alun alun ponorogo malam hari

Alun Alun Ponorogo, Tempat Tari Reog Ponorogo Dipentaskan

Alun alun Ponorogo – Hampir setiap kota di Indonesia mempunyai pusat kota tempat warganya berkumpul dan bersosialisasi. Pusat kota yang dimaksud adalah Alun-alun kota. Sebuah Alun-alun kota biasanya mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri yang berbeda antara satu kota dengan kota yang lain.

Zaman dahulu, alun-alun berfungsi sebagai tempat konsolidasi akbar warga setempat dengan para pemangku jabatan daerah tersebut, mulai dari sekedar pengumuman hingga musyawarah dilakukan di lingkungan alun-alun.

Begitu juga dengan kota Ponorogo. Alun alun Ponorogo terletak dibagian barat kotanya, bersebelahan dengan jalan menuju pacitan dan trenggalek. Alun alun Ponorogo ini bentuknya persegi dengan lapangan ditangahnya. Di setiap ujung nya terdapat patung singa yang melambangkan kekhas-an kota Ponorogo, Reog.

Kota Ponorogo juga dikenal sebagai kota Reog. Reog adalah sebuah seni budaya khas Ponorogo berupa tarian. Tarian ini sangat berbeda dengan kebanyakan tari yang ada di daerah lain. Tarian Reog ini dimainkan dengan kostum khusus, namanya dadak.

Dadak adalah alat seni tari Reog yang diangkat menggunakan gigi. Alat ini mempunyai ukuran yang besar dan tentunya sangat berat. Hanya orang-orang tertentu yang bisa mengangkat alat ini menggunakan gigi. Orang-orang khusus ini disebut dengan warog.

Konon katanya, warog ini mempunyai kekuatan gaib untuk mengangkat alat yang besar dan berat itu. So, kamu ingin tahu dan merasakan atmosfer dari tarian Reog ini? Dateng aja ke alun alun Ponorogo pas perayaan satu muharram, Biasanya ada acara perayaan yang menampilkan tarian khas ponorogo ini.

Layaknya sebuah kota di Indonesia, Ponorogo juga mempunyai makanan khas nya tersendiri. Kalau kamu ingin tahu dan merasakan cita rasa masakan khas ponorogo bisa langsung kuy kesana ^-^

Alun alun Ponorogo

alun alun ponorogo

 

Alun alun Ponorogo terletak di tanah lapang berbentuk persegi dengan berbagai bangunan penting di sekitarnya. Setiap sudut alun alun ini terdapat patung singa dan macan. Patung-patung ini mengisyaratkan kalau Ponorogo adalah kota Reog.

Alun alun ini tepatnya bereda di koordianat 7°52’16″S   111°27’44″E. Sebelah barat alun alun terdapat Masjid Agung Ponorogo dengan warna khas nya, warna hijau. Di sebelah timurnya terdapat Gedung DPRD Ponorogo. Di sebelah utaranya berdiri megah pusat perbelanjaan Ponorogo Permai (Poper). Kemudian di bagian selatannya adalah kantor-kantor pemerintahan yang lain.

gedung pemkab ponorogo

 

Bila dilihat dari uraian diatas, tepat rasanya alun alun Ponorogo ini disebut sebagai alun alun yang sebenarnya. Karena fungsi alun alun adalah sebagai tempat berkumpul nya warga setempat, begitu juga hajat mereka bisa diselesaikan dan dicarikan jalan keluarnya di alun alun itu.

Leave a Comment