Ketahui Diri Anda Apakah Seorang Introvert atau Bukan

APA ITU INTROVERT – Sebagian masyarakat menganggap introvet itu identik dengan sifat pemalu dan pendiam. Sebagian yang lain beranggapan introvert itu sombong dan anti sosial.

Pandangan seperti itu tidak bisa disalahkan karena memang nyatanya dalam kehidupan sehari-hari, orang dengan tipe kepribadian introvert cenderung menyendiri, jarang bergaul dan jarang berbicara.

Secara sederhana introvert merupakan jenis kepribadian manusia yang lebih melihat ke dalam dirinya sendiri. Mereka lebih fokus dengan apa yang ada pada dirinya ketimbang pada hal-hal di luar.

Introvert bukanlah anti sosial, mereka cenderung memikirkan lebih dulu dan memproses secara mendalam dengan apa yang akan diucapkan. Karena nyatanya mereka bisa sangat aktif jika sudah mengenal lingkungan sosialnya, apalagi jika sudah nyaman, mereka bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah dipikirkan.

Dalam bersosialisasi, otak bagian  lobus frontalis cenderung lebih dominan, dimana bagian inilah yang bertugas merencanakan, memikirkan bagaimana menyelesaikan masalah dan mengingat.

Juga, mereka akan lebih nyaman jika berinteraksi secara empat mata dibanding harus berdiskusi dengan banyak orang. Mereka merasa obrolan yang melibatkan sedikit orang lebih masuk ke dalam dan lebih bermanfaat.

Alasan mengapa mereka sering menyendiri adalah karena orang introvert merasa menghabiskan banyak energi ketika sedang berbicara dengan orang lain. Sehingga perlu waktu untuk me-recharge energinya dengan cara yang berbeda-beda.Berbeda dengan orang extrovert yang merasa energinya akan meningkat ketika bersosialisasi dengan banyak orang.

Orang yang pertama kali mengemukakan istilah intrivert dan extrovert adalah Carl Gustav Jung. Dia juga menggambarkan tentang 4 fungsi kepribadian manusia yaitu berfikir, pengindera, intuitif dan perasa.

Menurut penelitian, seseorang sebenarnya memiliki dua tipe tersebut, namun ada yang lebih dominan dari keduanya.



ciri ciri orang introvert
day2daypsychology.wordpress.com

Ketahui apakah kamu introvert atau bukan dengan mengetahui ciri-ciri berikut ini:

  1. Mempunyai tokoh atau orang yang menginspirasi untuk dirinya sendiri. Tokoh ini dijadikan sebagai penyemangat agar dirinya bisa berkembang dan lebih baik.
  2. Mereka membutuhkan waktu yang cukup lama agar energi yang dikeluarkan kembali setelah berinteraksi dengan orang lain.
  3. Soal mencari pasangan, mereka lebih suka dengan kepribadian extrovert yang periang dan supel.
  4. Tidak ekspresif terhadap suatu kejadian dan cenderung membosankan.
  5. Lebih suka mendengarkan kemudian menuliskannya dibandingkan membaca kemudian membicarakannya.
  6. Dalam memandang seseorang, mereka lebih melihat psikis daripada fisik.
  7. Jarang bicara sehingga terlihat cool, dingin, cuek dan penuh dengan misteri.
  8. Walaupun cuek, sejatinya mereka adalah teman terbaik jika sudah mengenalnya.
  9. Dalam hal percintaan, mereka lebih suka stalking gebetannya di media sosial. Mencari tahu semua hal tentangnya, namun jika bertemu di dunia nyata, satu kata pun tidak keluar dari mulutnya.
  10. Meskipun berada dalam susanana yang rame , seorang introvert akan merasa kesepian.
  11. Mereka lebih suka mengerjakan sesuatu sendirian selama masih dalam kemampuannya. Jika tidak pun mereka akan mencari tahu sendiri hingga sesuatu tersebut bisa selesai.
  12. Tidak suka berbagi atau curhat tentang apa yang dirasakannya.


kelebihan orang introvert
everydayterrors.wordpress.com

Meskipun dianggap membosankan, ada banyak kelebihan yang dimiliki orang dengan tipe kepribadian introvert, berikut ini diantaranya.

 1. Bisa menjadi teman yang menyenangkan  

Dengan sifat pendiam dan jarang bicaranya, introvert bisa menjadi teman yang menyenangkan karena mereka tidak akan membicarakan atau berkata yang bisa menyinggung perasaan. Mereka juga bisa menjaga rahasia atau aib seseorang. Jadi mulai sekarang, dekatilah orang-orang dekat tipe ini.

