besar. Sebaliknya, yang memiliki dana pas-pasan harus gigit jari. Pertanyaannya adakah cara untuk menambah RAM Android?

Nah, pada artikel ini, tim redaksi akan mencoba mengulas bagaimana caranya agar smartphone yang memiliki RAM kecil bisa bekerja layaknya ponsel dengan RAM yang besar. Cara menambah RAM yang akan dilakukan adalah dengan bantuan aplikasi yang ada di Play Store.

Baiklah langsung saja kita mulai pembahasannya..


Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi Smart Booster


aplikasi smart ram booster
http://www.detikgadget.net

Untuk menambah RAM Android, anda bisa menggunakan aplikasi Smart Booster. Aplikasi ini akan menghentikan program-program tidak berguna pada Android sehingga bisa memaksimalkan kinerja RAM.

Aplikasi ini tidak membutuhkan akses root jadi anda tidak peru khawatir. Dan bagi yang sudah di root, akan ada menu khusus yang bisa meningkatkan kerja RAM lebih maksimal lagi.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulainya.

  • Download dan instal Smart Booster di Play Store.
  • Buka aplikasinya dan dan klik “Start Now” dan untuk melegakan RAM tekan ikon roket.
  • Agar kinerja RAM lebih maksimal, masuk ke Setting dan pilih Ram Boost kemudian ubah menjadi Aggresive.
  • Kemudian masih dalam menu Ram Boost, ceklis Boost When Screen Off. Ubah Delay to Boost When Screen Off ke Immediately.
  • Mungkin anda berfikir berarti saya harus melakukannya setiap waktu. Untungnya anda bisa mengatur agar pelepasan RAM yang dilakukan bisa berjalan otomatis. Caranya ceklis Boost Automatically ubah dari RAM Threshold (MB) menjadi 100MB dan setting Boost Interval menjadi 5 minutes atau lebih.
  • (Root) Untuk yang smartphonennya sudah dalam keadaan root, masuk ke menu Experimental kemudian centang Root RAM Booster.

Baca:

Spesifikasi Asus Vivobook S200 | Notebook Mungil Untuk Kebutuhan Mobilitas Anda


Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi RAM Control Extreme Pro


Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi RAM Control Extreme Pro
youtube.com

Aplikasi RAM Control Extreme Pro bisa anda download di Google Play Store. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Play Stote, download dan instal aplikasi RAM Control Extreme Pro.
  • Jalankan aplikasinya, pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih fitur RAM Booster agar kapasitas RAM meningkat.
  • Tekan menu start pada tombol Auto RAM Booster supaya proses peningkatan RAM segera berjalan. Anda juga bisa mengatur waktu dari sistem Auto Ram Booster pada tombol tab Setting.
  • Tekan tab Task Killer untuk menghentikan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.
  • Jika anda mengingankan aplikasi tertentu tidak mati saat tab Tas Setting ditekan, masukan daftar aplikasi tersebut ke dalam white list.

Menggunakan Aplikasi Sweapper


Swapper
androox.com

Aplikasi ini juga tersedia gratis di Play Store, dan juga tidak membutuhkan root untuk menggunakannya. Cara menambah ram Android dengan aplikasi ini dapat anda lakukan melalui tutorial berikut.

  • Seperti biasa download dan instal pada smartphone anda.
  • Buka aplikasi dan pilih menu Active Swap on Boot.
  • Pada bagian Swap File Position, pilih SD Card FAT Partition.
  • Dan pada bagian Swap File Size, masukan berapa jumlah kapasitas virtual memory yang diinginkan.
  • Klik simpan.

Cara Menambah RAM dengan Aplikasi <2GB RAM Booster


Cara Menambah RAM dengan Aplikasi <2GB RAM Booster
androox.cm

Jika ke tiga cara diatas dirasa belum memuaskan anda, mungkin <2GB RAM Booster bisa membantumu.

  • Download dan instal melalui Play Store.
  • Pada interface awalnya, anda akan melihat gambar prosesor dengan tulisan Boost di bagian tengahnya. Yang perlu dilakukan adalah dengan menekan tulisan tersebut.
  • Tunggu beberapa detik, aplikasi sedang bekerja untuk Android anda.
  • Jika sudah selesai, coba cek kembali kapasitas RAM anda, pastinya sudah sedikit lebih lega jika dibandingkan sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Nah, itulah cara menambah RAM Android tanpa root. Untuk melakukan pengujian, bukalah aplikasi atau game yang memerlukan source RAM yang besar. Jika pas dijalankan lancar tanpa lag, berarti trik menambah RAM Android berjalan sesuai dengan rencana.

Terimakasih sudah berkunjung, jika berkenan silahkan share artikel ini ya..

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on WhatsappShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest