berat badan ideal

Berat Badan Kamu Sudah Ideal Belum? Ketahui Dengan Dua Cara Ini

Berat badan ideal – Siapa sih ngga pengin punya berat badan ideal? tidak hanya wanita saja, kini kaum pria juga sangat memperhatikan penampilan dengan selalu menghitung berat berat badan mereka.

Banyak manfaat ketika kita memiliki berat badan yang ideal, salah satunya adalah emningkatnya rasa percaya diri kita ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu dari segi kesehatan, orang yang memiliki berat badan yang ideal juga memilki resiko penyakit yang kecil jika dibandingkan dengan orang dengan berat badan kurang ideal.

Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana sih cara menghitung berat badan ideal seseorang? karena pada kenyataannya masih banyak yang belum mengetahuinya.

Mengukur berat tubuh ideal tidak hanya dengan menggunakan timbangan saja. Berdasarkan badan kesehatan dunia, ada standar khsusus untuk mengetahui berat badan ideal seseorang.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi bagaimana cara menghitung berat badan badan ideal yang bisa langsung kamu praktekan.


Berat badan Ideal: Begini Cara Menghitungnya dengan Rumus


berat badan ideal wanita
http://www.cedoc.org

Untuk menghitung berat badan ideal,  kamu bisa mengunakan rumus yang telah disepakati, yaitu rumus BMI (Body Mess Index) dan Brocha.

Cara menghitung dengan rumus BMI

Body Mess Index atau Indeks Massa Tubuh merupakan metode yang umum  dipakai untuk mengetahui berat badan seseorang. Cara menghitungnya yaitu dengan menggabungkan perhitungan tinggi dan berat badan seseorang.

Maka hasil yang akan didapat adalah berat badan ideal seseorang. Berikut ini rumusnya:

Berat badan Ideal = Berat badan (kg) : (Tinggi badan x Tinggi Badan) 

Tinggi badan dalam satuan meter (m)

Contohnya:

Jika saat ini kamu memiliki berat badan 55 kg dan tinggi badan adalah 160 cm, maka hasilnya adalah:

55 kg : (1,6 m x 1,6 m) = 19,53

Untuk yang ngga mau repot, bisa menggunakan BMI Online. Di sana kamu tinggal masukan berat badan dan tinggi badan, lalu klik Computer BMI, maka dalam sekejap akan terlihat hasilnya.

Lalu, setelah didapat angkanya cocokan dengan standar berat badan ideal yang dikeluarkan oleh badan kesehatan internasional berikut ini.

NILAI BMI Kategori
BMI < 16 KURUS
BMI 16 – 17
BMI 17 – 18,5
BMI 18,5 – 25 NORMAL
BMI 25 – 30 KEGEMUKAN
BMI 30 – 35  OBESITAS > kamu perlu waspada bila berada pada angka ini. Kurangi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi
BMI 35 – 40
BMI > 40

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brocha

cara menghitung berat badan ideal
https://hellosehat.com/

Rumus yang kedua yang bisa dipakai adalah rumus Brocha. Rumus ini juga sering menjadi acuan untuk mengukur berat badan ideal seseorang. Perhatikan rumus Brocha berikut ini:

Untuk wanita:

Berat badan ideal wanita = (tinggi badan -100) – (15% x (tinggi badan – 100))

Lumayan ribet memang, supaya lebih paham mari perhatikan contoh berikut ini:

Berapa berat badan ideal seorang wanita jika memiliki tinggi badan 168 cm?

Jawaban:

(168 – 100) – (15% x (168 – 100))

= 68 – (15% x 68)

= 68 – 10.2

= 57.8

Untuk pria:

Berat badan ideal = (tinggi badan – 100) – (10% x (tinggi badan – 100))

Contohnya:

Seorang pria tinggi badannya 180 cm, berapa berat badan idealnya?

Jawaban:

(180 -100) – (10% x (180 -100)

= 80 – (10% x 80)

= 80 – 8

= 72 kg

Kelemahan rumus Brocha adalah jika yang dihitunng memiliki tinggi badan dibawah rata-rata, maka berat badannya akan semakin kurus.

Sebagai contoh, jika seorang wanita memiliki tinggi badan 130 cm maka berat badan idealnya adalah = (130 -100) – (15% x (130-100)) = 25,5 kg.

Dalam perhitungan berat badan ideal, ada sebuah istilah yang dikenal dengan Lean Body Weight, yakni perhitungan berat badan hanya dengan berdasarkan organ tubuh, tulang dan otot, sedangkan lemak tidak termasuk.

Perhitungan dengan rumus Broca pada orang dengan tinggi badan dibawah rata-rata, maka hasilnya akan semakin mendekati Lean Body Weight.

Oleh sebab itu, jika ini dijadikan patokan maka ketika melakukan diet akan membuat seseorang terlihat sangat kurus dan kurang sehat.

Demiikian artikel tentang cara menghitung berat badan ideal. Ke dua cara tersebut bisa kamu jadikan acuan karena itulah yang sudah disepakati secara bersama dalam dunia kesehatan.

Sebagai penutup, menjaga berat badan adalah salah satu cara kamu terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Karena berat badan yang berlebih dapat memicu berbagai gangguan-gangguan dalam tubuh.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Kutil Menggunakan Bahan Alami

Pin It on Pinterest

Shares
Share This
error: Content is protected !!