 2. Mempunyai cara berfikir yang tidak biasa  

Dalam menghadapi suatu masalah, mereka lebih memilih memahami dan meneliti terlebih dahulu, sehingga terkadang solusi yang diberikan diluar dugaan orang-orang biasa.

 3. Menjadikan kualitas pertemanan lebih baik  

Jika anda beranggapan orang introvert itu susah berteman, cobalah untuk berbicara dengannya. Maka anggapan seperti segera pergi dari pikiran anda. Mereka hanya membutuhkan waktu untuk bisa nyaman dengan orang yang baru dikenalnya.

Setelahnya, jika dia merasa nyaman, apapun yang dia ketahui akan dibagikan secara gratis tanpa perlu diminta.

 4. Memilih kualitas dari pada kuantitas  

Dalam memilih teman, mereka lebih selektif. Baginya, teman banyak bukanlah tujuan melainkan kualitas pertemanan itu lebih penting. Mereka ingin mengenal temannya secara mendalam, jadi tidak hanya sebatas teman main saja.

 5. Mereka adalah pendengar yang baik  

Tidak mudah menemukan teman yang mau mengerti dan mendengar curhatan kita. Mungkin karena kesibukan atau memang dia benar-benar tidak peduli.

Tapi tidak dengan seorang introvert, mereka siap kapan dan dimana saja untuk mendengarmu. Entah anda sedang dalam keadaan amrah, kesal, jengkel atau sedih, mereka akan berusaha ‘ada’ untuk anda.

Tidak hanya mendengar celotehanmu, di dalam pikirannya sudah disiapkan berbagai kata-kata motivasi untuk mendukung dan menyemangatimu.

 6. Keberadaan mereka mudah diterima  

Sikap pendiam, low profile dan jarang berbicara membuat kaum introvert terlihat bersahaja. Sehingga mudah sekali bagi mereka untuk diterima di masyarakat karena tidak menimbulkan bahaya.

 7. Memiliki kepekaan yang kuat  

Kepekaan seorang introvert bisa dibilang diluar batas, baik pada lingkungan maupun orang-orang di sekitarnya. Dia mengerti keadaan anda tanpa bertanya, apakah anda sedang sedih atau bahagia.

 8. Memiliki sifat jujur yang tinggi  

Jika anda memiliki pasangan introvert, bersyukurlah. Karena dia akan secara jujur mengungkapkan tentang apa yang ada pada diri anda. Entah itu hal-hal kecil seperti warna baju yang kurang pas, hingga hal yang besar tentang karakter anda.

Namun dia menyampaikannya dengan cara yang lembut tapi tegas. Itulah kelebihan yang tidak semua orang miliki.



Meskipun pendiam dan menutup diri, bukan berarti seorang introvert tidak bisa berprestasi. Buktinya banyak tokoh dan publik figur terkenal dengan kepribadian introvert. Siapa saja itu?

 1. J.K. Rowling  
JK rowling
denofgeek.com

Siapa yang tidak tahu film Harry Potter, film fantasi yang mengisahkan tentang petualangan penyihir remaja Harry Potter bersama dua temannya yaitu Ronald Weasley dan Hermione Gramger.

Di setiap serinya, film tersebut sukses mendatangkan jutaan penonton dari berbagai penjuru dunia. Kesuksesan tersebut tidak lepas dari sang penulis, J.K. Rowling.

Di kalangan teman-temannya, J.K. Rowling dikenal sebagai seorang introvert. Orang introvert sering mendapatkan imajinasi ketika ia sedang sendiri. Begitu pula J.K. Rowling yang mengakui bahwa ide membuat novel Harry Potter adalah ketika dia sedang melakukan perjalanan seorang diri dari Manschester menuju ke London.

 2. Emma Watson  
emma watson
http://photos.imageevent.com/

Dalam sebuah sesi wawancara, Emma Watson mengaku jarang pergi ke acara pesta. Dan dia berkata “There must be something wrong me“. Seiring berjalannya waktu Emma mulai menerima kepribadiannya tersebut bahwa tidak semua orang suka bertemu dengan banyak orang.

 3. Albert Einstein  

Albert Einstein

 4. Christina Aguilera  
christina-aguilera
usmagazine.com
 5. Mahatma Gandhi  
Mahatma Gandhi
http://www.sbs.com.au
 6. Lady Gaga    7. Barack Obama    8. Mark Zuckerberg    9. Zayn Malik    10. Bill Gates  

****   *****

Setelah membaca artikel ‘apa itu introvert’ di atas, seharusnya anda sudah tahu tentang kepribadian anda, apakah introvert atau bukan. Yuk tulis di kolom komentar…

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest