5 Langkah Membuat Email di Smartphone Paling Mudah

Cara Membuat Email – Email merupakan singkatan dari elektronik mail dan banyak digunakan untuk memudahkan pekerjaan kantor atau memudahkan bisnis yang dijalani.

Ada dua platform yang terkenal yaitu Gmail milik Google dan juga Yahoo mail milik Yahoo yang saat ini sudah di akuisisi oleh Verizon.

Google merilis Gmail pada tahun 2004 silam, namun saat itu masih banyak yang menggunakan email dari Yahoo.

Lebih dari satu dekade Yahoo menjadi raksasa yang sangat menakutkan dan Google saat itu masih muda dan belum berkembang pesat seperti sekarang ini.

Namun saat ini Google lah yang menjadi dewa bagi bisnis internet bukan Yahoo. Kekalahan dalam mengadopsi teknologi lah yang membuat Yahoo harus kalah saing dengan Google ini.

Yahoo masih berkutat dengan konten sedangkan di atas konten masih ada teknologi, sehingga percuma saja konten bagus namun cara yang digunakan masih manual atau jadul.

***

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang bagaimana membuat email di Gmail. Dengan Gmail ini Anda akan bisa memiliki akun Google yang sangat penting untuk operasional Smartphone Anda.

Tanpa memiliki akun tersebut Anda tidak akan bisa mengakses Google Play Store yang mana menjadi pusat penyimpanan aplikasi dan game.

Tanpa bisa mengunduh aplikasi di sana, Smartphone Anda akan mirip seperti dengan HP biasa yang mana hanya untuk mengirimkan pesan dan menerima panggilan telefon masuk saja.

Tidak hanya itu saja, dengan memiliki akun Gmail, Anda juga akan mudah untuk membuat akun Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

Berikut ini adalah cara membuat email di Smartphone penting untuk Anda ketahui:

Cara Membuat Email dengan Gmail

Unduh Gmail di Play Store dan Buka Aplikasi

cara membuat email

https://i.pinimg.com/originals/44/9e/99/449e99646f3676bc9c97a36fac327ddc.jpg

Sebelum Anda tahu bagaimana cara membuat email yang benar, Anda harus mengecek aplikasi Gmail terlebih dahulu.

Ada beberapa perangkat Smartphone yang menjadikan aplikasi Gmail ini sebagai bawaan namun ada juga yang tidak, jika Anda tidak menemukan aplikasi Gmail di perangkat Smartphone Anda segera unduh di Play Store dengan mengetikkan kata kunci Gmail.

Ukuran aplikasi ini sebesar 12 MB dan sudah diunduh oleh 5,1 juta pengguna Smartphone. Setelah itu buka aplikasi tersebut.

Mengisi Biodata

cara membuat email di hp
www.infomasakini.tech

Setelah aplikasi terbuka, silahkan Anda melakukan klik buat akun baru. Anda akan disuguhkan dengan pengisian biodata seperti nama depan dan juga nama belakang.

Jangan menggunakan nama samaran terutama jika email tersebut akan Anda gunakan untuk melamar pekerjaan atau bisnis.

Nama tersebut akan mempengaruhi alamat email yang disarankan untuk Anda. Yang harus Anda ingat dalam pengisian kolom nama tersebut.

Jika nama Anda hanya terdiri dari satu kata saja tambahkan inisial di kolom belakang sebab jika hanya satu kolom saja yang diisi pendaftaran akan menjadi gagal.

Namun jika nama Anda terdiri dari tiga kata isikanlah dua kata nama depan Anda di bagian kolom nama depan sedangkan kata nama ketiga atau nama terakhir di isikan di kolom nama belakang. Setelah itu klik berikutnya.

Tanggal dan Alamat Gmail

Setelah klik selanjutnya, Anda harus mengisi tanggal lahir dan juga jenis kelamin. Google memiliki batasan usia untuk memiliki akun Gmail ini sehingga jika di bawah umur pembuatan akun tidak akan berhasil.

Batas minimal umur yang bisa memiliki akun Google maupun Gmail minimal 17 tahun.

Setelah di klik berikutnya Anda akan diberikan opsi atau pilihan nama untuk alamat email Anda.

