Syarat dan Tata Cara Membuat NPWP Online | NPWP Pribadi

CARA MEMBUAT NPWP – Apakah yang dimaksud dengan  NPWP? Jika Anda adalah pelaku bisnis atau seorang wirausaha sudah tentu Anda mengetahui hal seperti ini.

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang merupakan suatu rangkaian nomor yang digunakan oleh kantor pajak agar dapat mengidentifikasi wajib pajak yang harus dibayarkan oleh seseorang baik seseorang tersebut atas nama perusahaan atau atas nama pribadi.

Cara membuat NPWP sangatlah mudah, NPWP yang diurus tersebut kemudian akan diterbitkan oleh direktorat wajib pajak melalui sebuah tanda bukti berupa kartu tanda pengenal. Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui fungsi dan manfaat yang didapatkan jika mengurus NPWP.

Jika Anda menerima penghasilan dari suatu perusahaan atau bahkan mendapatkan penghasilan dari usaha sendiri maka Anda diwajibkan untuk mengurus NPWP, jika tidak maka pajak yang harus Anda bayarkan jatuh di angka yang tinggi.

tata cara membuat npwp
bagikeunlagi.com

Itu artinya, Anda harus bersedia mengeluarkan biaya lebih banyak untuk bisa membayar pajak tersebut. salah satu sanksi yang akan Anda dapatkan jika tidak mengurus NPWP maka sanksi untuk tarif pajak yang harus Anda tanggung akan lebih tinggi dalam kisaran 20% daripada wajib pajak yang harus dibayarkan jika memiliki NPWP.

Apakah yang dimaksud dengan  NPWP? Jika Anda adalah pelaku bisnis atau seorang wirausaha sudah tentu Anda mengetahui hal seperti ini.

Nomor Pokok Wajib Pajak adalah singkatan dari NPWP yang merupakan suatu rangkaian nomor yang digunakan oleh kantor pajak agar dapat mengidentifikasi wajib pajak yang harus dibayarkan oleh seseorang baik seseorang tersebut atas nama perusahaan atau atas nama pribadi.

Cara membuat NPWP sangatlah mudah, NPWP yang diurus tersebut kemudian akan diterbitkan oleh direktorat wajib pajak melalui sebuah tanda bukti berupa kartu tanda pengenal. Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui fungsi dan manfaat yang didapatkan jika mengurus NPWP.

Jika Anda menerima penghasilan dari suatu perusahaan atau bahkan mendapatkan penghasilan dari usaha sendiri maka Anda diwajibkan untuk mengurus NPWP, jika tidak maka pajak yang harus Anda bayarkan jatuh di angka yang tinggi.

Itu artinya, Anda harus bersedia mengeluarkan biaya lebih banyak untuk bisa membayar pajak tersebut. salah satu sanksi yang akan Anda dapatkan jika tidak mengurus NPWP maka sanksi untuk tarif pajak yang harus Anda tanggung akan lebih tinggi dalam kisaran 20% daripada wajib pajak yang harus dibayarkan jika memiliki NPWP.

Untuk bisa memiliki NPWP, banyak sekali cara membuat NPWP yang bisa digunakan baik secara online atau bahkan secara langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak untuk mengurusnya. Jangan khawatir Anda akan merasa kebingungan karena pada kesempatan kali ini akan secara langsung dibahas mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat NPWP secara online atau pun NPWP untuk pribadi.


 Cara membuat NPWP online


Cara Membuat NPWP online dengan mudah
https://ereg.pajak.go.id

Bagaimana cara mendaftar NPWP online? Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara langsung mengenai cara dan langkah untuk cara membuat NPWP secara online dengan mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dari pada yang biasanya.

  1. Daftarkan diri melalui laman resi Kantor Pelayanan Pajak di alamat https://ereg.pajak.go.id kemudian akan diproses oleh petugas. Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki akun ereg? Maka jika hal tersebut yang terjadi maka buatlah akun ereg pajak yaitu dengan membuka laman resmi tersebut lalu mendaftarkan diri dengan mengisi beberapa data yang dibutuhkan pada kolom-kolom yang sudah disediakan. Ereg adalah layanan yang sengaja diciptakan untuk fasilitas Anda yang tidak bisa mengurus NPWP secara langsung. Setelah itu, ikuti beberapa petunjuk yang ada dan jangan lupa mengirim kebenaran dari isian yang sudah diisikan seperti alamat email lalu melanjutkannya dengan aktivasi kiriman.
  2. Setelah pendaftaran selesai, langkah selanjutnya adalah dengan memilih status pada “pusat”untuk Anda yang masih lajang baik itu laki-laki atau pun perempuan, lalu jika Anda adalah seorang perempuan yang ingin mencabangkan NPWP yang sudah dimiliki oleh suami maka pilihlah “cabang”.
  3. Pada cara membuat NPWP selanjutnya ini Anda diwajibkan untuk mengupload beberapa berkas yang dibutuhkan dengan beberapa ketentuan jenis NPWP yang diurus. Jika Anda ingin membuat NPWP karena atas nama pribadi dan tidak sedang menjalankan usaha atau bekerja maka berkas  yang harus disediakan adalah KTP untuk warga negara Indonesia atau KITAS untuk warga negara asing yang tinggal di Indonesia.
  4. Berkas yang dibutuhkan untuk Anda yang sedang menjalankan usaha atau bekerja pada perusahaan tertentu maka beberapa berkas yang harus dipersiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk bagi penduduk asli Indonesia atau KITAS/Paspor bagi warga negara asing yang tinggal di Indonesia dan juga kelengkapan dokumen izin usaha yang tentunya sudah diterbitkan terlebih dahulu oleh instansi yang berwenang atau juga bisa diganti dengan surat keterangan tempat kegiatan usaha yang tentunya sudah disahkan oleh pejabat daerah setempat.
  5. Beberapa berkas cara membuat NPWP  yang dibutuhkan untuk pribadi dan merupakan seorang perempuan sudah menikah yang akan membuat cabang dari suaminya maka dokumen yang dibutuhkan adalah Kartu Tanda penduduk bagi penduduk asli Indonesia, KITAS/PASPOR bagi warga negara asing yang tinggal di Indonesia, fotokopi dari NPWP milik suami yang sudah diterbitkan oleh Kantor Pelayanan pajak, Kartu Keluarga yang masih berlaku, dan juga fotokopi adanya surat perjanjian yang menyatakan tentang pemisahan penghasilan dan juga harta atau bahkan surat pernyataan yang menyatakan bahwa ada pemisahan hak dan kewajiban atas harga bagi suami dan juga istri.
  6. Setelah selesai mengisi beberapa kolom data maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memilih tombol “Token” yang berisi kode rahasia yang ada pada halaman dasbor Anda. setelah langkah tersebut sudah dilakukan maka segeralah mengecek email Anda lalu tempelkan kode rahasia tersebut pada token, pilih pilihan kirim lalu pilih :kirim permohonan”.
  7. Setelah proses di atas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah dengan menunggu kartu NPWP tersebut dikirimkan ke alamat sesuai dengan yang Anda isikan di kolom data. Tetapi jika ternyata dalam waktu yang sudah ditetapkan kartu tersebut tidak juga dikirimkan maka dapat dipastikan bahwa beberapa persyaratan atau bahkan kelengkapan dokumen tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan atau bahkan dianggap jika tidak sah. Untuk memastikan kesalahan apa yang sudah Anda lakukan, Anda bisa langsung menelepon Kantor Pelayanan Pajak untuk mengetahui penyebab kegagalan pembuatan NPWP tersebut sesuai dengan cara membuat NPWP.

Cara membuat NPWP pribadi


Cara Membuat NPWP pribadi
http://kp2kprembang.blogspot.co.id

Sesuai dengan informasi yang sudah dijelaskan bahwa beberapa cara bisa dilakukan untuk membuat NPWP, salah satunya adalah NPWP pribadi.

Jadi sebelum mengurus NPWP secara online atau datang langsung ke kantor pelayanan pajak, Anda harus menyiapkan beberapa berkas terlebih dahulu sesuai dengan jenis NPWP yang akan Anda buat.

Jika Anda ingin membuat NPWP secara pribadi maka berkas yang harus dibawa disesuaikan dengan kondisi apakah Anda menerima penghasilan dari perusahaan lain atau belum bekerja atau seperti apa sebagai cara membuat NPWP.

Setelah berkas tersebut sudah dilengkapi maka langkah selanjutnya adalah dengan mengisi formulir secara online. Jika langkah online yang dipilih maka jadikan dokumen tersebut menjadi soft file karena nantinya akan di upload ke laman resmi KPP untuk melengkapi formulir yang sudah diisi.

Jika tidak, Anda bisa datang langsung ke KPP dengan membawa dokumen-dokumen tersebut atau bahkan dengan mengirim beberapa dokumen yang sudah dipersiapkan melalui jasa pelayanan pengantar barang seperti pos atau JNE.

Nah, setelah itu tunggulah KPP memproses permohonan Anda sehingga dalam waktu yang sudah ditentukan kartu NPWP itu akan dikirimkan ke lokasi tempat tinggal sesuai dengan data alamat yang Anda isikan di formulir.

Jika Anda ingin mengurus secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak karena memiliki waktu luang dan tidak menyukai kerumitan jika mendaftar melalui online maka Anda harus membawa dokumen yang dibutuhkan secara langsung sesuai cara membuat NPWP.

Baca juga: 3 Syarat Membuat NPWP Pribadi, Karyawan dan Online

Nah, jika tidak maka beberapa dokumen tersebut bisa dikirimkan bersama formulir yang dibutuhkan ke kantor pelayanan pajak yang paling dekat dengan lokasi tempat Anda tinggal melalui layanan pos atau jasa ekspedisi yang lainnya. Nah, proses pembuatan NPWP akan secara langsung dikendalikan oleh KPP tersebut.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest