Cara Membuat Anak Cerdas

3 Cara Membuat Anak Cerdas dan Pintar Sedari Kecil

Cara Membuat Anak Cerdas – Siapa sih di dunia ini orang tua yang menginginkan untuk memiliki anak yang cerdas? Anak cerdas adalah dambaan bagi setiap orang tua.

Lalu bagaimana cara mendidik atau membuat anak cerdas? Berikut ini adalah ulasan cara mendidik anak menjadi cerdas.


1. Ajarkan kepada Anak tentang Rasa Ingin Tahu yang Tinggi


Anak cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika ia melihat sejumlah benda ataupun suatu hal yang belum pernah dilihatnya, maka biasanya mereka akan selalu bertanya.

Nah, sebagai orangtua yang baik, sebaiknya cobalah untuk selalu menjawab dan menjelaskan dengan sabar mengenai hal yang ia tanyakan.

Akan tetapi  jika Anda tidak mengetahui jawaban dari apa yang anak Anda tanyakan, maka jangan sampai Anda mengatakan tidak tahu atau malah berbohong kepadanya. Jika Anda tidak tahu jawabannya, maka alihkan saja pertanyaan si kecil dengan hal-hal lain.


2. Ajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab pada Anak


Sudah menjadi naluriah jika setiap orangtua memiliki perasaan khawatir yang berlebihan pada buah hatinya. Oleh sebab itu, agar buah hati Anda bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas, jangan lah Anda terlalu berlebihan mengkhawatirkannya. Anda haruslah belajar untuk percaya kepada buah hati Anda dengan apa yang saja ia lakukan.

Anda hanya perlu memantau setiap hal yang dilakukan si kecil dari jauh. Jangan terlalu mengekang atau dan melindungi kesalahan yang dilakukan si kecil.


3. Tumbuhkan Rasa Sosial pada Anak


Mengajarkan anak tentang rasa sosial, simpati, empati sangatlah penting untuk diajarkan sejak dini. Mengajarkan buah hati untuk senantiasa menghargai orang lain sejak dini akan membuat anak Anda kelak tumbuh menjadi anak yang cerdas dan tanggap kepada lingkungan.

Ajarkan pula kepada si buah hati untuk mau memberi kepada orang-orang yang membutuhkan, dan ajari sang anak untuk tidak memiliki sifat sombong dan selalu rendah hati.Ya, sebagai orangtua Anda juga perlu menjaga sikap juga perilaku Anda agar bisa menjadi contoh yang baik untuk anak-anak.

Seperti itulah 3 cara membuat anak cerdas sejak dini. Semoga bermanfaat.

Mari berdiskusi

Pin It on Pinterest

Shares
Share This