Alamat email ini akan didasarkan pada pengisian nama depan dan juga nama belakang.

Alamat email ini tidak bisa diberikan spasi namun mau menerima nama dengan pemisahan tanda titik misalnya [email protected]. Alamat email dengan tanda titik tersebut cocok untuk Anda yang namanya panjang.

Isikan Kata Sandi dan Nomor Telepon

cara membuat email gmail
duniacara.com

Cara buat email di HP selanjutnya adalah isikan kata sandi dan juga nomor telepon. Kata sandi ini harus unik dan mudah diingat, sebab jangan sampai Anda kehilangan akses di akun Gmail atau Google dikarenakan lupa kata sandi.

Setelah itu Anda harus mengisi nomor telepon yang masih aktif. Saat di klik selanjutnya, Anda harus mengisikan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor Anda.

Jika Anda lupa password nantinya untuk reset password akan ada kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor Hp Anda yang masih aktif, sehingga jika Anda sudah berganti nomor jangan lupa untuk mengganti nomor di akun Gmail Anda.

Pada halaman berikutnya Anda harus menyetujui persyaratan dan kebijakan yang diberlakukan Google silahkan berikan tanda centang kemudian klik accept atau agree.

Finishing

Langkah terakhir adalah finishing, Anda akan melihat alamat email Anda beserta dengan sandinya, kemudian silahkan klik selanjutnya. Pada halaman selanjutnya ini Anda akan di bawa ke menu pembayaran.

Opsi pembayaran ini Anda butuhkan untuk membeli aplikasi ataupun konten lainnya yang ada di Google Play namun jika Anda tidak ingin melakukan pembayaran silahkan pilih lain kali. Setelah melakukan klik lanjutkan Anda sudah memiliki akun Gmail.

Kelebihan Email menggunakan Gmail

Setelah Anda tahu cara membuat email di Smartphone, Anda juga harus tahu apa saja kelebihan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan akun Gmail tersebut.

Simak beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Gmail berikut ini:

Penyaringan spam

cara membuat email baru

tutsplus.com

Kelebihan Gmail yang pertama adalah penyaringan spam. Dulunya email yang berisi spam akan tercampur menjadi satu sehingga membuat kotak masuk menjadi penuh dan email yang justru penting menjadi terabaikan.

Namun dengan adanya fitur spam ini kotak masuk dan juga spam akan menjadi terpisah.

Gmail juga akan menyaring email yang berisi virus dan phishing iklan. Tidak hanya itu saja, namun pesan dari sosial media pun juga dikelompokkan oleh Gmail seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Sayangnya tidak semua penyaringan ini berjalan 100% secara efektif.

Merger dengan Google Hangouts

Kelebihan lainnya adalah Gmail ini memiliki Merger dengan Google Hangouts. Anda bisa melihatnya di bagian sisi kiri layar.

Dengan fitur tersebut Anda akan tahu siapa saja kontak pada email yang menggunakan Hangouts ini.

Kelebihannya adalah Anda bisa melakukan video call dengan banyak orang di waktu yang sama.

Bisa di akses secara offline

Kelebihan lainnya adalah Anda bisa mengakses email ini meski secara offline dan tidak terhubung ke internet.

Anda hanya tinggal memasang ekstensi Gmail offline pada Google Chrome milik Google.

Kapasitas penyimpanan yang besar

Kapasitas penyimpanan pada Gmail cukup besar bahkan bisa mencapai 15 GB dan hal tersebut akan diberikan secara gratis kepada Anda.

Namun jika ruang penyimpanan kurang Anda bisa mengupgradenya dengan kapasitas up to 100 GB dengan biaya mulai dari $1,99 per bulannya.

Lampiran drive

Gmail yang Anda miliki bisa melampirkan file yang penyimpanannya dari Google Drive.

Google Drive sendiri merupakan cloud milk Google yang diluncurkan sejak tahun 2012 lalu.

Di penyimpanan ini Anda akan mudah untuk menyimpan file melalui internet sehingga dokumen maupun file yang Anda simpan tidak akan hilang selama mengetahui alamat email dan juga passwordnya.

Demikianlah cara membuat email di Gmail dan kelebihannya yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.