4 Cara Mudah Membuat Squishy

Cara Membuat Squishy – Mungkin masih belum banyak yang tahu apa itu squishy, apalagi proses pembuatannya.

Squishy diambil dari bahasa inggris yang mana artinya adalah menggambarkan seseorang untuk bisa meremasnya, sedangkan di Indonesia lebih diartikan ke dalam sesuatu yang menggemaskan.

Squishy ini terbuat dari bahan busa yang lembut dan juga empuk, ketika ditekan akan mengerut, dan saat dilepaskan bentuknya akan kembali ke semula.

Mainan ini sangat cocok untuk anak-anak dan juga dijadikan sebagai mainan orang dewasa saat bosan ataupun sedang kesal.

Saat ini squishy banyak dijual dalam bentuk gantungan kunci entah gantungan untuk handphone ataupun tas.

Untuk bentuknya sangat beragam dan tentunya sangat lucu seperti menyerupai es krim, boneka mini, buah, binatang, makanan, dan juga karakter kartun tertentu.

Yang sedang trend saat ini adalah squishy yang bentuknya dibuat semirip kue lengkap dengan toppingnya.

Bagi yang tertarik untuk membuat squishy ini simak cara membuat squishy berdasarkan bahan pembuatannya berikut ini:

Membuat Squishy dari Spons

Cara Membuat Squishy yang mudah
http://liriklagupelangihivi.blogspot.com

Jenis squishy pertama yang bisa Anda buat yang bahannya dari spons. Spons ini akan membuat squishy yang dibuat akan lembut ketika diremas.

  • Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah
  • Spons atau busa yang digunakan untuk mencuci piring
  • Selain itu siapkan gunting untuk memotong
  • Pewarna akrilik untuk membuat warna.
  • Untuk hiasannya Anda bisa menggunakan 3D paint dimana warnanya bisa disesuaikan dengan keinginan, contoh 3D paint yang bisa digunakan adalah Pebeo Touch Deco.
  • Yang terakhir adalah kuas.

Cara membuat squishy dengan menggunakan spons ini sangat mudah sekali. Langkah pertama adalah Anda harus menyiapkan desain seperti apa yang ingin Anda buat.

Untuk pemula ada baiknya jika menggunakan desain dan bentuk yang simpel terlebih dahulu dan dikarenakan alat yang terbatas.

Bentuk simpel yang bisa dibuat oleh pemula seperti roti tawar yang bentuknya kotak dan memiliki pinggiran warna cokelat. Setelah Anda membuat desain, potong busa menyerupai bentuk yang Anda inginkan.

Setelah itu berikan pewarna akrilik pada pinggiran spons tersebut untuk membuatnya menyerupai pinggiran roti tawar dan tunggu sampai warna pada pinggiran spons tersebut kering.

Selanjutnya lakukan pengecatan pada atas spons dengan pewarna akrilik putih supaya mirip dengan roti tawar.

Sebelum melakukan pengecatan pastikan bahwa spons keadaannya bersih dan tidak basah supaya pewarna tersebut mampu menempel secara kuat dan juga merata.

Kemudian Anda bisa membentuk karakter pada spons tersebut seperti tersenyum, tertawa, dan lain sebagainya dengan menggunakan 3D paint.

Setelah selesai Anda bisa menusukkan gantungan kunci kemudian berikanlah lem supa melekat dengan erat.

Squishy dengan Lem Fox

Cara Membuat Squishy untuk pemula
www.megajurnal.com

Lem fox ini tidak hanya bermanfaat untuk lem kayu saja, namun juga bermanfaat untuk kerajinan tangan. Ciri khas dari lem fox adalah warnanya yang putih susu dan kental.

Desain squishy yang bisa dibuat pemula dengan menggunakan lem fox ini adalah roti tawar, namun akan dibuat dengan karakter dan bentuk yang berbeda.

Bahan yang harus Anda siapkan adalah:

  1. Spons yang sudah digunting menyerupai roti tawar
  2. Lem fox secukupnya
  3. Pewarna akrilik
  4. 3D paint
  5. Kuas
  6. Dan yang terakhir adalah air panas.

Cara pembuatan; yang pertama Anda harus membuat adonan terlebih dahulu dengan mencampurkan lem fox dan air panas.

Mencampurkannya harus menggunakan angka perbandingan yang sama. Jika adonan sudah jadi, Anda bisa mengoleskan lem fox yang berwarna putih ke permukaan spons yang sudah dibentuk menyerupai irisan roti tawar.

Jangan lupa berikan pewarna pada pinggiran spons juga supaya menyerupai kulit pinggiran roti tawar.

Pengolesan warna untuk kulit roti tawar ini harus menggunakan kuas yang berukuran besar supaya lebih merata dan rapi.

Hias permukaan spons dengan karakter yang lucu menggunakan 3D paint. Langkah terakhir jemur spons tersebut 3 sampai dengan 8 jam.

Penjemurannya cukup di angin-anginkan saja dan jangan di bawah sinar matahari langsung.

Squishy dari Slime

cara membuat squishy dari tisu kering
centerbis.com

Slime yang menjadi mainan favorit anak-anak ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan squishy.

Untuk membuat squishy dengan bahan ini Anda harus menyiapkan slime dengan warna putih sebagai bahan utama.

Bahan lainnya yang harus Anda siapkan adalah spons atau busa, cat dengan beraneka warna, gunting, dan juga kuas.

Cara membuatnya gunting spons dengan bentuk bulat, kemudian Anda bisa melebarkan slime tersebut supaya lebih pipih, setelah pipih Anda bisa masukkan spons yang sudah dibentuk membulat di atas permukaan slime.

Setelah itu buat permukaan spons tertutup dengan slime tersebut dan rapikan bentuknya.

Setelah selesai, langkah selanjutnya hias permukaan atas slime tersebut menggunakan kuas dan cat warna.

Buat hiasan semirip mungkin dengan topping donat pada umumnya. Setelah itu jemur selama 4 hari supaya slime tersebut mengering bersama dengan toppingnya.

Penjemurannya tidak boleh di bawah terik sinar matahari secara langsung karena akan membuat slime tersebut retak atau memiliki permukaan yang pecah-pecah.

Membuat Squishy dari Clay

cara membuat squishy paper
youtube.com

Squishy yang bisa Anda buat terakhir adalah menggunakan bahan dari clay yang merupakan lempung polimer lunak atau lebih sering disebut play dough.

Clay ini sendiri sangat menarik perhatian anak-anak namun saat ini juga banyak orang dewasa yang suka berkreasi menggunakan clay ini.

Seni kerajinan tangan dari clay ini mulai banyak dilakukan seperti membuat souvenir atau penghias rumah dari clay dan lain sebagainya.

Saat ini pun squishy bisa dibuat dengan bahan dasar clay. Bahan yang harus Anda siapkan untuk pembuatan squishy ini adalah clay yang menurut Anda bagus untuk membuat squishy.

Setelah itu siapkan sedikit spons atau busa secukupnya. Siapkan pula bedak padat yang wadahnya buat, white glue atau lem putih, 3D paint, gunting, pulpen, dan juga plastik.

Cara membuat squishy dari clay ini adalah Anda harus menyiapkan spons terlebih dahulu kemudian buatlah pola pada spons tersebut.

Pembuatan pola ini bisa menggunakan pulpen dan wadah bedak yang berbentuk bulat, kemudian gunting spons mengikuti pola.

Ambil clay yang sudah disiapkan sesuai dengan kebutuhan kemudian buat clay berbentuk bulat, letakkan clay di atas plastik supaya tidak lengket dan tekan sampai pilih.

Taruhlah spons yang sudah Anda potong tersebut ke atas clay kemudian tutup spons tersebut sampai semuanya terlapisi dengan clay, rapikan bentuknya.

Setelah itu lapisi bagian luar clay tersebut dengan lem putih, setelah lem kering Anda bisa melukis emoji dengan menggunakan 3D paint.

Setelah itu masukan ke dalam kulkas selama beberapa jam supaya squishy semakin kenyal. Squishy dari clay siap untuk Anda mainkan.

Sangat mudah sekali membuat squishy ini, dijamin rasa bosan dan kesal Anda akan berkurang saat memainkannya.

Tidak hanya itu saja jika Anda kreatif squishy tersebut bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis yang potensial hal itu dikarenakan mainan ini tidak hanya diminati oleh anak-anak saja, namun juga orang dewasa.

Lakukanlah beberapa cara membuat squishy seperti yang dijelaskan di atas dengan baik dan benar agar hasilnya memuaskan seperti yang diharapkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.