Cara Membuat Blog Gratisan Dengan Blogger

Cara Membuat Blog – Blog saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk bisa mendapatkan penghasilan selain dari website.

Sifat blog adalah personal sehingga lebih fleksibel dan bisa menjadi tempat non formal untuk berbagi berbagai macam informasi.

Blog ini tidak mahal, karena ada yang bisa dibuat gratisan, berbeda dengan website hosted dimana harus membayar dengan nominal tertentu.

Blog yang akan dibahas kali ini adalah Blogger. Sebenarnya platform untuk ngeblog ada tiga macam yaitu Blogger itu sendiri dan WordPress dengan ekstensi yang berbeda yaitu .com dan .org.

Blogger dibuat oleh Pyra Labs kemudian di akuisisi oleh Google, sedangkan WordPress dibawah naungan WordPress Foundation.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat blog dan mendapatkan penghasilan dari sini, simak cara membuat blog yang tepat berikut ini:

Cara Membuat Blog Gratisan

1. Buka Halaman Blogger

cara membuat blog pribadi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka halaman Blogger terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda bisa langsung login, namun jika Anda belum memiliki akun Google buatlah akun terlebih dahulu.

Untuk pembuatan akun Google ini Anda harus mengisi data-data secara valid dan sesuai dengan data diri yang sebenarnya.

Yang harus Anda ingat saat akan melakukan pendaftaran adalah gunakanlah nomor telepon yang masih aktif karena suatu saat jika Anda kehilangan akses terhadap akun Google tersebut Anda bisa melakukan verifikasi melalui nomor telepon tersebut.

2. Login

cara membuat blog gratis

Cara membuat blog selanjutnya adalah silahkan login ke Blogger dengan menggunakan akun Google.

Saat ini satu akun Google bisa digunakan untuk mengakses semua layanan yang diberikan oleh Google seperti Google+, Blogger, Drive, YouTube, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan begini Anda tidak perlu memiliki banyak akun dan sandi untuk mengakses semua layanan tersebut.

3. Buat Blog Baru

cara membuat blog profesional

Setelah Anda berhasil masuk ke Blogger, silahkan buat blog baru. Sebaiknya jangan asal dalam membuat Blog ini karena harus menggunakan perencanaan yang matang.

Sebenarnya asal caranya benar, blog Anda akan tetap jadi namun tidak akan banyak menghasilkan karena tidak memiliki rencana sejak awal, oleh sebab itulah perencanaan ini amat sangat penting.

Setelah Anda melakukan klik pembuatan blog baru, Anda harus mengisi judul yang sesuai dengan konsep blog Anda.

Setelah itu masukkanlah alamat Blog yang akan Anda buat. Untuk alamat ini gampang-gampang susah karena bisa saja alamat blog yang Anda kehendaki sudah digunakan oleh orang lain.

Jika alamat blog yang Anda pilih ini disetujui akan ada tanda centang di samping kanan, jika belum disetujui akan ada tanda seru berwarna merah.

Pemilihan alamat blog ini sangat penting tujuannya supaya blog Anda menjadi mudah dicari dan diingat.

Alamat blog ini juga harus disesuaikan dengan konsep dan judul blog Anda misalnya blog untuk memberikan informasi tentang seputar dunia cewek maka alamatnya bisa blogcewek.blogspot.com dan lain sebagainya.

Jangan sekali-kali menggunakan nama Anda untuk alamat blog kecuali jika sebelumnya Anda sudah banyak dikenal.

Penulis buku, artis atau public figure, tokoh politik, dan lain sebagainya akan banyak menggunakan namanya untuk alamat blog atau website pribadi karena memang nama mereka sudah terkenal.

Hindari mengisi alamat blog dengan bahasa alay karena akan membuat ilfeel seperti blogcewek-imoetz.blogspot.com, dan lain-lain.

4. Pilih Template

Untuk sementara Anda bisa menggunakan template bawaan Blogger, nanti setelah blog Anda jadi, baru bisa Anda ubah sesuai dengan keinginan Anda atau menggunakan custom template.

Pilih templatenya salah satu kemudian lakukan klik buat blog. Setelah itu blog Anda selesai dibuat, Anda bisa mengakses dashboard pada blog Anda.

5. Ubah Template

cara membuat blog dengan blogger

Cara membuat blog lebih profesional dengan mengubah template atau tema blog yang Anda miliki.

Untuk menggantinya pilih menu tema pada dashboard kemudian pada bagian pojok kanan atas ada tombol backup pulihkan, klik tombol tersebut.

Silahkan tekan tombol browse atau choose file kemudian pilih tema yang sudah Anda download sebelumnya.

File yang bisa dijadikan tema adalah yang ekstensinya .xml setelah itu klik tombol upload. Setelah proses upload selesai tema pada blog Anda akan segera berganti.

Tema yang Anda pilih harus sesuai dengan konsep blog Anda dan pastikan template yang Anda pilih tersebut memiliki menu bar.

Tujuannya untuk memisahkan menu supaya tidak bertumpuk atau bercampur menjadi satu, selain itu menu bar ini juga bermanfaat untuk mengorganisir sub menu pada blog.

Untuk melakukan pengeditan tema custom ini minimal Anda harus tahu bahasa pemrograman HTML.

6. Tulis Artikel Pertamamu!

cara membuat blog baru

Setelah blog sudah siap, sudah saatnya Anda untuk posting. Semakin sering Anda posting maka semakin bagus performa blog Anda.

Usahakan dalam sehari ada postingan baru di blog Anda. Untuk memposting postingan yang baru silahkan klik entri baru.

Tuliskan judul postingan dan kemudian tulis isinya. Karena di blog ini tidak ada meta, tag, dan description, cukup isi bagian label yang memudahkan untuk pencarian dan pengelompokan postingan yang dibuat.

Menghasilkan Uang dari Blog Gratisan

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dari blog tersebut bagaikan dua sisi mata uang yang saling berkaitan.

Sebab hampir sebagian orang yang membuat blog gratisan tujuannya adalah seperti itu.

Untuk mendapatkan penghasilan bisa dari AdSense dengan melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

Mengubah bahasa di Blogger

cara membuat blog menarik

Untuk mendapatkan uang dari blog Anda harus mendaftarkannya ke Google AdSense.

Sudah banyak yang mengatakan bahwa blog dengan platform Blogger peluang diterima di Google Ads lebih besar karena menggunakan platform miliknya.

Sebelum mendaftar ke Google AdSense Anda harus mengubah setelan atau pengaturan untuk memunculkan menu penghasilan di dashboard.

Caranya silahkan masuk ke menu setelan kemudian pilih sub menu bahasa dan pemformatan.

Kemudian pilih inggris (Amerika Serikat) – English (United States), klik simpan kemudian refresh blog Anda, setelah itu tampilan menu di dashboard di blog Anda akan berubah.

Mendaftar AdSense

cara membuat blog

Jika setelan blog Anda belum berubah maka Anda tidak akan bisa mendaftar AdSense ini. Silahkan klik link ini untuk melakukan pendaftaran, setelah itu klik sign up now.

Setelah menekan tombol tersebut langkah selanjutnya adalah isi bagian kolom your website dengan alamat blog Anda.

Setelah itu isikan dengan alamat email Anda. Yang harus diingat di sini adalah blog baru tidak bisa langsung didaftarkan ke AdSense tunggu minimal 3 sampai dengan 6 bulan untuk bisa mendaftar.

Dan hal yang harus benar-benar Anda perhatikan adalah, Anda hanya bisa mendaftar ke AdSense ini menggunakan satu akun saja.

Jika Anda mencoba mendaftar menggunakan akun lain pengajuan AdSense ini tidak bisa diterima. Kemudian ikuti langkah-langkahnya sampai akun AdSense Anda berhasil.

Notifikasi email

Diterima atau ditolak pendaftaran akun Google Ads tersebut akan disampaikan melalui email.

Soal waktunya bervariasi ada yang 2 minggu langsung diberitahu lewat email bahkan ada yang berbulan-bulan.

Jika pendaftaran sudah diterima Anda bisa memasang iklan di setiap konten blog Anda.

Semakin banyak di klik maka penghasilan akan semakin banyak, namun hal ini tidak boleh dilakukan oleh Anda sendiri karena bisa membuat akun kena banned.

Demikianlah cara membuat blog gratisan di Blogger dan mendapatkan penghasilan dari blog tersebut, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.